DianAhmadKaskusAvatar border
TS
DianAhmadKaskus
High Heels, Dari Jaman Old Sampai Now. Cek Penampakan dan Fungsinya Di Sini Gansist!


High heels yang saat ini banyak diminati kaum hawa agar tampilan mereka terlihat cantik dan modis, sebenarnya sudah ada sejak jaman Mesir kuno gansis. Yang pada saat itu justru digunakan oleh laki-laki.



Pada awalnya high heels kuno ini digunakan untuk para penunggang kuda Persia, agar bisa menyeimbangkan tubuhnya dan menyangkutkan kakinya saat berkuda.




Kemudian para penjagal hewan mulai melirik sepatu ini untuk dipakai saat melakukan aktifitasnya agar kaki mereka selalu bersih dan terhindar dari kotoran sisa sembelihan dan genangan darah hewan sembelihan mereka.


Pada tahun 1400-an, high heels mulai merambah ke daratan eropa yang saat itu dipakai juga oleh orang Itali, Spanyol dan Turki untuk menunjukan status sosial mereka, semakin tinggi sepatu yang mereka gunakan semakin berkelas status sosialnya. Bayangkan ganm tinggi sepatunya itu mulai dari 5~36 cm.


Quote:



Di jaman ini, high heels di Turki juga disebut dengan chopines, yang dipakaikan pada wanita agar tidak melakukan hal yang memalukan, seperti lari dari rumah atau menari. Karena pada jaman itu hal tadi merupakan tindakan tercela. Dan chopines ini disebut juga the death heels, yaitu sepatu kematian yang menyeramkan.




Quote:



Hingga pada saat abad 16 akhir, Raja Perancis pada masa itu Louis XIV yang kebetulan bertubuh pendek, yaitu sekitar 165cm saja menjadikan high heels ini sebagai tren yang hanya dia, keluarga dan anggota kerajaannya saja yang boleh


menggunakan sepatu ini.




Quote:


Raja Louis XIV merasa tertolong dengan high heels ini, menggunakan heels bersol merah yang dikenal sebagai identitasnya. Juga dipakai untuk memanipulasi kekurangan yang ada pada dirinya, dan heels ini juga sebagai pembeda antara golongan ningrat dengan rakyat jelata.



Di abad pertengahan, banyak orang menggunakan "patten", sejenis sepatu dengan sol tinggi terbuat dari kayu yang berfungsi untuk menjaga agar terhindar dari lumpur dan puing-puing bahkan kotoran yang di jalanan .


 


Kemudian pada jaman pemerintahan Raja Prancis Henry II, Ratu Catherine de' Medici, menugaskan seorang tukang sepatu untuk menciptakan sepatu bergaya dengan hak yang lebih tinggi. Sepatu rancangannya ini memiliki bagian tumit yang lebih tinggi dari jari kaki. Sepatu dengan model ini kemudian dipakai secara luas di Italia, yang kemudian keluar pelarangan untuk pemakaian chopine.

High heels modern pertama kali di-desain oleh Roger Vivier  yang bekerja di Christian Dior. Sepatu ini di-desain dengan sangat mewah dengan hiasan seperti batu permata yang sangat glamour.




Quote:



Sejak saat itulah high heels mulai digunakan untuk keperluan yang lebih menunjang segi estetika, seperti permodelan, agar bisa tampil cantik, anggun dan modis.

Sejak itu high heel lebih diminati oleh kaum wanita, dan lambat laun kaum lelaki tak lagi menggunakannya sebagai aksesoris dalam kesehariannya.





Semakin hari penggemar high heels semakin banyak, dengan bermunculan model dan desain yang cantik, sepatu ini menjadi salah satu pilihan favourite para wanita saat beraktifitas sosial di luar rumah.

Ada juga yang menggemarinya hingga level fanatik, sebut saja Imelda Marcos. Sang ibu negara ini bahkan mempunyai koleksi hingga ribuan pasang. waaah ngga kebayang lemarinya sebesar apa ya gan?



Hingga apabila kegemaran itu smapai pada level kecanduan, maka mereka itu disebut dengan Altocalciphilia,yaitu orang-orang yang fanatik sama high heels.



Nah, giman Gansis, menarik bukan? Tapi untuk para ladies, hindari penggunaan heels secara berketerusan. Ada sisi buruk dalam penggunaan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu lama, antara lain cedera pada tumit, lutut, pinggang atau pun betis. pilihlah heels yang sesuai dan nyaman saat menggunakannya.



Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.





Narasi: Ulasan Pribadi
Referensi dan gambar: Google



 




Diubah oleh DianAhmadKaskus 21-03-2021 14:19
tien212700
dhinyzfrn
yugeel
yugeel dan 32 lainnya memberi reputasi
31
9.6K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan