Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IndriaandrianAvatar border
TS
Indriaandrian
Bagaimana Memberikan Hadiah Kejutan Untuk Anak?
Jadikan Kado Sebagai Kejutan Bermakna Untuk Si Kecil


Mendapat kejutan berupa hadiah yang diinginkan tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan terutama untuk anak-anak bunsis. Selain membuat anak bahagia, kejutan juga bisa menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan kita dengan anak.

Memberikan hadiah untuk anak mungkin biasa dan seringkali kita lakukan, tapi cara memberikannya sebagai surpriseatau kejutan tentu akan menjadi kesan yang tak biasa bahkan bisa jadi luarbiasa bagi anak.

Untuk memberikan efek hadiah menjadi suatu kejutan yang menyenangkan pertama, kita harus memberikan sesuatu yang dibutuhkan dan yang benar-benar merka sukai agar, tidak jadi hadiah yang membosankan dan hanya dinikmati sekedarnya. Selain itu peran dari keluarga tentu akan membuat lebih menyenangkan, berkumpulnya keluarga saat hadiah diberikan tentu akan menambah rasa suka cita si anak.

Untuk memberikan/memilih hadiah kejutan yang pas untuk anak kita tidak boleh sekedar membelikan sesuai selera kita saja, tapi harus memperhatikan beberapa aspek berikut.


Kado yang diinginkan



Seringkali orangtua memberikan hadiah/kado berdasar ketertarikan orangtua pada sesuatu benda tanpa berkonsultasi dengan anak, akibatnya bisa jadi anak merasa kado/hadiah tersebut tidak cocok untuknya. Niat untuk memberikaan kejutan menyenangkan justru melahirkan kekecewaan.

Namun untuk mengajak anak langsung memilih dan membeli hadiah tentu akan menghilangkan efek dari "kejutan" yang kita inginkan, niat memberi hadiah kejutan akan menjadi hadiah biasa.

Berkonsultasi/mencari tahu hadiah yang diinginkan anak dapat kita lakukan dengan diam-diam. Saat sedang santai mengobrol dengan anak, menonton televisi atau membuka internet atau membaca majalah coba ajukan pertanyaan bernada iseng tentang mainan atau barang apa yang dia inginkan, setelah dia menjawab alihkan pembicaraan sehingga dia tidak menyadari kita sedang menyelidikinya. Atau bisa juga tanyakan pada saudara, teman atau orang-orang yang termasuk dekat dengan anak.

Bila cara di atas masih belum bisa mendapatkan hadiah yang cocok, sesuaikan saja dengan kebutuhan, karakter atau kesukaan anak. Misalkan dia penyuka berat Frozen, bisa jadi hadiah dengan gambar karakter frozen akan membuatnya senang.


Kado yang sesuai



Usia anak juga berperan dalam pilihan kado yang disukainya, sesuaikan hadiah dengan usia anak. Kesukaan si remaja tentu berbeda dengan anak yang usianya lebih muda.
Untuk anak-anak yang lebih kecil biasanya lebih menyukai mainan dan benda-benda dengan banyak gambar dan warna, selain itu semakin besar kado akan lebih menarik dan menggembirakan mereka.

Sementara untuk anak-anak yang lebih besar kebanyakan mereka lebih menyukai aksesoris dan perlengkapan yang menunjang mode dan kegemaran mereka, seperti pakaian, sepatu, buku, alat musik dan lain-lain. Kita juga bisa memperhatikan kebutuhan dan tren yang sedang update saat ini dengan tetap mempertimbangkan minat anak.

Setelah hadiah didapat, ada hal lain yang perlu diperhatikan nih. Jadikan hadiah/kado kejutan itu menjadi lebih bermakna dengan menjelaskan makna hadiah itu untuk anak. Misal kita memberikan buku atau sepeda, jelaskan bahwa hadiah itu kita berikan karena selama ini dia sudah rajin di rumah, rajin ibadah atau karena nilainya baik di sekolah, biarkan dia merasa dihargai melalui hadiah yang didapatkannya.

Demikian mengenai hadiah kejutan untuk anak, jadi tidak hanya saat ulangtahun, kapanpun hadiah kejutan dapat diberikan pada anak. Jadikan kejutan-kejutan yang mereka terima jadi salah satu kenangan indah untuk masa kecil mereka.


Terimakasih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


sumber : pendapat pribadi
sumber illustrasi :
ilustrasi 1
ilustrasi 2
ilustrasi 3
Harlequinz
Richy211
cheria021
cheria021 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan