Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nibrasulhaqAvatar border
TS
nibrasulhaq
5 Hal yang Harus Segera Anda Tolak Meski Menggiurkan, benarkah yang ke-3 susah?
Segera Menolak Tanpa Tapi


Bismillahirrahmanirrahiim

Hidup di dunia memang butuh ilmu, jangan sampai ingin hidup enak, nyaman, senang, sehingga segala macam dilakukan. Tidak mau peduli lagi dengan apa itu dosa dan bagaimana itu haram.

Meski terkadang tahu yang dilakukan itu akan menjerumuskannya suatu hari nanti. Banyak godaan dalam hidup, jangan sampai kita tergiur hanya karena nafsu saja. Tidak berpikir kedepannya, dampak maupun efek yang ditimbulkan. Baik jangka pendek atau pun jangka panjang.

Beberapa hal berikut, perlu sekali kita menahan diri dan menolak mentah-mentah ketika diberi meski itu menyenangkan dan sulit diindari :

1. Hasil Korupsi


Korupsi adalah tindak penyelewengan demi mendapatkan keuntungan dari sebuah amanah yang sedang dijalankannya.

Quote:


Harusnya pengemban amanah itu dapat berhati-hati dalam menjalankan amanah yang dipikulnya. Tetapi, anehnya ada sebagian orang yang begitu berani dan tega menyelewengkan sebuah amanah.

Mungkin orang-orang itu sudah gelap mata dan hati. Hidupnya hanya semata-mata mencari kebahagiaan dunia, padahal dunia ini fana, sementara dan sekejap saja. Sehingga tidak ingat ada hari pembalasan.

Sedangkan ia tahu bahwa amanah apapun di dunia itu kelak dimintai pertanggung jawabannya.


2. Barang Haram


Godaan dunia itu tidak akan berhenti. Karena dengan itulah akan diketahui sejauh mana ketaqwaan seseorang.

Siapa yang tidak mau diberi secara cuma-cuma atau gratisan? Tentu saja semua akan menyukainya. Hanya saja, berhati-hatilah ketika yang diberikan itu adalah barang haram.

Jangan sampai tergoda sedikit pun, karena enaknya hanya sebentar, sesaat, tetapi ingatlah bahwa sang kuasa tidak akan pernah diam atau pun melewatkannya.

Karena pasti kelak ada hari penghakiman, siapa-siapa yang melanggar aturan-Nya. Yang berani-berani mengkonsumsi, menjual atau pun mengedarkan barang-barang/ produk-produk yang diharamkan.

3. Bahan Ghibah


Untuk yang satu ini, benar-benar akan sulit menghindarinya. Karena biasanya pembawa bahan ghibah, halus sekali cara membawakannya untuk diberikan sebagai bahan pembicaraan.

Padahal banyak yang tahu bahwa dengan menggibah, seseorang itu diperumpamakan bagai orang yang memakan bangkai saudaranya. Tentu semua tahu, bahwa yang namanya bangkai itu menjijikkan, lalu masih saja banyak orang yang gemar melakukannya.

Untuk itu, berusahalah sekuat tenaga ketika ada yang membawa bahan ghibah. Karena selain seperti yang disebutkan, orang yang membawa bahan ghibah kepada kita, pasti suatu hari nanti ia akan membawa bahan ghibah pula kepada orang lain, sedangkan obyeknya adalah diri kita.


4. Uang Suap


Ini juga tidak kalah mengerikannya. Di zaman yang semakin banyaknya orang nekad, maka ia akan melakukan segala hal demi untuk memenuhi gengsi dan gaya hidup.

Salah satu dari beberapa hal yang sering dilakukan para pejabat apapun adalah uang suap. Uang suap diluncurkan agar kebutuhan, keinginan ataupun cita-cita mudah tercapai.

Seperti ingin memperoleh jabatan, kedudukan, harusnya ada proses atau pun ketentuan tertentu, tetapi tidak sesulit bagi seorang yang terbiasa dengan cara suap. Apapun akan dilakukan tanpa berpikir apakah itu benar ataukah salah.


5. Barang Curian


Agak susah juga untuk yang tidak tahu-menahu tentang barang hasil curian.

Meski ada yang tengah mengalami kesulitan, jangan sampai tergiur dengan sebuah barang yang tidak jelas asal-usulnya, barang curian atau bukan.


Baiklah, semoga thread kali ini dapat diperoleh kemanfaatan dan menjadi pengingat. Sampai jumpa di thread berikutnya.

Wassalamualaikum.


Penulis : Nibrasulhaq
Narasi : oppri
Sumber gbr: google, pinterest, dokpri.
Diubah oleh nibrasulhaq 27-07-2021 14:39
HestiaMagis
tien212700
ujellyjello
ujellyjello dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan