Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
Jenguk Tokoh Masyarakat Sakit, Puluhan Warga Jatimulyo Positif Covid-19
SuaraJogja.id - Puluhan warga yang berada di Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul dinyatakan terpapar Covid-19. Kejadian ini menyusul aktivitas warga yang sebelumnya menjenguk tokoh masyarakat yang sakit.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santoso menjelaskan, kasus tersebut sudah dilacak dan telah dilakukan tracing.

"Sudah kami lacak dan untuk wilayah dusun itu, karena lebih dari 10 rumah yang terpapar [Covid-19], maka sesuai zonasi PTKM Mikro berlaku zona merah," ujar pria yang akrab disapa dokter Oki ini, dihubungi SuaraJogja.id, Kamis (1/4/2021).

Oki melanjutkan, pelacakan warga yang berkontak erat juga sudah dilakukan. Hingga saat ini jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah bertambah.

"Saat ini totalnya ada 28 orang yang positif Covid-19. Warga melakukan isolasi agar penyebaran bisa dihentikan," terang dia.

Masuk sebagai zona merah, di wilayah tersebut dilakukan pembatasan kegiatan. Masyarakat diminta tak bepergian, dan segala aktivitas dibatasi secara ketat.

Terpisah, Panewu Dlingo Deni Ngajis Nugroho menerangkan, kasus itu muncul sekitar 12 hari yang lalu. Salah seorang tokoh masyarakat di Pedukuhan Gayam, Jatimulyo mengalami sakit. Selanjutnya warga menjenguk tokoh masyarakat yang sakit tersebut, tetapi tidak bersentuhan langsung. Hanya saja, keluarga tokoh itu menerima warga yang datang menjenguk.

"Saat tokoh masyarakat tersebut dijenguk, belum diketahui jika positif Covid-19," ujar Deni, dihubungi melalui sambungan telepon.

Ia menjelaskan, saat tokoh masyarakat itu memeriksakan diri ke salah satu RS di Bantul terkait sakit asam lambungnya, hasil swab PCR menunjukkan positif Covid-19.

"Namun saat diperiksakan di rumah sakit, justru diketahui positif Covid-19, sehingga menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Bantul, yang pada akhirnya tokoh masyarakat tersebut dinyatakan meninggal dunia," ujar dia.

Mengetahui tokoh masyarakat tersebut positif Covid-19, Satgas Covid-19 melakukan kontak tracing pada keluarga, yang hasilnya juga positif Covid-19. Kontak tracing juga dilakukan kepada warga yang sempat kontak erat dengan keluarga almarhum yang hasilnya juga dinyatakan positif.

"Hasil sebelumnya ada 13 warga dan anggota keluarga tokoh masyarakat ini positif Covid-19," ujarnya.

Saat ini jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 sudah bertambah menjadi 28 warga. Ada sejumlah warga yang mengalami gejala dan sempat di rawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Bantul. Selain itu, terdapat warga yang juga di rawat di Shelter Covid-19 milik Pemkab Bantul. Kendati begitu, sebagian besar menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing karena tidak ada gejala.

"Untuk kebutuhan makan bagi warga yang isolasi mandiri dibantu oleh tetangga dan pemerintah desa setempat," ucap Deni.

https://jogja.suara.com/amp/read/202...sitif-covid-19

Dah tradisi....emoticon-Leh Uga
indrae9
Cosmoflip
nomorelies
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
6
777
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan