Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JulidHatiAvatar border
TS
JulidHati
[ASK] Apa Kabar Pelaku UKM di Era Pandemi?
Selamat datang di thread ala kadarnya yang dibuat secara kilat ini. Kali ini tak bermaksud julid tau ngejulitin ya, semoga thread ini bisa menjadi wadah berbagai pengalaman, dan bisa menjadi sumber referensi bagi Kaskuser lainnya. 

Alkisah, cerita ini ane awali dengan ngopi santai di siang bolong hari ini, Rabu (3/3) di sebuah teras rumah yang lengkap sudah mendapat perlindungan dari Kanopi Baja Ringan. Setelah sekian lama jarang bertemu, obrolan itu pun dibuka dengan saling bertanya kabar satu sama lain. Bertukar cerita dan pengalaman selama pandemi, dengan soundtrack samar-samar suara teriakan dari tetangga sebelah yang sedang ngobrolin sebuah sinetron hits terbaru di televisi. 

Sebatang rokok pun sudah terbakar habis, dan barulah suguhan kopi hitam nan kental pun dikeluarkan oleh tuan rumah. Seketika itu pula obrolan kami berdua pun sudah merujuk ke pekerjaan masing-masing. Dia adalah teman sebaya, teman sekolah (SMA), dan teman semasa kecil yang kini memang sudah memilih untuk berdomisili di tanah rantau. 


Photo by Akshar Dave  from Pexels

Sesaat kemudian teman ane ini mengutarakan apa yang terjadi pada dirinya, bahwasanya ia kini berstatus pengangguran setelah ia kini tak bekerja lagi atas karena suatu alasan. Obrolan itu pun berlanjut dengan satu langkah ke depan mengenai rencana apa yang akan beliau lakukan. Dari obrolan itu pun diantara kami terbesit dua kata, yakni "Usaha Sendiri". Oh ya, dalam hati ini mengira mungkin beliau memang sudah tak mau lagi kerja dengan orang lain, dan sepertinya beliau ingin memulai berdikari dengan membuka usaha. 

Kemudian obrolan pun berlanjut dengan membahas seputar teman dari lingkaran pertemanan diantara kami berdua yang memang hidup dengan usaha sendiri. Dari si A yang buka toko sembako, kemudian Si B yang jualan baju di ranah online, sampai dengan Si Z yang buka bengkel, lengkap menjual aksesoris dan suku cadang. Namun dari obrolan itu pun sepertinya belum tampak, usaha apa yang teman ane ini ingin jalani. 


Quote:



Jujur, ane sendiri memang tak memiliki pengalaman dalam hal usaha, jadi dalam obrolan siang bolong tadi pun ane tak bisa memberikan solusi maupun saran bagi beliau. 

Berangkat dari hal ini, pengin banget nih mengajak kaskuser untuk berbagi dan belajar menerawang, kira-kira usaha apa yang memang menjanjikan di era pandemi seperti sekarang ini?

Ane yakin sekali, dimari pasti banyak Kaskuser yang memang membuka usaha sendiri, dan mungkin pengalaman atau cerita kalian bisa berikan insight, sekaligus sumber inspirasi bagi teman ane yang baru ingin memulai usaha. 

Sebelum dan sesudahnya, terima kasih kepada kaskuser yang sudi mampir, dan terima kasih banget bagi agan yang mau bagikan pengalamannya. Akhir kata, ane tutup dengan terima kasih lagi, dan semoga agan sista semua tetap dalam keadaan sehat, usaha lancar, dan rejeki berlimpah.... Amin... emoticon-Shakehand2
yeduoka
wincdma
wincdma dan yeduoka memberi reputasi
0
882
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan