Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sherina248Avatar border
TS
sherina248
Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Sebagai Eco Enzym
    Saat ini sampah menjadi masalah terhadap lingkungan, karena semakin hari limbah sampah membuat semakin menumpuk, jika tidak segera di tanggulangi maka akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Maka dari itu di butuhkan suatu cara agar mengatasi bertambahnya sampah yaitu dengan memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk yang dinamakan Eco enzym. Pada tahun 1980- an eco enzym di kembangkan pertama kali oleh Dr. Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri asosiasi pertanian organik di Thailand. Eco enzym merupakan cara untuk mengubah sampah organik, sampah rumah tangga menjadi cairan yang memiliki banyak manfaat.
Eco enzymmerupakan pemanfaatan limbah dapur baik sayur, buah dan lain-lain yang diolah dengan menggunakan fermentasi sisa oeganik, gula dan air, kemudian bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga (sabun cuci piring, pembersih lantai, membersihkan funitur), pupuk tanaman yang bisa membantu menyuburkan tanah dan tanaman dengan menggunakan ampas dari sisa ee. Disamping itu ee juga dapat digunaan untuk mengusir serangga pengganggu.

Eco enzymini bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu dengan memanfaatkan limbah dapur yang ada dirumah. Dengan menyiapkan 500 ml air 50 gram gua merah 150 gram sisa sampah dapur seperti kulit buah apel, jeruh, nanas, pir, semangka dan lain lain. Berikut cara membuat eco enzym:

1. siapkan wadah seperti botol bekas, ember yang bisa ditutup.

2. kemudian campur potong sisa kulit buah, air gula merah dan dimasukkan ke dalam botol

3. simpan di tempat yang sejuk dan biarkan selama 3 bulan, kemudian budi buka sesekali 2 minggu sekali, kemudian akan mengahsilakan gas dari hasil frementasi.

4. setelah 3 bulan, saring eco enzymmenggunakan saringan

5. eco enzymsiap digunakan

Dengan memanfaatkan limbah sampah dengan baik maka akan sangat membantu melindungi bumi dan juga kehidupan dan juga bisa menggantikan bahan kimia dari industri. Bahan dalam membuat juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Pembuatan eco enzym bisa dilakukan sebagai kegiatan bersama di masyarakat dengan mengajak mereka agar menjadi lebih peduli dan memanfaatkan sampah rumah tangga.
0
362
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan