Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

codot.1Avatar border
TS
codot.1
Kajari Kaget, 8 Bulan Ini 70% Kasus di Cilegon terkait Pencabulan Anak


Cilegon - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cilegon, Ely Kusumastuti, mengatakan perkara pidana yang ditangani Kejari Cilegon didominasi kasus kekerasan seksual terhadap anak. Dia mengatakan kasus pencabulan anak jumlahnya mencapai 70 persen.
Jumlah itu diketahui dalam penanganan perkara pidana yang ditangani oleh Kejari Cilegon. Ely menyatakan, selama 8 bulan dirinya menjabat sebagai Kajari Cilegon, kasus terbanyak yang ditangani kejaksaan adalah kejahatan seksual terhadap anak.

"(Selama) Delapan bulan saya di sini kok hampir 70 persen kasusnya susila," kata Ely kepasa wartawan, Jumat (12/3/2021).

Kasus kekerasan seksual terhadap anak selain dilakukan oleh orang dewasa, ada juga yang justru dilakukan anak di bawah umur. Ely mencontohkan, ada kasus yang menimpa seorang korban perempuan di bawah umur di sebuah yayasan di Cilegon. Pelakunya juga anak di bawah umur.

"Contoh kelihatan, dalam satu yayasan sekolah, kakak kelas 'membegitukan' adik jelas, adik kelasnya digilir 3 kakak kelas yang menggilir ini sudah dihukum," ujarnya.

Contoh lain, ada seorang anak di bawah umur yang mendapat kekerasan seksual oleh pamannya sendiri. Dia juga memberi contoh kasus ada seorang anak dicabuli penjaga warung saat orang tuanya menyuruh membelikan gula dan rokok.




"Ada lagi anak kecil disuruh ortunya beli gula atau rokok di warung malah digituin sama tukang warung. Ada lagi, dibegitukan pamannya sendiri, (pamannya) dimintai tolong jaga ponakannya eh digituin sendiri. Bahkan ada bapak tirinya (cabuli anak tiri) dengan ancaman 'awas kalau ngomong sama ibu, dibunuh ibumu'," kata Ely.

Kejahatan seksual terhadap anak menurutnya perlu perhatian khusus dari semua elemen masyarakat terutama pemerintah. Kejahatan seksual, lanjutnya, terlebih terhadap anak jangan dianggap remeh.

"Bagaimana nanti masa depan generasi muda kita, anak-anak kecil sudah menjadi korban kesusilaan, kalau nggak jadi korban orangtuanya, pamannya, tetangganya, gurunya, atau temannya," tuturnya. (jbr/jbr)





cabuler
LI0NmahoHeart
ridonculous
nomorelies
nomorelies dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.1K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan