Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

0wlcelepukkkAvatar border
TS
0wlcelepukkk
GOA JATIJAJAR, PECINTA GOA MASUK
Assalamu alaikum wr.wb, salam sejahtera bagi kaskuser semua, shalom, om swastyastu, namo buddhaya salam kebajikan.

Kali ini ane mau mengexplor tentang obyek wisata di daerah ane gan yaitu obyek wisata gua jatijajar. Gua Jatijajar ini terletak di Desa Jati Jajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Kalau dari kota kebumen kurang lebih 45 menit perjalanan sedang kalau dari kota purwokerto kurang lebih 1 jam perjalanan.


Menurut informasi dari petugas obyek wisata Gua ini ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama jaya. Petani tersebut sedang mencari rumput kemudian jatuh terpelosok lubang atap goa.


Didalam Gua Jatijajar terdapat banyak stalagtit dan Stalagmit yang sangat indah dan menakjubkan ditambah dengan tetesan tetesan air yang menetes melaluli celah celah bebatuan menambah ke exotikan gua ini.


Yang menarik dari Gua Jatijajar ini adalah adanya patung-patungbyang dibuat, menurut keterangan petugas obyek wisata terdapat 32 buah patung yang berada di dalam gua. Patung-patung tersebut keseluruhannya menceritakan tentang legenda seorang Raden Kamandaka atau yang lebih dikenal dengan nama Lutung Kasarung atau banyak cakara (Raden Kamandaka adalah Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran). Jadi dahulu kala Raden Kamandaka melakukan tapa di Gua Jati Jajar ini sehingga dibuatlah patung patung tersebut oleh pihak obyek wisata/ pemerintah.


Didalam gua jatijajar sebenarnya terdapat 7 sungai atau sendang namun yang bisa dicapai dengan mudah hanya y sendang yaitu sendang puser bumi, sendang jombor, sungai mawar dan sungai kantil.

Oya gan di sekitar Gua Jatijajar juga terdapat banyak pedagang jajanan jadi agan tidak usang bingung kalau agan kelaparan ataupun kehausan, selain itu juga ada pasar seni yang menjual beraneka ragam souvenir seperti kerajinan tangan sampai kaos bertuliskan gua jatijajar bisa agan beli disini untuk dijadikan oleh-oleh.


Secara keseluruhan pengelolaan gua jatijajar sudah baik baik itu kebersihan, pelayanan, papan informasi dan fasilitas umum sudah tersedia dengan keadaan yang baik.

Akhir kata ane mengajak agan semua untuk datang ke gua jatijajar. Ane jamin ga kecewa.


Sumber foto ( koleksi pribadi)

Quote:
Diubah oleh 0wlcelepukkk 10-03-2021 22:52
pulaukapok
pulaukapok memberi reputasi
1
893
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan