Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
Serba Serbi Ikan Cupang Dari Perawatan, Pakan Dan Cara Kimpoinya, Kuy Masuk!

sumber
Selamat pagi agan dan sista kaskuser dimanapun kalian berada yang terkeren, terkece dan tersmart sejagad kaskus raya. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan.

Jumpa lagi sama thread ts mamaproduktif. Kali ini ane pengen bahas tentang ikan cupang guna memenuhi event coc freshwater fish.

Berbicara tentang ikan cupang seperti tidak akan pernah ada habisnya. Ikan yang menurut ane sedang naik daun ini mulai banyak digemari masyarakat.

Tidak hanya sebagai pemelihara saja melainkan juga sebagai pembudidaya ikan cupang. Begitupun perkembangannya tidak hanya digemari di kota-kota besar melainkan seperti di kota kecil Klaten ini ada juga pembudidaya ikan cupang.


Dok.pri ikan cupang plakat female

Ts ingat betul saat ane beli ikan cupang Bulan September 2020 di dekat gor kota Klaten awalnya pembeli yang datang hanya ane saja, beberapa saat kemudian saat ane tanya-tanya tentang pemeliharaan ikan cupang mulai banyak berdatangan ke kios tersebut.

Peminat ikan cupangkata ibu penjualnya sangat ramai dua tahun belakangan ini, tidak hanya pria saja wanita pun juga tidak kalah untuk ikut memeliharanya.

Selain disitu penjual ikan hias dan ikan cupang ada di kiri pinggir jalan arah mau ke kecamatan Ngawen jika agan sista dari arah kota.

Peminat ikan cupang memang sudah banyak di Klaten, selain toko offline juga ada toko online seperti di grup facebook pasar ikan cupang klaten memiliki 2 ribu lebih anggota dan cupang klaten bersatu pun hampir sama memiliki 2 ribu anggota lebih.

Layaknya pasar, grup tersebut berisi para petani, penjual dan peminat ikan cupang, tidak hanya ikan saja yang dijual melainkan pakan ikannya juga seperti casut, kutir, daun ketapang dan olahannya, toples dan atau akuarium kecil, sampai serokannya pun ada.
Selain online bisa juga cod antar penjual dan pembelinya tergantung kesepakatan.


Dok.grup facebook cupang klaten bersatu

Harga ikan cupang di pasar online facebook harganya mulai dari rp. 1.000,- loh gansis dan ada juga secara lelang, siapa yang membeli harga tertinggi dialah yang mendapatkan ikannya.

Pemeliharaan ikan cupang menurut ane bisa dibilang gampang dan tidak ribet, beginilah caranya:

1. Memberi makan ikan dua kali sehari pagi dan sore hari

2. Tempat ikan atau soliter ane cuci tiap 3 hari sekali dengan menggunakan air isi ulang atau air mineral karena di rumah ane menggunakan air pam.

Air pam tidak tahan untuk ikan cupang jika langsung digunakan karena ada kaporitnya alhasil ikan bisa mati, namun bisa juga gunakan air pam dengan diendapkan selama 2 hari.

Jika menggunakan air sumur diendapkan terlebih dahulu selama 1 hari.

Air pam dan air sumur dicampur dengan cairan anti jamur dan garam khusus ikan, kalau tidak ada boleh menggunakan garam dapur saja.

Setelah diendapkan gunakanlah air bagian atasnya saja agar tidak terbawa ke dalam soliter.

Kalau gansis rumahnya dekat dengan sumber mata air lebih bagus lagi gunakan sumber mata air langsung.

3. Disimpan di tempat yang agak tinggi agar tidak mudah dijangkau anak-anak karena ikan akan mudah stress.

4. Pakan ikan tidak istimewa hanya beli di kios penjual ikan.

5. Gunakan serokan ikan untuk ikan cupang jika membersihkan akuarium atau toples agar sirip ikan tidak sobek seperti ikan cupang ane emoticon-Hammer2

Jika gansis ingin mendapatkan warna ikan cupang agar segera keluar dan unik maka pemberian pakan ikan sangatlah berpengaruh yaitu dengan memberikan udang, cacing, kuning telur yang sudah direbus dan kutu air.


Dok.grup facebook cupang klaten bersatu

Keempat pakan tersebut memiliki kandungan protein tinggi sehingga bisa berperan dalam pembentukan warna terkhusus untuk ikan cupang hias. Selain itu, bisa dengan memberikan daun ketapang selama 1 minggu.

Setelah dirasa ikannya cukup umur yaitu (diatas 6 bulan dan dibawah 14 bulan) maka bisa dikimpoikan loh :
1. Pastikan ikan cupang female sudah siap kimpoi yaitu memiliki telur (ciri perut gendut dekat sirip)
Sudah tahu kan cara bedakan ikan cupang male atau female? Nah, kalau belum gansis bisa cek di thread ane [COCupang]Cara Membedakan Kelamin Ikan Cupang dan Karakter Uniknya

Dok.pri ikan cupang serit male

2. Masukkan ikan cupang male ke dalam ember atau bak, ikan cupang female ke dalam botol atau plastik yang transparan gunanya untuk perkenalan terlebih dahulu lalu ditutup disimpan di tempat gelap.

3. Keesokan harinya beri makan ikan dan keluarkan ikan betina dari botol, biarkan satu ember bersama dan tutup kembali dan disimpan di tempat yang gelap agar ikan kimpoi dan tidak stress dengan cahaya.

Jika ada gelembung-gelembung pada ikan cupang male dan ikan cupang female ada garis putih vertikal itu artinya mereka saling tertarik.

sumber

4. Ikan cupang female akan mengeluarkan telur dari ovipopisitor sampai telur habis dan akan diambil oleh ikan cupang male lalu dibawa ke atas sarang gelembung.

5. Ikan cupang female ikut membantu, namun terkadang malah sebaliknya telur yang dikeluarkan dimakan, sehingga lebih baik ikan cupang female di pisahkan saja.

6. Setelah telurnya berada di atas gelembung semua, ikan cupang male boleh diambil.

7. Lalu keluarlah burayak atau anak ikan, jangan lupa dikasih makan kutu air.

Sekian dulu thread ane tentang ikan cupang, semoga bermanfaat bagi kaskuser semua. Jika ada tulisan ts di atas ada yang kurang mohon didiskusikan di kolom komentar. Sekian terimakasih.

Penulis: @mamaproduktif
Opini pribadi
Gambar dokpri dan referensi
Referensi lainnya grup facebook cupang Klaten bersatu, dimarih, dimarih, dimarih,dimarih, dimarih
Diubah oleh mamaproduktif 10-03-2021 07:03
Rainbow555
ika775
drenvrstp
drenvrstp dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan