Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
Oia, Desa Ikonik Bak Surga Dunia & Lokasi Terbaik Menikmati Sunset di Santorini

@g0ph0t0

Santorini, nama sebuah pulau seluas 73 Km2 di Yunani yang tidak asing di telinga sebagian besar orang, terutama traveller maniac dari seluruh dunia.

Berada di selatan Laut Aegea (laut yang diapit Yunani di kiri dan Turki di kanan), pulau yang memiliki nama resmi 'Thira' tersebut begitu dikenal luas akan keindahan pemandangan lautan dan bangunan-bangunan yang berjajar rapi di atas kaldera yang didominasi warna putih bersih dan biru cerah.


@travelerguidance

Pulau Santorini dengan segala pemandangannya yang spektakuler, sebenarnya memang bagian dari kaldera, fitur vulkanik yang membentuk kawah gunung berapi dengan warna pantai yang terbagi tiga bagian, yakni berpasir putih, merah, dan bebatuan hitam.

Maka tak ayal jika Santorini memiliki julukan Kallisti yang berarti 'the most beautiful'.


@vidulakoolkarni

Berbicara mengenai Santorini, ane jadi teringat video klip Stereo Love yang dinyanyikan oleh Edward Maya dan Vika Jigulina, yang menampilkan bangunan gereja dan rumah khas Santorini lengkap dengan pemandangan laut serta senja yang menawan.

Keindahan Pulau Santorini menjadi magnet yang membuat siapapun ingin berkunjung ke sana, termasuk Agan Sista, barangkali.

Terlebih, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk dinikmati. Misalnya saja Fira, ibukota Santorini yang selalu ramai turis.

GanSis juga bisa mengunjungi Akrotiri, situs kuno dari peradaban Minoan yang sempat terkubur akibat letusan gunung berapi pada 1500 SM. Atau ke dermaga tua bernama Limani Skala yang bisa ditempuh dengan naik cable car maupun menunggang keledai yang menuruni sekitar 600 anak tangga (fyi, ketimbang kucing atau anjing, keledai adalah hewan yang paling banyak di Santorini).

Tidak cukup sampai di situ, saat ke Santorini, tentu saja GanSis jangan sampai melewatkan Oia, sebuah desa kecil dengan kawasan pemukiman nan cantik, struktur bangunan pemukiman yang sangat khas, bercirikan neoklasik dengan taman bunga kecil di hampir setiap depan rumah.


@mediterano

Oia adalah salah satu desa paling ikonik se-dunia.

Meski terkenal akan bangunan biru-putihnya, tetapi tidak semua tempat di Santorini didominasi warna tersebut. Hanya di Oia saja, lho, GanSis dapat menemukan pemandangan populer, rumah ala gua bertembok putih dengan kubah biru.

Bangunan unik di Oia berkaitan erat dengan sejarah Maritim Yunani, di mana kala itu yang bisa membangun rumah di puncak bukit hanyalah kalangan atas.

Rumah-rumah dibangun sangat dekat dengan laut. Meski hanya berupa tebing-tebing curam. Maka tebing-tebing mulai dilubangi, sehingga terbentuk rumah.

Sekilas jika kita lihat struktur rumah-rumah di Oia tampak tidak simetris, tetapi seiring waktu dan perubahan cuaca, rumah-rumah tersebut menyatu sama lain. Hasilnya adalah struktur yang rapi, batas antara rumah satu dengan rumah lain terlihat jelas, tetapi juga masih terlihat acak pada ketinggian tertentu.

Itulah mengapa, Oia adalah bentuk arsitektur yang unik dan populer di seluruh dunia.

Oia sebelumnya dikenal dengan nama Apano Meria dan warganya masih disebut Apanomerites sampai sekarang, memiliki jalan utama yang disebut Nikolaou Nomikou.

Oia menjadi salah satu destinasi pelayaran paling populer dan berjaya dari abad 19 hingga 20. Ekonominya makmur berkat armada pedagangnya di Laut Mediterania Timur. Rumah kapten berlantai dua di bagian tertinggi desa ini merupakan bangunan yang melambangkan masa kejayaan ini.

Meski sebagian dari desa ini hancur akibat gempa bumi pada tahun 1956, sampai sekarang Oia tetap menjadi tujuan wisata yang populer dan dibanjiri pengunjung, lho.


@thatboholiving

Tentu saja, selain bangunan yang ikonik, Oia yang dulunya sering disebut sebagai Epano Meria atau Upper Side itu juga menjadi lokasi yang tepat untuk menyaksikam sunset, lho.

Lokasinya yang berada di ujung pesisir barat laut, menjadikan sunset di Oia dijuluki sebagai “No.1 Location of the World’s Best Sunsets”.

Saat tiba sore hari, biasanya turis-turis berkumpul di Oia, sengaja untuk menikmati sunset atau matahari terbenam.

Sinar matahari yang berwarna putih kekuningan tampak menyinari bangunan-bangunan di sepanjang kaldera Oia, sehingga memberikan kesan tersendiri akan suasana Mediteranian.

Woah, asyik banget pastinya emoticon-Angel


@globehotels

Apalagi, di Oia banyak sekali hotel, restoran, dan kafe, yang memang memanfaatkan landscape dan pemandangan Oia yang fantastis dengan lautan biru serta The Volcano di depannya.



Bisa kebayang gak, sih, serunya rebahan sambil menatap senja dan ditemani segelas air kelapa muda :nyantai

Itulah Oia, daerah pemukiman dengan lokasi terbaik di Santorini, bak surga dunia.

Skuy ke Oia! emoticon-Ngacir


___o0o___

referensi
ujellyjello
agusn6778
agusn6778 dan ujellyjello memberi reputasi
2
685
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan