Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hadaheniAvatar border
TS
hadaheni
Perawatan Rambut Beruban dengan Kebiasaan Sederhana
Buletinsehat.com - Perawatan rambut beruban sebaiknya diperhatikan secara khusus karena tentunya akan membutuhkan tips yang berbeda dibanding perawatan rambut yang tidak beruban. Munculnya uban pada rambut umumnya disebabkan karena faktor penuaan pada seseorang. Akan tetapi banyak pula pemicu lainnya yang menyebabkan rambut beruban selain karena faktor usia.

Perawatan Rambut Beruban dengan Kebiasaan Sederhana

Pada beberapa kasus dapat dijumpai seseorang dengan rambut beruban di usia muda yang ternyata disebabkan oleh keturunan/ genetik. Rambut putih bisa juga dipicu oleh stres berlebihan yang dialami seseorang sehingga produksi pigmen rambut berkurang. Kebiasaan buruk seperti hobi merokok pun diyakini dapat memicu timbulnya uban pada rambut karena kandungan zat-zat kimia pada rokok tersebut.

Selain itu gaya hidup yang tidak sehat secara berkelanjutan juga bisa menimbulkan uban bahkan di usia muda sekalipun. Berbagai faktor pemicu tersebut sudah semestinya membutuhkan perawatan rambut beruban yang tepat dan efektif agar masalah rambut putih tidak lagi mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda.

Begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan, namun baiknya pilihlah metode alami dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Kemudian yang tidak kalah penting adalah pemanfaatan bahan-bahan alami untuk merawat rambut.

Kebiasaan Mudah untuk Perawatan Rambut Beruban

Cintailah warna alami rambut Anda dan jangan terlalu sering melakukan kebiasaan mewarnai rambut hanya untuk mengejar gaya sesaat. Kandungan bahan kimia pada pewarna rambut akan berperan negatif dengan merusak pigmen rambut. Jika memang ingin mewarnai rambut pilihlah pewarna dari bahan alami yang tidak berefek buruk pada keindahan rambut Anda.

Kebiasaan sederhana yang kedua yaitu jagalah kebersihan kulit kepala Anda. Pastikan bahwa rambut Anda terhindar dari masalah ketombe karena hal ini terbukti menimbulkan uban. Untuk mencegah datangnya ketombe, Anda bisa memanfaatkan kandungan alami pada perasan jeruk lemon.

Selanjutnya lakukanlah pemijatan pada rambut dengan menggunakan minyak kelapa atau kemiri. Hal ini bertujuan agar rambut tetap kuat sekaligus memberikan rasa nyaman dan ketenangan di kulit kepala.

Di antara jenis bahan alami yang bisa Anda manfaatkan ialah daun teh dan minyak kemiri. Bisa juga biji buah pepaya yang telah dipercaya berkhasiat untuk rambut beruban dari zaman dulu. Caranya sangrai biji pepaya lalu tumbuk hingga halus dan tambahkan minyak kelapa. Oleskan ke semua sisi rambut secara rutin seminggu sekali sebagai perawatan rambut beruban.

sumber: buletinsehat.com
0
1.2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan