uliyatisAvatar border
TS
uliyatis
Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja
Ampas Kopi dan Air Cucian Beras, Penyubur Organik Tanaman




Bahan penyubur ini, agan sista mungkin sudah ada yang melakukannya di rumah. Bahan yang hampir selalu ada di setiap rumah. Limbah rumah tangga yang boleh dikatakan akan dibuang saja tanpa dimanfaatkan.

Dulu, memang sering sih dengar kalo air bejas cucian beras jangan dibuang bisa untuk nyuburin tanaman. Nanun, pada prakteknya, ane cuma ngelakuinnya sesekali aja, kalo lago ingat. Nah, kalo, ampas kopi baru akhir-akhir ini, ane lakukan, setelah melihat tayangan di salah satu televisi swasta yang meliput pemberian penyubur tanaman dari limbah rumah tangga ini.




Assalammualaikum

Nah, sobat kaskus, ada beberapa bahan limbah rumah tangga yang bisa kita gunakan atau manfaatkan lagi untuk menyuburkan tanaman. Ini di antaranya.


1. Ampas kopi

Kebetulan, ampas kopi selalu ada di rumah, jadi, setiap sore, ampasnya ane kumpulin dalam satu wadah. Biarkan sampe agak mengering, ato bisa juga ampas kopi masih dalam keadaan basah. Hanya saja airnya sudah dibuang, jadi gak akan mengganggu tanaman.


Ampas kopi bisa diberikan langsung pada tanah baik pagi atau sore hari. Fungsinya adalah memberikan kesuburan pada tanah. Jadi, jika tanaman di pekarangan atau dalam pot sudah berkurang kesuburannya, kita bisa memberikan ampas kopi ini. Ini juga bisa mencegah hama yang mengganggu tanaman seperti kutu, siput.

Setelah agak kering dan menggumpal, baru kita aduk tanahnya. Tanah lebih subur dan tanaman pun tumbuh dengan baik.

2. Air Cucian Beras



Untuk air cucian berasnya sendiri, ane juga siramin ke tanaman. Di rumah lagi nanam kacang panjang, kangkung, daun bawang cabe rawit sama beberapa jenis bunga.Dan, hasilnya tanaman daunnya lebih cepat berkembang dan lebih indah, hijau.

Cara memanfaatkan air bekas cucian beras ini juga mudah kok. Hampir setiap hari, kita masak nasi. Nah, sewaktu mencuci beras, airnya jangan dibuang, kita tampung dalam atau wadah. . Setelah itu, agan sista, sobat kaskus bisa langsung kok, nyiramin ke tanaman. Bisa juga dijadikan difermentasikan terlebih dahulu menjadi pupuk organik cair

3. Cangkang Telur

Kalo limbah rumah tangga ini manfaatnya sedikit berbeda. Pemberian cangkang telur ini, bisa mencegah kerusakan tanaman karena kutu yang sering hinggap dan beterbangan ke tanaman milik kita.

Cangkang telur yang sudah tidak terpakai kita bersihkan lalu dikeringkan sebentar. Setelah itu remas hingga berubah bentuk menjadi kepingan-kepingan kecil. Agan sista bisa menaburkannya ke tanah di mana tanaman tadi kita tanam. Bisa juga dicampur dengan ampas kopi tadi.




Tanaman baik bunga atau sayuran bisa lebih bagus tumbuhnya.






Tidak terlalu sulit bukan untuk mengaplikasikanya. Bahan-bahannya pun cukup tersedia. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan bahan-bahan tersebut untuk menyuburkan tanah dan tanamannya.

Demikianlah thread kali, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir

Jangan lupa tinggalkan jejak berupa cendol, rating dan koment yang baik

Foto : dokpri

Referensi
di sini

di sini
Diubah oleh uliyatis 01-04-2021 02:36
cor7
KacebAza
kwhaleyf
kwhaleyf dan 33 lainnya memberi reputasi
34
5.6K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan