masnukhoAvatar border
TS
OWNER
masnukho 
Tips Konsisten Menulis Ala Masnukho, Wajib Dicoba Bagi yang Minat Menulis!

Hobi nulis tapi susah konsisten?
Praktikan tips dari ane, dijamin sangat membantu!


Menulis, adalah sebuah kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau membagikan sebuah kisah, informasi dan berita dengan menggunakan aksara lewat media kertas dengan alat tulis seperti pena, pensil atau alat menulis lainnya.
Di era modern ini menulis juga mengalami kemodernan, tidak hanya terbatas dalam media kertas dengan alat bantu pensil, menulis saat ini telah dapat dilakukan dengan menggunakan media-media elektronik, mulai dari laptop sampai gadget.
Dapat dikatakan kemudahan ini juga memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk dapat lebih mudah dalam menulis dan dapat melakukan aktifitas menulis di manapun berada!

Membahas tentang menulis, beberapa orang menjadi aktifitas dan kegiatan ini sebagai sebuah hobi dan pekerjaan.
Hampir setiap profesi memang membutuhkan keahlian tulis menulis di dalam menjalankan pekerjaannya, karena memang menulis adalah sebuah kegiatan penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Manfaat dari menulis sendiri selain sebagai media berbagi informasi, berita, membagikan kisah hidup, sejarah, mencari uang, juga masih manfaat lain yang tidak kalah penting.
Bahkan hobi menulis juga dipercaya dapat menjadikan salah satu solusi untuk menghilangkan stres, mengungkapkan kegelisahan, memperbaiki suasana hati dan juga menguatkan ingatan.

Melihat betapa banyak manfaat dari menulis, tentu bagi beberapa orang yang hobi menulis tapi susah untuk konsisten sangat membutuhkan tips dan trik untuk mewujudkan niat.
Nah, kali ini ane akan berbagi sedikit tips dan trik sederhana untuk membantu Agan dan Sista agar dapat konsisten menulis!
Penasaran apa saja tipsnya?
Lihat di bawah ini!




1. Niat
Tidak ada sebuah pekerjaan atau apapun itu yang dapat dikerjakan dengan baik jika tidak dibekali dengan niat yang kuat.
Mungkin Agan dan Sista pernah merasakan sendiri, dimana menjalankan sebuah aktifitas dengan sedikit niat pasti tidak akan selesai dan berhenti di tengah jalan. Begitupun dengan menulis GanSis!
Sebelum kita memulai untuk menulis, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah niat yang kuat.

2. Menentukan Tujuan
Ada niat tanpa ada tujuan, tentu itu seperti berjalan tanpa arah ya GanSis.
Dan resiko dari berjalan tanpa arah adalah menabrak dan tersesat!
Jadikan menulis seperti sebuah perjalanan, Agan dan Sista harus memperhitungkan dari mana memulai, kemana arahnya dan kapan akan berhenti.
Jika di dalam perjalanan (menulis) Agan dan Sista merasa bahwa salah tujuan, dengan telah mempersiapkan tujuan yang jelas sebelumnya, maka Agan dan Sista dapat kembali ke arah tujuan.

3. Memanfaatkan Waktu Luang
Banyak orang sering memaksakan diri untuk menulis padahal situasi atau waktu yang mereka miliki tidak mendukung aktifitas menulis.
Memaksa menulis di tengah kesibukan atau keruwetan hidup, itu akan membuat Agan dan Sista setres, jadi hindari menulis di tengah kepadatan aktifitas.
Manfaatkan waktu-waktu luang seperti waktu istirahat kerja, atau waktu-waktu luang tak terduga lainnya.

4. Disiplin
Saat di awal kita telah mempunyai niat dan tujuan menulis, maka disiplin untuk mencapai niat dan tujuan itu penting GanSis.
Meskipun kita memiliki kesibukan lain, kita harus berpikir bagaimana agar niat dan tujuan kita tercapai, apapun hambatannya semua itu harus tercapai.

5. Melakukan Perubahan
Maksud dari perubahan disini adalah perubahan terhadap diri sendiri ya GanSis.
Jika semula kita masih pemalas, berusaha untuk menjadi tidak pemalas.
Jika biasanya kita mudah menyerah, bangkitkan semangat untuk pantang menyerah.
Bila biasanya menyepelekan waktu luang, tepis itu semua dan manfaatkan waktu luang dengan baik untuk mendapatkan apa yang Agan dan Sista inginkan!




Ke lima tips menulis di atas adalah kebiasaan yang telah ane lakukan sehari-hari GanSis, jadi jika terhadap ane tips tersebut berhasil, seharusnya juga dapat berhasil jika Agan dan Sista dapat melakukannya dengan baik ya!

Perlu diingat, sekuat apapun niat dan tujuan jika Agan dan Sista tidak mempraktikkannya segera, maka itu hanya akan menjadi sebuah niat dan tujuan yang sia-sia.
Jadi segeralah beraksi dan lalui rintangannya untuk dapat maju dan konsisten dalam menulis GanSis!

Oke, itulah tadi tips dan trik konsisten menulis dari ane, semoga bermanfaat



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: [URL=https://S E N S O Reasyread/panduan-menulis-untuk-programmer-10f6c5b68f26]1[/URL], 2, 3, 4
YenieSue0101
iissuwandi
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
703
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan