kripikirAvatar border
TS
kripikir
Cara Mematikan Fitur "New Tab in Group" di Browser Chrome Android Terbaru
اَلسلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Selamat datang di thread ane


Browser atau peramban bagi kita sudah sangat familiar. Hampir setiap hari kita membuka browser di komputer, laptop, tablet, smart tv, dan yang paling sering di smartphone. Browser berguna sekali untuk berselancar di dunia maya, karena hanya lewat browserlah menjadi jalan untuk menikmati dunia maya. Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, browser Chrome di android mendapat update terbaru, beberapa fitur di tambahkan ke browser Chrome.

Kiri: Tampilan Baru Kanan: Tampilan Lama

Perubahan yang terasa ada pada tampilan tabnya, jika sebelumnya tampilan tab yang ada di browser chrome android berupa tiles list seperti kartu yang tersusun. Setelah mendapat update, tampilan tab di browser chrome android berubah menjadi grid. Kalau menurut saya tampilan tab terbarunya ini memang fresh, tapi kadang rasanya kurang nyaman, masih suka dengan tampilan sebelumnya.


Fitur selanjutnya yang terasa perubahannya ketika menggunakan browser chrome android versi terbaru, adanya fitur bernama "New Tab in Group". Seperti namanya fitur ini berfungsi membuka tab atau jendela baru pada browser chrome, bedanya dengan new tab biasa, ketika kita membuka tab atau jendela baru di kelompokkan ke dalam satu tab. Jadi di sebuah tab atau jendela, di dalamnya ada tab lagi. Misal kita membuka dua tab satu Google dan satunya Kaskus, ketika kita berada di tab Kaskus, kemudian mau membuat tab baru dari link di Kaskus, maka si tab barunya ini masuk di dalam tab Kaskus, nanti tabnya ini akan muncul di bagian bawah denga ikon bulat.


Sayangnya keberadaan fitur "New Tab in Group" ini membuat kurang nyaman, karena untuk perpindahan tab di "New Tab in Group" jadi membingungkan, letaknya toolbar tabnya beda dan berpindah di bawah. Kemudian tab ini hanya di tandai dengan ikon bulat kecil tanpa ada keterangan seperti tab yang seharusnya, membingungkan saat harus berpindah tab. Terakhir keberadaan fitur "New Tab in Group" ini menghilangkan pilihan new tab biasa, jadi ketika membuka tab baru, mau tidak mau ya harus "New Tab in Group" tidak ada lagi Open in New Tab.

Untungnya saja bagi yang merasa terganggu dengan fitur "New Tab in Group", fitur ini bisa di matikan dengan cara mudah. Pertama tinggal tuliskan chrome://flagspada kolom url, setelah itu akan masuk ke dalam halaman Experiments. Setelah masuk ke dalam halaman Experiments, carilah kolom pencarian yang berada di bagian atas, dan tuliskan Grid.


Setelah mencari Grid, nanti akan muncul dua pilihan sub pengaturan, Tab Grid Layoutdan Enable Tab-to-GTS Animation. Untuk mematikan fitur "New Tab in Group", pengaturan yang harus di ubah ada di bagian Tab Grid Layout, tinggal di ubah menjadi Disable. Jika sudah merubah menjadi disable nanti di bagian bawah akan muncul pop-up Relaunch klik saja dan browser chrome akan relaunch. Silahkan di coba apakah fitur "New Tab in Group" sudah mati. Jika masih belum ada perubahan setelah relaunch, yang harus dilakukan adalah dengan menutup aplikasi browser chrome secara menyeluruh, keluar dan end task dari recent app. Harusnya setelah melakukan itu berhasil.

Mematikan fitur "New Tab in Group" dengan cara ini ada efeknya, yaitu tampilan tab bukan lagi grid, melainkan kembali ke tampilan awal berupa tiles list. Padahal dengan tampilan grid di browser chrome update terbaru ini memberikan kesan berbeda, sayangnya harus ikut berubah jika kita mau mematikan fitur "New Tab in Group".

Jika agan sista merasa terganggu dengan fitur "New Tab in Group" di browser chrome android versi terbaru, bisa menggunakan cara di atas untuk mematikannya.

Spoiler for Sumber:


Terima kasih sudah berkunjung di thread ane
Jika berkenan bisa bantu untuk UpVote (Panah ke atas), Share, dan Rate
Dukung ane agar semangat bikin thread, dengan mengunjungi thread ane lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak
kitsugi
viqririatra
Endzoom
Endzoom dan 60 lainnya memberi reputasi
61
9.7K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan