Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Dewa Kipas Siap Bertanding, 'Mutiara' yang Hilang Ataukah Sebuah Keberuntungan?

Dunia percaturan sedang heboh karena salah satu pemain catur online di Chess com asal Indonesia dituduhkan bermain curang saat melawan Levi yang memiliki banyak pengikut dan terkenal.

Alasan Levi dan Chess com akhirnya membanned akun Dewa Kipas memang masuk akal, mereka membaca berdasarkan data dan fakta di lapangan, terlebih nama Dewa Kipas nyaris tidak dikenal di dunia percaturan nasional terlebih di percaturan kelas dunia.


Sontak pro dan kontra terjadi, media juga mem blow up dan mencari kebenaran apakah Dewa Kipas melakukan kecurangan atau tidak. Dan saat wawancara podcast di Deddy Corbuzier, Dewa Kipas mengaku tidak melakukan kecurangan.

Suasana semakin memanas karena nama baik pemain nasional seperti tercoreng di mata dunia. Pecinta catur nasional pun semakin penasaran dibuatnya karena pemain nasional pun sepertinya tidak yakin kalau Dewa Kipas bermain jujur.


Akhirnya ada ide untuk melakukan tanding ulang. Awalnya Dewa Kipas menolak namun kabar terakhir Dewa Kipas yang bernama asli bapak Dadang ini menerima tantangan bertanding di waktu yang akan ditentukan kemudian.


cnnindonesia


Tentu saja ini momen yang sangat kita tunggu, pastinya menarik dan mengundang banyak apresiasi khususnya bagi Dewa Kipas sendiri. Tapi satu hal yang harus kita sadari bersama disini adalah, catur adalah sebuah pertandingan seperti pertandingan olahraga lainnya. Pastinya akan ada kalah dan menang.


Dan kita tahu, seorang juara bertahan pun tidak selamanya berdiri di puncak nomor satu. Menjadi juara adalah hasil konsistensi dan kerja keras tapi ada satu poin yang kadang dilupakan oleh lawannya, sebuah keberuntungan.


Ada kalanya seorang juara terlalu nyaman dan terlena dengan kondisinya sehingga dia lengah ada lawan tangguh yang 'tidak terlihat'. Tepatnya lawan yang selama ini baru turun gunung dengan bekal segala keilmuannya, strategi bermainnya, kesederhanaannya, dan bertanding tanpa beban karena tidak bergelar apapun. Tapi bagi seorang Grand Master jika kalah bertanding dengannya tentu akan memalukan.


Dewa Kipas bisa jadi sebuah permata yang baru muncul ke permukaan dan menyilaukan semua pemain catur kelas dunia. Tentu saja tidak kita sangka karena jelas-jelas seorang Dewa Kipas adalah seorang Dewa pertapa yang baru keluar dari pertapaannya dan terpanggil untuk membangkitkan dunia percaturan nasional yang mungkin sedang lesu darah.



Kita memang sudah sepantasnya bangga dan mensupport Dewa Kipas terlebih sekarang beliau sudah siap untuk tanding ulang namun melawan Grand Master, Irene dan akan kita saksikan secara langsung yang dijadwalkan pada 22 Maret 2021. Ingat saudara, ini adalah sebuah pertandingan, siapapun bisa mengalami kekalahan atau menjadi pemenang sekalipun dia seorang pemain jalanan.


Pahitnya, jika pun sejatinya Dewa Kipas bermain curang saat itu, tapi menang saat bertanding ulang tetap di adalah pemenangnya, sebuah keberuntungan sedang menaunginya. Ini adalah pertandingan dan kita hanyalah manusia, dimana juara dunia pun bisa kalah oleh orang biasa saja di waktu dan situasi yang tidak terduga.



indosport


Jikapun sejatinya Dewa Kipas sejak awalnya bermain jujur itu berarti Dewa Kipas adalah benar-benar 'mutiara' yang hilang saat ini,  seorang Sultan Khan legendaris catur dunia ke 2 milik Indonesia.

Jikapun misalkan pertandingan ulang ini dimenangkan oleh seorang Grand master sepertinya tidak akan surprise karena sudah sepantasnya dan tidak ada yang istimewa.


Apapun yang terjadi saat pertandingan ulang berhasil berjalan terutama jika pemain profesional berhasil dikalahkan oleh Dewa Kipas maka wajib legowo dan fair menerima kekalahan.

Di tengah keterbatasan seorang Dewa Kipas sudah seharusnya pemerintah, swasta ikut merangkul dan mensupport beliau agar catur nasional semakin kuat dan kelak menjadi jawara catur baru yang disegani di mata dunia.

 



Referensi. sebuah opini
Img.google img






Copyright © 2016 - 2021 iskrim™


All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 20-03-2021 15:43
0raurus
babelapak
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan