DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
6 Benda yang Biasanya Kita Bawa Waktu Kerja Bakti di Sekolah Dasar, GanSist Bawa Apa?
Kaskus DeYudi69 -Apa yang menjadi salah satu kenangan Gan-Sist yang masih diingat sampai sekarang waktu masih duduk di bangku sekolah dasar?

Senam pagi sebelum masuk kelas kah? Atau dihukum lari keliling lapangan karena terlambat masuk sekolah?

Semua itu sudah pernah ane rasain Gan-Sist wkwkwk. Tapi ada beberapa kegiatan yang masih ane ingat sampai sekarang selain yang ane sebutkan di atas tadi. Yaitu waktu piket atau kerja bakti di sekolah. Tau kan ya kalau ada kerja bakti di sekolah biasanya menjelang liburan kenaikan kelas, atau pun sewaktu akan diadakannya sebuah perlombaan dalam rangka hari ulang tahun sekolah dan sebagainya.

Kalau kerja bakti sewaktu sekolah dasar biasanya berikut ini beberapa benda yang sering di bawa ke sekolah :

1. Ember Kecil


sumber gambar

Jaman ane SD ember ini masih sangat banyak diburu untuk dibawa ke sekolah Gan-Sist, biasanya yang membawa ember akan mendapat tugas memunguti sampah di areal sekolah, atau pun menyiram rumput dan tanaman di halaman sekolah.

2. Sapu Lidi


sumber gambar

Ya sudah pasti, membawa sapu lidi buat nyapuin semua sampah yang ada di sekolah, biasanya tempat yang paling banyak sampahnya itu ya di areal kantin wkwkw.

3. Amplas


sumber gambar

Kalau yang ini sudah pasti buat ngamplas meja dan dinding sekolah yang penuh dengan coretan spidol atau pulpen dari para kakak kelas sebelumnya yang sudah menjadi alumni. Coretan-coretan ini sih biasanya sekitaran nama panggilan, nama ejekan, contekan soal ujian, atau pun misal kata Joni love Ani. Wkwkw ....

4. Kapi


sumber gambar

Nah, kalau kapi juga sama dibawa buat ngebersihin coretan pada meja dan tembok, selain itu biasanya dipakai juga buat bersihin kotoran yang menempel pada ubin di ruangan kelas.

5. Cat


sumber gambar

Nah, kalau yang ini biasanya bukan dibawa sendiri-sendiri karena harganya mayan mahal. Cat kayu dan cat tembok buat nutupin bekas kena amplas ini biasanya dibeli dari uang iuran para siswa.

Kegiatan ini mengajarkan ane dan teman-teman ane dulu supaya peduli terhadap lingkungan, agar memiliki rasa tanggung jawab juga.

Tapi nyatanya mendekati ujian sekolah atau pun setelah lulus sekolah, meja dan tembok bakalan dipenuhi lagi sama beraneka ekspresi dalam wujud coretan wkwkw, termasuk juga cap dari hak sepatu pada dinding kelas.

6. Lap Kaca dan Lap Pel


sumber gambar

Seperti namanya memang benda ini disuruh membawa dari rumah sama Bapak - Ibu Guru buat ngelap kaca jendela kelas dan ngepel lantai.

Jujur, ane sangat merindukan masa-masa SD dulu, suatu saat mungkin ane bakalan berkunjung mulai dari sekolah dasar, ke sekolah ane waktu SMP dan juga SMK.

Nah, satu lagi ni Gan-Sist, kegiatan yang juga paling ane ingat waktu SD, yaitu mencuri kapur tulis di sekolah, yang mana nantinya kapur ini di rumah, ane pakai untuk membuat gambar arena bermain engklek atau di daerah ane disebut dengan main dengkleng wkwkw ...


sumber gambar

Sepertinya sekarang papan dengan kapur tulis sudah ditinggalkan ya, karena tidak baik bagi kesehatan, remahan kapur bisa berbahaya bagi kesehatan organ pernapasan kita. Sekarang sudah lebih canggih, dengan papan spidol, atau pun menggunakan LCD Projektor.

Makasi sudah membaca thread ane, mohon maaf apabila ada salah kata, sampai jumpa lagi pada thread selanjutnya.

Baca juga : 7 Jenis Kerajinan Tangan Ini Pernah Diajarkan di Sekolah Dasar, Punyamu Yang Mana?

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh DeYudi69 20-02-2021 22:30
orgbekasi67
andrerain5
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan