Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riandyogaAvatar border
TS
riandyoga
Berantas Bibit Hubungan Toksik Satu Ini Dengan Stalking
Hai Gan sis!! Apakah kamu pernah dengar istilah "Toxic Relationship" atau Hubungan Toksis atau hubungan beracun? Saya sendiri sebelumnya sudah pernah mendengar istilah ini. Namun baru belakangan ini saja secara khusus browsing istilah kata yang belakangan selama Pandemi Covid-19 semakin trending.

Quote:


Itulah yang mendorong saya membahasnya di thread ini. Selama Pandemi orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah. Jadi lebih banyak waktu berinteraksi dengan keluarga, teman dan pasangan. Dan kamu tahukah apa yang terjadi, seperti kata pepatah:"jauh bau harum, dekat bau bangke".


Singkatnya Toxic Relationship ini sesuai namanya, racun. Artinya sebuah hubungan yang gak sehat. Sebab dalam hubungan tersebut merugikan satu pihak dan menguntungkan pihak lainnya. Saya gak tahu persisnya seperti apa. Tapi yang jelas saya menyakini dalam suatu hubungan itu harus memberi manfaat di kedua belah pihak. Minimal jangan sampai merugikan salah satu pihak.


Sejauh yang saya tahu, ciri-ciri hubungan beracun itu salah satunya kebohongan. Dari sini saya punya pengamatan sendiri yang akan saya ceritakan sekarang. Saya akan menyebutnya sebagai "bibit hubungan Toksik".


Setelah tahu apa itu hubungan Toksik, saya jadi paham dan sadar, bahwa disekitar saya kerap ditemukan apa yang saya sebut bibit hubungan Toksik. Sebuah kebohongan yang digunakan untuk menjalin hubungan baru dengan orang lain.


Misalnya orang-orang yang sering berbohong tentang masa lalunya dan mengeluhkannya pada orang lain. Sering menceritakan keburukan mantan pada gebetan atau pacar barunya. Guna menarik simpati gebetannya.


Padahal yang diceritakan itu tidak benar. Dan gak sedikit orang-orang yang sering mengeluhkan pasangannya pada orang lain, justru kenyataannya hubungan asmaranya baik-baik saja. Bisa saja hal ini jadi pintu perselingkuhan jika keluhan-keluhan tersebut diceritakan pada lawan jenis yang bukan pasangannya.


Hubungan begini benar-benar toksik, menurut saya. Berhubungan sama orang-orang begini memang sangat menyebalkan. Selain menjual kesedihan, juga suka mengadu domba.


Bayangkan saja, kita sudah bersimpati pada orang tersebut karena masa lalunya. Eh tahunya dirinya baik-baik saja bahkan bahagia sama pasangannya.


Dan hubungan toksik seperti ini tidak hanya terjadi pada hubungan asmara saja. Dalam pertemanan, tetangga hingga keluarga juga sering terjadi. Dimana saat dekat dengan Si A, maka Si B menjelekkan-jelekan Si C. Begitupun ketika Si B dekat dengan Si C, maka Si A yang perburuk citranya. Tipe-tipe begini memang racun banget.


Jika sudah begini, saya punya solusinya. Stalking aja bos!! Ini saya cerita sesuai pengalaman sendiri. Btw, GanSis bisa baca thread saya lainnya tentang Stalking disini.


Saya pernah berhadapan dengan orang seperti itu. Persis sama seperti yang saya ceritakan diatas. Sesuatu yang saya sebut bibit hubungan toksik. Orang tersebut mengatakan hidupnya begini dan begitu. Tidak bahagia dengan hubungannya yang lalu. Tapi begitu di stalk, ketahuan bohongnya.


Mungkin ini sisi baik dari digitalisasi, era keterbukaan informasi dan stalking yang selama ini dianggap jelek, tapi ada kalanya stalking juga berguna.


Jadi saat ada orang baru mengatakan ini dan itu, mengapa tidak untuk kita coba mencari tahu di internet. Toh kalau lamaran kerja juga di cek jejak digitalnya.


Hubungan toksik itu benar-benar sangat menyebalkan. Jika sudah terperangkap, sulit untuk keluar dari lingkarannya. Jadi kenali bibit-bibit kebohongan hubungan toksik sejak, berantas dengan stalking.


Mungkin ini memang gak etis. Tapi saya berpegang pada prinsip, jika datang suatu kabar padamu. Maka jangan langsung percaya. Usahakan untuk cari tahu kebenarannya. Jika pada akhirnya kecewa itu tetap datang, setidaknya saya sudah usaha.

Rianda Prayoga
Binjai, 18 Februari 2021
Diubah oleh riandyoga 18-02-2021 13:20
kudanil.la
tien212700
makgendhis
makgendhis dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan