tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
10 Negara TERBERSIH di Dunia, INDONESIA Masuk ?
                   10 Negara TERBERSIH di Dunia, INDONESIA Masuk ?

Environmental Performance Index atau EPI telah merilis beberapa negara yang masuk dalam 10 besar negara terbersih di dunia. Penilaian tersebut berdasarkan beberapa indikator tertentu, diantaranya adalah kualitas udara, sanitasi dan air minum, pengelolaan limbah, ekosistem, perubahan iklim, dan emisi polusi dari 180 negara.
Berikut 10 Negara terbersih di dunia tahun 2020
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

#1 DENMARK emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Selain dikenal sebagai negara dengan penduduk paling bahagia, Denmark juga berhasil mencatatkan namanya sebagai negara terbersih nomor satu di dunia.
Prestasi membanggakan tersebut tentu tak lepas dari upaya masyarakat dan pemerintah dalam menerapkan prinsip sustainability, yaitu memaksimalkan penggunaan energi yang dapat diperbaharui, menjaga kebersihan dan penggunaan air, serta melawan perubahan iklim. Salah satu yang bisa dicontoh dari negara ini adalah tren penggunaan transportasi sepeda untuk transportasi sehrai-hari para warganya.

#2 LUKSEMBURG emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Negara yang terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, dan Prancis ini berhasil menyabet posisi ke dua negara terbersih di dunia.
Kunci yang dipegang kota ini adalah penataan kota serta implementasi kebijakan publik yang baik, misalnya pengadaan ribuan tempat sampah di seluruh sudut kota hingga pemberian hukuman bagi mereka yang mengotori area publik.

#3 SWISS emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Masih dari benua Eropa, ada negara Swiss yang nggak hanya populer dengan cokelatnya, tapi juga kebersihan negaranya.
Swiss memiliki komitmen tinggi untuk menjadi negara terbersih di dunia lewat sistem sanitasi airnya yang tertata. Sistem daur ulang di Swiss juga sudah sangat maju sehingga sampah rumah tangga bisa jauh ditekan sampai tak tersisa.

#4 INGGRIS emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Negara Ratu Elizabeth ini punya resep unik yang berbeda dibanding negara terbersih lainnya, yaitu para anggota keluarga kerajaan membangun organisasi dan yayasan pencinta lingkungan yang memiliki kontribusi aktif dalam menjaga kebersihan negara ini. Selain itu, ada komunitas-komunitas masyarakat inggris yang tanpa henti berupaya mengajak orang-orang menjaga kebersihan.


#5 PRANCIS  emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Dengan ibu kotanya yang berhasil masuk ke jajaran kota termahal di dunia, ternyata Prancis juga berhasil menduduki posisi kelima dalam daftar ini.
Pencapaian ini berhasil mematahkan stereotip bahwa masyarakat prancis memiliki higienitas yang buruk. Nyatanya, banyak sumber air seperti sungai, laut  hingga danau di pelosok prancis yang bersih dan memiliki kualitas baik.

#6 AUSTRIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Austria mempunyai reputasi sebagai negara yang bersih dan rapi, nggak terkecuali ibukotanya, Vienna.
Disebut sebagai The Most Livable City di dunia, kamu bakalan hampir kesulitan menemukan sampah atau grafiti di sepanjang jalanan kotanya.

#7 FINLANDIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Selain masuk dalam daftar negara paling bahagia di dunia, negara ini juga berhasil masuk kedalam daftar negara terbersih di dunia.
Usaha keras pemerintah Finlandia untuk menjaga tingkat polusi udara serta pencemaran di negaranya memang patut diacungi jempol. Bahkan ibu kota negara ini sudah menargetkan untuk menyetop penggunaan mobil di tahun 2025

#8 SWEDIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Seperti negara skandinavia lainnya, Swedia juga punya sistem sanitasi yang sangat baik dan kebijakan publik tentang manajemen sampah yang solid.
Negara ini juga memanfaatkan energi dari angin, tenaga surya, biomassa, dan bahkan panas tubuh. Oleh karena itu, angka emisi di Swedia sangat rendah.

#9 NORWEGIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Masih dari benua Eropa. Negara terbersih berikutnya di pegang oleh negara Norwegia. Sama seperti negara terbersih lainnya, negara ini berusaha keras untuk menjaga lingkungan dan ekosistemnya.
Negara ini juga memiliki the pant system, yaitu sistem reward yang diberlakukan untuk orang-orang yang mengembalikan botol plastik dan kaleng alumunium.

#10 JERMAN emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Sudah budaya orang Jerman, jika melihat sampah atau kotoran dimanapun, pasti akan langsung segera dibersihkan.
Setiap minggu di negara ini juga ada kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.


Itulah gaiss, 10 negara terbersih di dunia tahun 2020, kalau kamu ada info menarik lainnya, kamu boleh share di kolom comment, semoga bermanfaat and bye bye

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai
Diubah oleh tipscantiktv 21-02-2021 10:29
orgbekasi67
tien212700
tien212700 dan orgbekasi67 memberi reputasi
2
1.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan