OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Matic 250cc Jepang Udah Banyak, Nih Kenalin Maxi 250cc Buatan China



Semakin kesini segmen motor matic makin digarap serius oleh pabrikan-pabrikan beken. Bagi seekor perusahaan otomotif asal Jepang seperti Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki saja masing-masing punya lineup motor matic andalan mereka.

Di kelas 250cc, seperti yang kita tahu Yamaha menyumbang dengan model lineup Yamaha XMAX 250, lalu untuk Honda mereka menjual model Forza 250, Suzuki mereka punya lineup bernama Burgman 250 dan terakhir Kawasaki hadir dengan varian J250.

Namun untuk dua pabrikan seperti Suzuki dan Kawasaki, mereka masih enggan memasarkan motor matic gede di Indonesia. Jadi segmen yang satu ini memang bisa dibilang sangat tricky.



Meski demikian, pabrikan asal China bernama Zongshen Cyclone baru saja merilis varian big skutik baru di kelas 250cc, mereka menamai lineup tersebut dengan julukan WMOTO RT3.

Jadi varian inilah yang bakal disandingkan dengan rival-rival sekelas seperti para punggawa besar asal Jepang, dan beberapa lineup asal negara China sendiri.

Kita mulai dari segi desain. Khas motor-motor matic gede lainnya, disini kalian bakal mendapatkan siluet maxi gambot, dari mulai dimensi depan bodi, sampai buritan belakang. Karakternya gak begitu aneh-aneh, mungkin sebelum-sebelumnya kita sempat bahas motor matic buatan China dengan desain ala-ala muka robot, tetapi disini Zongshen lebih main aman lewat sentuhan elegan dan classy.



Lampu depan sudah menggunakan model LED, begitu juga dengan alis DRLnya, lalu bagian belakang pun serupa sudah pakai teknologi lampu LED juga, dan yang lain masih banyak fitur serta teknologi yang disematkan lagi.

Sisi pengereman motor ini telah mengusung rem disk kaliper depan belakang, lalu untuk akses kontaknya pun dibikin canggih pakai teknologi smart key, jadi gak perlu lagi yang namanya anak kunci, pengendara akan lebih praktis karena tinggal kantungi remot dan putar knop startnya.

Zongshen WMOTO R3 ini pun sudah ada soket charger USB, jadi gak perlu khawatir lagi buat kehabisan baterai di tengah jalan.



Untuk instrument cluster belum begitu kompleks, pabrikan masih memakai kombinasi antara analog dengan digital, sehingga penyampaian informasi bisa lebih akurat dan komplit.

Terakhir soal mesin motor ini dibekali dengan mesin single silinder dengan jumlah kubikasi 249cc, 4 klep DOHC, dan memiliki tenaga sebesar 23 HP serta torsi 22,3 Nm. Soal harga, Zongshen membandrolnya di kisaran RM. 15,188  atau kurang lebih setara dengan Rp 52 jutaan.

Referensi : https://warungasep.net/2021/03/15/wmoto-rt3-sang-maxi-skutik-250cc-dohc-rilis-di-malaysia/
aygilagility
jiresh
indramamoth
indramamoth dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.9K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan