Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Bikin Resep Kopi Susu Latte Mangga Khas Tropikal, Nagih!
Trend tongkrongan anak muda jaman sekarang ini selalu gak jauh-jauh dari yang namanya coffee shop. Termasuk agan dan sista ini pastinya sudah sangat akrab dengan varian-varian kopi kekinian yang ditawarkan di setiap merchant coffee shop sebagai karakter signature tempat masing-masing.
Kalau kita lihat rata-rata coffee shop banyak yang menggunakan basic dari kopi susu, setelah itu mereka membuatnya dengan kombinasi sirup penguat rasa contohnya seperti rasa aren, pandan, gula jawa dan masih banyak lagi.

Tapi ane belum pernah lihat nih kopi susu yang menggunakan kombinasi buah mangga sebagai racikan menu latte dan yang penting bukan hanya sekedar perasa sirup saja. Mumpung kepikiran ide buat DIY sendiri, kayaknya asik nih bikin es kopi susu late mangga khas nuansa tropikal.

Oke deh langsung saja kita siapkan beberapa list bahan yang perlu disiapkan.

Cara Membuat Kopi Susu Latte Mangga

Langkah awal yang perlu dipersiapkan adalah tentu bahan untuk membuatnya. Tenang saja semua bahan termasuk dengan perlengkapan bisa agan jangkau dengan sangat mudah kok. Detail penjelasan ada di bawah ini :

1. Sediakan kopi saset Nescafe satu renteng
2. 1 Buah mangga manis
3. Susu UHT (kalau bisa yang kandungan lemaknya tinggi)
4. Air mineral
5. Es batu
6. Gelas
7. Sendok
8. Mix Frother Stick/Botol
9. Sedotan 
10. Panci
11. Kompor
12. Blender/mixer
13. 1 bungkus rokok



Jangan bingung kalau ane tambahin 1 list terakhir dengan sebungkus rokok gan…Karena ane tipe orang yang gak bisa ngopi kalau gak sambil ngerokok. Dan khusus kali ini ane sudah siapin rokok Esse Punch Pop rasa mangga juga nih…biar satu mood aja hehe.

Langsung saja kita eksekusi gan...

1. Siapkan Mixer.

2. Potong mangga kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam mixer. Jangan campur apapun termasuk gula atau air. Karena disini kita akan ambil sari rasa mangga murni.

3. Jika sudah diblender halus, tuangkan mangga ke dalam gelas kurang lebih 100ml.

4. Panaskan susu sebentar diatas panci, kurang dari 2 menit hanya untuk bikin susu hangat. 

5. Sebelum memasukkan susu kedalam gelas, kita akan buat susu UHT tersebut jadi sedikit bervolume karena metode yang digunakan kali ini adalah Latte. Nama caranya adalah Frothing, alat yang digunakan bisa pakai Milk Frother Stick, atau agan sista bisa coba manual dengan cara shaking menggunakan botol sampai 1 menit.

6. Tuangkan es batu kedalam gelas yang sudah berisi smoothies mangga.

7. Disusul dengan susu yang sudah kita frothing sebanyak 100ml.

8. Kemudian siapkan air panas, ambil 2 saset kopi nescafe classic dan aduk sampai merata. Untuk takaran kopinya terserah, tetapi disini ane mau pakai ukuran 60ml.

9. Jika sudah siap, tuangkan kopi kedalam gelas.

10. Terakhir tinggal diminum.


Daripada penasaran mari kita review gimana rasanya. Sebelum itu boleh lah kita awali dengan sebatang Esse Punch Pop yang katanya ini punya rasa mangga juga...kesannya mau satu tema gitu gan hehe.
Biar rasa kopinya terasa, kita aduk dulu sampai merata. Setelah itu tinggal diseruput deh...

Emang bener ekspektasi ane diawal soal minuman ala-ala tropical es kopi mangga ini terasa sangat menyegarkan. Meski secara basic mirip seperti es kopi susu latte pada umumnya, tapi ada ekstrak buah mangga yang bikin unik minuman kita kali ini.

Bentuk smoothies hasil buah mangga yang dihaluskan pakai alat mixer tadi, dapat memunculkan tambahan tekstur yang menghiasi mulut ketika meneguk kopi ini berkali-kali. Meski gak sekuat perasa sirup, tapi citra rasa rasa natural seperti inilah yang ane cari.



Tapi tenang, taste mangga pada kopi makin kuat didorong dengan karakter flavour klik kalsul milik rokok Esse Punch Pop yang ane sebat ini. Menurut pendapat pribadi, rasa manis mangga dari Esse dapat mendorong aftertaste minuman makin nendang. Ditambah lagi karena rokok ini juga memiliki karakter menthol yang hintnya sangat pas, jadi bikin seger-seger di tenggorokan gitu.

Alhasil ngopi kali ini makin terasa rileks dan santuy kata anak-anak jaman now. Kesimpulannya adalah kopi DIY kita kali ini berhasil…

Resep Kopi Ala-Ala Starbuck


Ane kasih satu bonus resep kopi yang mirip dijual di starbuck gan, berikut bahan rinciannya untuk dieksekusi jadi minuman kopi hits kekinian. Sebenarnya ada 3 varian yang bisa dibilang favorit list, yaitu kopi susu cendol, kopi susu soya, dan yang terakhir kopsu BengBeng ini. 



1. Gelas.
2. Siapkan 2 bungkus BengBeng coklat.
3. Sediakan 1 saset BengBeng drink coklat.
4. Ambil 2 saset nescafe classic dan larutkan dengan 60 ml air panas.
5. Es batu.
6. Alat blender untuk mencampurkan dan menghaluskan 2 bungkus coklat BengBeng + BengBeng Drink + Es Baru sampai menjadi smoothies.
7. Setelah itu masukkan smoothies, Susu UHT 100 ml, dan terakhir kopi 60 ml.
8. Tinggal minum deh.
yugeel
jeff123556
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan