Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Hobi Masak? Kamu Harus Tau Jenis Wajan Ini Beserta Fungsinya!

Sebagian orang ada yang malas banget untuk pergi kedapur walau cuma buat masak air panas sekalipun, tapi tau ga sih kalau di dapur itu banyak banget peralatan yang fungsinya juga berbeda. Bahkan, untuk wajan saja itu banyak sekali jenis yang sesuai dengan kegunaannya. Buat kamu yang hobi masak, sudah seharusnya banget kamu tau benda-benda dibawah ini yang menjadi alat pendukung untuk membuat masakan kamu menjadi lebih lezat dan cantik dilihat. Berikut pembahasan jenis-jenis wajan atau panci yang sesuai beserta fungsinya.

Wok


sumber: homedepot.com




Wok adalah wajan yang bentuknya tidak datar melainkan cekung ke dalam karena sesuai dengan fungsinya wok adalah wajan yang digunakan untuk menggoreng dengan minyak yang banyak, tujuannya agar bahan masakan yang digoreng terendam sempurna pada minyak. Ukurannya juga beragam ada yang kecil, sedang hingga yang lumayan besar. Tapi jangan salah Genk, Wok ini juga bisa digunakan untuk memasak gulai rendang, gulai opor atau tumisan-tumisan biasa, karena penampangnya yang cekung kedalam, membantu kita memasak menjadi lebih mudah dan leluasa.

Fry Pan





Kalau dari bentuknya wajan yang satu ini, pasti sering kita sebut dengan kata teflon. Perlu kalian tau nih, teflon itu sebenarnya bukan nama jenis panci atau wajannya melainkan nama dari senyawa polimer yang telah diciptakan oleh seorang yang bernama Roy J. Plunkett (1910 – 1994) di DuoPont. Senyawa ini sifatnya termoplastik dan biasnya dijadikan bahan lapisan dari wajan itu sendiri. Sesuai dengan bentuknya yang datar fry pan ini bisanya dipakai untuk memasak masakan yang tidak perlu menggunakan minyak yang banyak bahkan untuk beberapa jenis fry pan ada juga yang tidak perlu menggunakan minyak goreng sama sekali loh. Kamu bisa banget menggunakan fry pan untuk masak Sei Sapi lezat dengan Sambal Luat yang pedas nampol!ngkan dengan 5 Desain Dapur Minimalis Berikut

Casserole


dustovenscookware.com




Dikenal juga sebagai braiser pan, wajan satu ini biasanya digunakan untuk memasak masakan yang membutuhkan waktu cukup lama dalam pengolahannya, contohnya seperti memasak nasi dan juga masakan Asia lainnya. Tetapi wajan ini juga bisa dipakai untuk memanggang berbagai masakan karena tutupnya dapat mengunci kelembapan sehingga hasil masakan dapat matang sempurna. Selain itu, casserole ini juga bisa kamu jadikan sebagai wadahnya langsung dan disajikan dimeja makan karena bentuknya yang cantik.

Sauce Pan


sumber: surlatable.com





Sesuai dengan namanya fungsi dari wajan satu ini adalah untuk memudahkan penggunaannya dalam membuat saus. Sauce pan memang memiliki cekungan yang agak dalam dan bentuk datar pada bagian bawah serta dinding yang cukup tinggi. Dilengkapi dengan gagang panjang atau pegangan di kedua sisinya. wajan ini memiliki ukuran besar sehingga cocok untuk memasak dengan bahan air seperti sop, gulai, dan masakan berkuah lainnya. Kamu bisa memanfaatkan sauce pan untuk membuat selai homemade yang simpel, GenK! Ukuran panci ini berkisar antara 1-1, 2 L, 2-2, 3 L, dan 4 L.
Nah GenK, itu dia beberapa jenis wajan yang harus kamu ketahui beserta fungsinya dan juga kegunaannya. Sejauh ini, sudah ada yang kamu miliki belum salah satunya di dapur kamu?




tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan