Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nordianservicesAvatar border
TS
nordianservices
Biaya Servis Motor Yamaha yang Turun Mesin | Nordianservices




Udah pasti namanya mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga perlu diamini untuk ente para pengguna motor yang malas servis ataupun sekadar ganti oli secara rutin emoticon-Big Grin . Sebab jika tidak dirawat dengan baik, mesin akan cepat rusak hingga akhirnya membutuhkan biaya pengobatan yang mahal. Yang tadinya servis rutin cuma butuh puluhan ribu, kalau motor udah sakit sampai harus turun mesin harus habis uang jutaan rupiah emoticon-fuck2



Bicara tentang turun mesin, banyak hal yang dapat menyebabkan motor mengalami kerusakan sampai harus turun mesin. Namun tetap saja kerusakan ini harus disalahkan pada pengguna motor sebab telah lalai merawat motornya. Gak mau tau pokonya salah ente aja wkwk emoticon-Big Grin 

Kelalaian apa sajakah itu?


Mari kita buka dosa satu per satu, haha! Pertama, telat ganti oli sampai kehabisan oli mesin. Kedua, tidak pernah melakukan servis besar. Ketiga, salah dalam cara menggunakan motor. Keempat, memaksa cc atau kecepatan dinaikan dengan tune up dan bore up mesin. Dan kelima, lalai memperhatikan air radiator sebagai cairan pendinginnya. Padahal air radiator ini sangat berguna untuk menjaga mesin tetap dingin. Sebab jika air radiator habis maka mesin akan cepat overheat dan akhirnya seher mengunci atau ngejim.


Sekilas Biaya Servis Motor 
yang Turun Mesin





Biayanya tentu tidak murah gan karena dalam proses pengerjaannya pun harus dengan orang yang berkompeten. Belum lagi pasti ada sparepart mesin yang harus diganti. 


Untuk semua jenis motor Yamaha di bengkel resmi, servis besar hingga turun mesin dihargai dengan Rp150 ribu untuk biaya jasanya saja (tergantung lokasi dan bengkelnya ya). Biaya ini belum ditambah sparepart yang harus diganti. Namun jika piston, gasket top set, skir klep, korter harus diganti, maka bisa-bisa agan harus siap uang sekitar 600-700 ribu rupiah.


Sebenarnya mungkin nggak setiap permasalahan harus bongkar dan turun mesin, namun bila ada tanda-tanda berikut pada motor agan, maka mesti siap-siap nih!


Tanda-tanda asmara dari motor agan




Asap motor berwarna putih
Ini hal yang sering terjadi di kendaraan motor jika keadaan dalam mesin sudah parah. Keluarnya asap putih diakibatkan karena oli ikut terbakar di ruang bakar mesin. Kalau hal ini sudah terjadi sebaiknya segera bawa ke bengkel atau sebelum itu. Atau jika sanggup agan dapat membongkar mesin terlebih dahulu untuk menjaga komponen motor yang masih bagus dan bisa diselamatkan.


Motor susah dihidupkan
Selain asap motor berwarna putih, motor yang susah dihidupkan juga diakibatkan karena oli mesin naik ke ruang pembakaran, sehingga busi menjadi basah karena tercampur dengan oli.


Busi Cepat Mati
Hal lain yang dapat menjadi pertanda mesin harus turun mesin adalah busi cepat mati. Busi cepat mati ini salah satunya akibat dari pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan oli.


Suara Mesin Kasar
Beruntut dengan 2 poin di atas, suara mesin kasar juga biasanya terjadi bila kondisi mesin sudah parah. Diantaranya adalah karena oli mesin sudah berkurang dari batas wajar, bahkan mungkin benar-benar habis.


Tidak Bertenaga
Gimana jadinya kalau agan disuruh kerja terus tapi ga dikasih makan selama tiga hari, lemes kan? emoticon-Frown  Begitu juga dengan motor agan. Motor yang tidak bertenaga sering diakibatkan karena seher atau ring seher lemah atau blok baret sehingga kompresi motor bocor atau ngempos. Akhirnya motor jadi tidak bekerja secara maksimal.


Itulah tanda-tanda yang harus diwaspadai sebagai persiapan apakah mesin motor Anda harus turun mesin atau tidak. Jika sungguh benar terjadi, maka harus siap dihadapi karena turun mesin bukanlah akhir dari kehidupan motor Anda. Kecuali jika masih ada masalah setelah turun mesin ya.


Biaya Servis Motor Yamaha


yang Turun Mesin 




Seperti yang sudah disinggung di atas, ada sejumlah uang yang harus disiapkan jika Anda harus turun mesin di bengkel, baik di bengkel resmi ataupun bengkel umum. Namun ada kabar-kabar yang menyebut kalau turun mesin tidak perlu di bengkel resmi emoticon-Gila. Tidak lain karena di bengkel resmi tidak menjamin keberhasilannya. Namun pilihan tetap di tangan agan.


Biaya yang dikeluarkan dalam servis besar hingga turun mesin beragam, tergantung dari pengerjaannya. Untuk bongkar mesin atas dibutuhkan biayanya sekitar 700 ribu, yakni untuk mengganti piston, gasket top set, skir klep, korter, noken as, serta bongkar mesinnya. Bongkar mesin atas ini dilakukan jika ada kebocoran kompresi, piston aus dan noken rusak.


Sementara itu, bongkar mesin seluruhnya dilakukan jika ada kerusakan di bagian stang seher dan bearing connecting yang rusak. Part yang diganti adalah part bongkar mesin atas dan ditambah dengan stang seher dan bearing kruk as. Untuk biayanya bisa mencapai 1 jutaan.


======
Beberapa komentar yang TS temukan di forum, menyebut harga yang cukup variatif:



Ajoy
1 Agustus 2019
Pengalaman Saya memakai Mio Soul dan turun mesin itu sekitar 1,5jt.an lah gan untuk mengganti part" yg rusak dan untuk jasa, itu tergantung dari bengkel.a sendiri gan.


Muhamad Madhani
31 Juli 2019
Pengalaman saya pas turun mesin motor saya mio j saya ganti blok pisto, piston, sama seal klep abis sekitar 900rb, nah saya sama suara mesin berisik karna piston nya baret sama blok nya juga, nah kalo ngebul dari seal klep nya udah bocor makanya keluar asap karna oli masuk ke ruang bakar dan ke bakar makanya jadi keluar asap.


Hendrik Lui CE
9 Mei 2019
Pernah saya yamaha Vega ZR turun mesin belah semua hampir satu 1 jutaan..bener kata yg lain tergantung om bengkelnya ngasih jasa brp..klo saya liat part Yamaha cukup murah/ terjangkau paling klo blanja sendiri abis 700


Aldrich Rafardhan
30 Januari 2018
Kemaren punya adek saya Yamaha Mio 2008 habis sekitar 1 jutaan. Ganti Ring Piston, piston up 100, dll di tambah ganti aki sekalian. Jika belum rusak stang piston nya masih agak kurah. Jika san sampai stang nya banyak.


Abdul Apip
9 Juli 2018
600ribuan kalo di di bengkel resmi sih, pernah temen gue sampe macet mesin nya gara-gara ke habisan oli, dan kena 600 rebu di daeler resmi yamaha, untuk mio soul

======


Pada dasarnya servis besar memang harus dilakukan dalam waktu tertentu. Jika motor Honda membutuhkan 60.000 km untuk servis besar, ada kabar yang menyebut bahwa Yamaha membutuhkan 25.000 km untuk diservis besar-besaran. Namun tetap saja jangan abaikan tanda-tanda sekecil apapun pada motor agan sebelum bertambah parah. Mengenai pemilihan bengkel resmi atau bengkel umum, tergantung pada pilihan agan sendiri. Mungkin agan ada pengalaman bole diceritain di sini emoticon-Embarrassment Atau agan dapat mencoba Servis motor tanpa bongkar mesin di Planet Ban. Servis ini merupakan servis yang menggunakan cairan clean up dan tune up yang dapat membersihkan motor agan tanpa harus bongkar motor. Biayanya cukup sekitar 80 ribuan.

Demikian ulasan lengkap mengenai Biaya Servis Motor Yamaha yang Turun Mesin. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumur: Biaya Servis Motor Yamaha yang Turun Mesin


Diubah oleh nordianservices 05-09-2019 11:34
nona212
WarTotem
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
62K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan