Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dheardianvocAvatar border
TS
dheardianvoc
Ingin Punya Mobil Formula 1? Segini Kocek Yang Harus Disiapkan


TELENEWS.ID – Formula 1 merupakan salah satu ajang olahraga motor yang cukup populer di Indonesia selain MotoGP.

Meskipun belum banyak pembalap Indonesia yang tampil di ajang jet darat tersebut, berbagai peristiwa diatas lintasan selalu menarik perhatian termasuk bagaimana para pembalapnya adu kecepatan untuk menjadi yang terdepan.

Melihat hal itu, mungkin saja penggemar balap khususnya Formula 1 ingin mencoba mengemudikan mobil F1 yang super cepat. Tapi untuk memiliki mobil semacam itu membutuhkan dana yang sangat besar.

Dengan status sebagai mobil yang sangat rumit dibandingkan mobil-mobil balap di seri lainnya, mobil F1 ini memiliki harga 40 juta poundsterling atau 750 miliar rupiah per unitnya.

Ditambah lagi dengan pesatnya perkembangan teknologi, jika dimodifikasi dan menyesuaikan spesifikasi mobil F1 terbaru, perkiraan harganya bisa menembus angka 1 triliun rupiah.

Selain harganya yang luar biasa mahal, mobil F1 juga memiliki perawatan yang khusus dan tentunya membutuhkan dana yang besar.

Dilansir dari berbagai media, jika ada komponen mobil yang mengalami kerusakan dan perlu diganti, pemiliknya perlu menyiapkan uang ratusan juta. Misalnya, jika bagian sayap depan mobil F1 rusak, dana sekitar 2,7 miliar rupiah harus disiapkan. Belum lagi jika knalpot belakangnya rusak, untuk penggantinya dibutuhkan dana sekitar 1 miliar.

Sedangkan untuk setirnya sendiri, jika mengalami kerusakan dan perlu menggantinya, maka uang yang perlu disiapkan adalah 600 juta rupiah.

Seiring dengan perkembangan zaman, mobil F1 tergolong sangat kompleks karena satu unit nya terdiri dari sekitar 80 ribu komponen. Apalagi setiap susunan komponen tersebut tidak boleh terjadi kesalahan agar mobil bisa melesat diatas lintasan.

Namun dari setiap komponen pada mobil F1, ada satu benda yang memiliki harga paling tinggi yaitu mesin yang harganya mencapai 102 miliar rupiah.

Melihat berbagai hal diatas, wajar jika ajang Formula 1 disebut-sebut sebagai olahraga motor termahal di dunia. Jadi bisa dibayangkan berapa biaya yang dibutuhkan oleh masing-masing tim Formula 1 di setiap balapannya.

Lalu bagaimana jika ingin memiliki mobil F1 tanpa harus mengeluarkan dana sebesar itu? Solusinya adalah beli versi bekas.

Tapi jangan salah, dikutip dari berbagai media, mobil F1 bekas bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Terlebih lagi jika mobil yang diinginkan memiliki nilai sejarah.

Misalnya untuk mobil Ferrari yang pernah dikemudikan Michael Schumacher, dijual di Jepang seharga 33,3 miliar rupiah beberapa tahun lalu, bahkan yang termahal adalah 83 miliar rupiah. (Dhe)


Sumber: https://telenews.id/ingin-punya-mobi...rus-disiapkan/
Cucigosok
jiresh
koi7
koi7 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan