alfiaunsahAvatar border
TS
alfiaunsah
Anak Jaksel Ngomong Mix Bahasa Inggris. Biar Apasih? Yok Simak!



sumber gambar

Halo selamat siang Agan dan Sista. Apa kabar? Semoga Agan dan Sista sehat dan bahagia selalu, ya!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Kali ini ane sebagai holang yang lahir juga besar di Jaksel mau membahas, kenapa sih anak Jaksel identik banget sama gaya bahasa yang dicampur. Bahasa Indonesia dicampur bahasa Inggris.

Misal penggunaan campur :

"Lu tau kan, gue tuh gak comfort banget di rumah. Which is bokap nyokap berantem terus, like everday. That's why gue jadi semakin worry gitu buat getting married."

Ane pribadi pernah kok, ngomong gado-gado gitu, ada bahasa Indonesia sama bahasa Inggris di satu kalimat.

Nah, berdasarkan pengalaman ane dan berdasarkan pengamatan pribadi. Berikut ane rangkum, kenapa sih anak Jaksel ngomongnya suka dicampur-campur.

Cekidot!

1. Ajang Belajar Bahasa Inggris

'Practice makes perfect' adalah ungkapan yang sangat terkenal. Artinya "Latihan membuat sempurna."

Sebagian orang, mengatakan pada ane bahwa mereka suka bicara mix indo-inggris, atau nulis caption di sosmed pakai bahasa campur gitu untuk belajar bahasa Inggris.

Sebenarnya tujuan ini sangat positif ya Gan Sis. Tapi sayangnya, sebagian dari mereka ini kalau salah dan ditegur malah ngegas. Parahnya dilanjutin terus kesalahannya. #kumenangis


2. Lebih Lancar dan Percaya Diri

Beberapa orang mengakui, bahwa mereka lebih lancar bicara dengan dicampur bahasa Inggris. Karena mereka bingung untuk mengungkapkan apa yang ingin mereka ucapkan dalam bahasa Indonesia sepenuhnya.

Ane ambil contoh Mama Mertua ane yang sering ngomong "segitu ge udah uyuhan" begitu ane tanya, dia bingung mendeskripsikan "uyuhan" dalam bahasa Indonesia.


3. LINGKUNGAN

Ane salah satu yang pakai bahasa Inggris karena lingkungan.

Meski kedua orang tua ane asli NTB. Tapi, karena tinggal di lingkungan, teman, tetangga banyak yang memakai bahasa betawi. Pas baru masuk kerja, gaya bicara ane ya betawi banget. Boss ane pernah ngakak kenceng banget pas ane bilang 'orang kata dah saya email'.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


sumber gambar


Nah pas kerja, lama kelamaan bahasa ane jadi ikut tuh campur aduk bahasa inggris, karena boss dan temen-temen ane pada campur bahasanya. Ane enguh kalau ane sok inggris itu pas pdkt sama suami. Ane jadi agak malu, soalnya suami ane yang kerjanya di perusahaan asing dan lancar berbahasa inggris aja gak kayak ane ngomongnya. Hahaha.

Nah, setelah nikah. Bahasa indo mix inggris ane berkurang. Ane sekarang lebih sering ngomong 'atuh' soalnya suami ane urang sunda.

Agan dan Sista, ada enggak yang kayak ane? Tanpa sadar, mengikuti gaya bahasa di lingkungan sekitar?


4. Biar Keren

Meski enggak banyak yang mau mengakui hal ini. Tapi ada loh Gan Sist, segelincir teman ane yang mengakui berbicara campur bahasa Inggris biar dibilang keren. Biar dibilang 'literally anak Jaksel'. Hahaha


sumber gambar

Tapi sebagian besar menolak dianggap bicara mix supaya dianggap keren. Apalagi biar dibilang 'literally anak Jaksel'. Karena nyatanya, enggak cuma anak Jaksel kok yang sering ngomong campur Indo-Inggris.

Ane sih enggak mau ngatain karena ane pernah ngelakuin itu. Hahaha. Bahkan sampai sekarang ane masih suka ngomong campur, kalau lawan biacaranya juga gitu.

Kalau lagi ngobrol sama keluarga ane atau suami, ya enggak atuh.

Nah, gimana nih menurut Agan dan Sista? Setuju enggak sama alasan dibalik kenapa anak Jaksel sering ngomong mix? Atau agan dan Sista punya pandangan lain?

Yuk cuss kita sharing dan diskusi santuy di komen.

Sekian thread ane kali ini. Semoga ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil, ya!

Kalau ada sumur di ladang
Bolehlah kita menumpang mandi
Kalau ada next thread ane yang nampang
Bolehlah Agan dan Sista mampir lagi

Yihaaa

Thanks for reading, Gan Sist!

emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss



Sumber : narasi dan opini pribadi
elor68
tien212700
liramarlinda
liramarlinda dan 31 lainnya memberi reputasi
32
8.7K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan