tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
6 Negara yang Dihapus dari Peta Dunia, Apa Alasannya???

               6 Negara yang Dihapus dari Peta Dunia, Apa Alasannya???

Percaya atau tidak, ada beberapa negara yang pernah dihapus dari gambar peta dunia .
Apa alasannya?
Sebagian besar karena perang, modifikasi topografi, hingga perubahan iklim. Lalu, negara mana saja sih yang dihapus dari peta?
Berikut 6 negara yang dihapus dari peta dunia.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

#1 NEUTRAL MORESNET emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Moresnet didirikan pada tahun 1816 di bawah pemerintahan Inggris. Selama perang dunia 1, tanah Moresnet seluas satu mil persegi disita oleh Jerman. Setelah perang, Jerman dipaksa untuk meninggalkan Belgia dan Moresnet.
Moresnet dinyatakan sebagai bagian dari Belgia dengan perjanjian Versailles pada tahun 1919, bersama dengan kota Eupen dan Malmedy. Sekarang Moresnet berubah nama jadi kota Kelmis.

#2 VIETNAM SELATAN emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Vietnam dibagi menjadi dua bagian pada tahun 1954, yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Pembagian tersebut didasari Perjanjian Jenewa setelah sekutu berhasil mengalahkan Prancis yang saat itu menjajah Vietnam.
Vietnam Utara dan Vietnam Selatan kemudian berperang dari tahun 1957-1975. Perang ini merupakan bagian dari perang dingin antara dua kubu ideologi besar, yaitu komunis dan SEATO.
Republik Vietnam atau Vietnam Selatan merupakan negara yang mendapat bantuan total dari Amerika serikat, Korea Selatan, Thailand, Selandia Baru dan Filipina.
Karena perang berkepanjangan, akhirnya warga Vietnam Selatan dan Vietnam utara melakukan eksodus besar-besaran ke negara lain termasuk ke Amerika serikat.
Setelah berperang lama, akhirnya vietnam utara dan Vietnam Selatan bersatu. 

#3 JERMAN TIMUR emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Sejak perang dunia II berakhir, Jerman terbagi menajdi 4 zona kekuasaan. Yaitu zona milik Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Uni Soviet. Tapi akhirnya, zona-zona tersebut mengerucut menjadi 2 zona, yaiutu zona barat yang dikuasai Amerika Serikat dan zona timur yang dikuasai Uni Soviet.
Pada tahun 1952, Jerman Timur menutup perbatasan dengan barat, dan 9 tahun kemudian, tembok Berlin dibangun oleh Republik Demokratik Jerman dengan tujuan untuk mencegah ekonomi kalah bersaing dengan Amerika Serikat dan sekutu. Tapi cara tersebut malah membuat perekonomian jerman Timur krisis.
Pada November 1989, Uni Soviet mengubah haluan Jerman Timur untuk bersatu dengan Jerman Barat.
Hingga pada akhirnya, tembok Berlin dihancurkan oleh pemerintahan Jerman Timur.

#4 YUGOSLAVIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Yugoslavia pernah menjadi negara besar di dunia. Negara yang terletak di wilayah Balkan Eropa ini berdiri dari 1918-2003.
Yugoslavia pernah mengalami perubahan pemerintahan. Awalnya berbentuk kerajaan dan akhirnya menjadi sebuah republik. Perubahan tersebut karena invasi dari nazi.
Pada awal 1990, konflik internal terjadi di negara ini. Nasionalisme kedaerahan menimbulkan perang saudara. Negara ini akhirnya pecah menjadi 6 bagian negara berdaulat, yaitu Slovenia, Kroasia, Bosnia, Serbia, Macedonia, dan Montenegro.

#5 UNI SOVIET  emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Pada tahun 1922-1991 sejarah dunia mencatat, terdapat satu negara adidaya yang memimpin blok timur, yaitu Uni Soviet.
Kekuatan Soviet sangat menakutan, Soviet merupakan negara terluas di dunia. Selain itu negara ini penggagas sistem politik satu partai, yaitu Partai Komunis.
Uni Soviet berdiri karena runtuhnya kekaisaran Rusia pada tahun 1917.
Pada 30 Desember 1922, Uni Soviet resmi didirikan.
Selama eksis di muka bumi, soviet terlibat perang dingin dengan Amerika Serikat dan blok barat.
Pada akhir 1980-an, sistem komunis yang dipakai soviet menyebabkan banyak masalah, dan membuat tokoh berpengaruh Boris Yeltsin mundur dari Partai komunis Uni Soviet.
Pada Desember 1991, Uni Soviet dibubarkan setelah pengunduran diri Presiden Mikhail Gorbachev. Uni Soviet saat ini terpecah menjadi 15 negara berdaulat.

#6 SIKKIM emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Kamu mungkin belum pernah mendengar negara ini. Sikkim merupakan sebuah negara yang terletak aman di Pegunungan Himalaya, dan terhimpit India dan Tibet China.
Sikkim adalah negara monarki kecil yang berhasil bertahan hingga abad kedua puluh, sebelum akhirnya menyadari bahwa tidak ada alasan yang sangat baik untuk menjadi mandiri. Hingga akhirnya, sikkim memutuskan untuk bergabung dengan India Modern pada tahun 1975.


Itulah gaiss, 6 negara yang dihapus dari peta dunia. Kalau kamu ada info menarik lainnya, kamu boleh share di kolom comment, semoga bermanfaat and bye bye
emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai


orgbekasi67
okdechkaka
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan