Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alunaziyaAvatar border
TS
alunaziya
Eucalyptus, Daun Ajaib yang Banyak Manfaat. Aromanya Kini Paling Dicari
Assalamualaikum ....
Selamat datang lagi di tread ane.
Salam santun semua.

Sejak masa pandemi, pohon Eucalyptuskian terdengar familiar di telinga. Beberapa waktu yang lalu bahkan beredar kabar bahwa daun dari pohon yang berasal dari Australia ini digaungkan sebagai obat anti virus covid-19.


Pixabay

Nah, siapa yang langsung percaya? Atau malah berbondong-bondong memborong segala hal yang bersangkutan dengan daun Eucalyptus ini? Ane sudah lama menjadi pecinta aroma Eucalyptus ini, Agan Sista. Bukan karena alasan yang sedang heboh ini, ya? Tetapi karena memang ane sangat ketergantungan dengan minyak kayu putih yang nota Bene adalah hasil dari penyulingan daun Eucalyptus ini.

Bahkan dulu di masa sekolah, ane pernah diledekin sama teman karena selalu membawa botol berwarna hijau ini di dalam tas. Kayak nenek-nenek, katanya. Hehe ....
Tetapi ane tidak pernah kapok membawa benda yang satu ini kemana-mana. Karena memang ane sangat sangat membutuhkan mana kala ada keadaan darurat. Lagi pula, di setiap ruang UKS pun keberadaan minyak kayu putih ini selalu dicari.



Tahukah anda, Agan Sista? Meski belum ada keputusan resmi bahwa Eucalyptus mampu menyembuhkan covid-19, tapi para ahli pun sudah mengamini bahwa zat yang terkandung dalam daun Eucalyptus ini adalah bersifat anti virus.

Pohon Eucalyptus merupakan famili dari jambu-jambuan (Myrtaceae) yang adalah jenis pohon peneduh. Selain di Australia, pohon yang bisa tumbuh sangat tinggi ini bisa ditemukan di Papua Nugini, Indonesia hingga ke Filipina. Bagian daun dari pohon Eucalyptus inilah yang justru mengandung banyak manfaat. Proses pengambilannya adalah melalui proses penyulingan.

Beberapa contoh manfaat dari Eucalyptus ini di antaranya sebagai berikut:

1. Meredakan batuk dan pilek
Ane pernah sakit bapil dan sangat terganggu jika tiba-tiba kumat di tempat umum. Kebayang kan, terbatuk-batuk di tengah kerumunan banyak orang pada masa ini? Langsung jadi pusat perhatian dan rasanya enggak banget. Ternyata aroma Eucalyptus dalam minyak kayu putih mampu meredakan batuk, loh.

2. Meringankan asma
Bagi penderita asma, menyediakan minyak kayu putih menjadi sangat penting. Aroma Eucalyptus ini bisa meringankan saat gejala asma menyerang di saat yang urgent.

3. Mengobati sakit gigi
Ada yang bilang lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati. Big no! Bagi mereka yang pernah merasakan sakit gigi, tentu tidak akan sependapat. Ane pun pernah menikmati tersiksanya sakit yang tak tampak ini. Nah, ane biasanya akan mengambil sedikit kapas dan diberi cairan minyak kayu putih, lalu menggigitnya di bagian gigi yang sakit selama beberapa saat. Tetapi hati-hati jangan sampai kapasnya ikut tertelan ya, Gan.

4. Mengobati luka
Pernah terjatuh atau tersayat pisau saat mengiris buah? Nah, bisa segera dioleskan dengan minyak kayu putih ini. Zat yang terkandung dalam Eucalyptus ini mampu menghentikan pendarahan kecil, kok.

5. Gigitan serangga
Digigit nyamuk atau semut kadang bisa meninggalkan bekas dan rasa yang menyengat ya, Gan. Oleskan cairan minyak kayu putih pada bagian yang digigit agar sakitnya mereda.

6. Meredakan sakit kepala
Sakit kepala tidak mengenal waktu. Dia bisa datang kapan saja dan di mana saja. Ane selalu mengoleskan minyak kayu putih dikening dengan sesikit pijatan ringan.

7. Mengobati nyeri sendi
Saat tiba-tiba merasa nyeri pada sendi atau keseleo, minyak kayu putih juga bisa membantu mengobati rasa sakit yang ada. Biasanya dengan pijatan.

8. Meredakan rasa mual
Buat yang mabuk kendaraan atau sedang mengalami masa ngidam yang sering merasa mual, minyak kayu putih ini sangat membantu.

9. Menghangatkan badan
Balurkan di bagian perut dan punggung sehabis mandi atau di saat cuaca lagi dingin. Terutama untuk anak-anak, ini sangat membantu untuk menghangatkan badan.

10. Mengontrol gula darah
Nah! Ini yang lebih mengagumkan, Gansis. Ternyata Eucalyptus sangat berguna untuk menurunkan gula darah. Siapa yang sedang bermasalah dengan keadaan ini? Sering-seringlah bersahabat dengan aroma Eucalyptus ini, ya?



Masih banyak lagi manfaat lain yang sepertinya akan sangat panjang jika ane babarkan di sini, Gansis. Intinya tidak ada salahnya untuk membawa sesuatu yang sangat bermanfaat. Kalau untuk sehat, ngapain gengsi? Ane juga masih setia membawanya ke mana-mana, kok.

Sekian tulisan dari ane.
Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.

Penulis : @alunaziya
Sumber : Wikipedia,dokpri, dandisini
ceuhetty
adegkecil
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan