Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
Dari Ratusan Negara, Inilah 10 Negara Tertua di Dunia. KAMU SUDAH TAHU???


      Dari Ratusan Negara, Inilah 10 Negara Tertua di Dunia. KAMU SUDAH TAHU???

Negara merupakan suatu organisasi atau lembaga tertinggi dari kelompok masyarakat yang terdiri dari sekelompok orang yang memiliki cita-cita untuk hidup bersama, dan memiliki sistem pemerintahan yang berdaulat. Dari ratusan negara yang ada di dunia ini, kamu tahu nggak sih gais negara mana yang paling tua?
Untuk lebih menambah wawasan kita,  Berikut 10 negara paling tua di dunia.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

#1 YUNANI  emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Di urutan pertama ada negara Yunani. Negara ini memulai peradabannya pada 3200 SM, negara ini juga merupakan cikal bakal peradaban negara-negara Eropa lainnya. Yunani merupakan negara pertama yang memiliki sistem demokrasi, yang tepatnya hadir pada 508 SM. Selain memiliki sejarah yang panjang, keindahan negara ini juga nggak perlu diragukan lagi. Ada beberapa destinasi di negara ini yang sudah mendunia, salah satunya ada Santorini dan Pantai Navagio yang sukses membuat banyak wisatawan berdecak kagum.

#2 CHINA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini juga memiliki sejarah yang panjang. Peradaban China berawal dari Peradaban Sungai Kuning yang ada sejak 2.700 SM. Nggak heran kalau negara ini masuk dalam daftar negara tertua di dunia. Sejarah China berlangsung sejak Dinasti Shang pada 1750- 1045 SM sampai Dinasti Qing yang berlangsung dari 1644 hingga 1912. Setelah Dinasti Qing berakhir, barulah China berbentuk republik dan Republik Rakyat China didirikan pada tahun 1949.

#3 PORTUGAL emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Republik Portugal juga menjadi salah satu negara tertua di dunia. Tepatnya negara yang berada di Eropa barat daya ini sudah berdiri sejak tahun 1139 SM. Negara yang beribukota Lisbon ini dibagi menjadi 18 distrik dan 308 kota. Kota Lisbon juga merupakan salah satu kota yang wajib kamu kunjungi, karena kota ini telah ada sejak 2000 SM dan menjadi lokasi yang memiliki peran penting bagi Portugal pada masa lalu.

#4 PRANCIS emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Negara yang terkenal dengan Menara Eiffel ini juga masuk ke dalam daftar negara tertua. Sejarah negara ini dimulai dari Kekaisaran Romawi Suci Charlemagne, yang menjabat sebagai kaisar romawi sejak 800 SM hingga 814 SM, dia juga dianggap sebagai Bapak Pendiri Eropa. Setelah dirinya wafat, pemerintahan dilanjutkan oleh putranya Louis I, tapi tak lama setelah putranya menjabat, kekaisaran dibagi menajdi tiga. Saat itu, cucu Charlemagne, anak dari Louis I yang bernama Charles, menjabat di wilayah yang kini menjadi Prancis, cucunya yang lain yang bernama Louis menjabat di wilayah yang kini dikenal sebagai Jerman, dan diantara wilayah kekuasaan Charles dan Louis dijabat oleh cucu lainnya yang bernama Lothair.

#5 SAN MARINO emoticon-thumbsupemoticon-Cool

San Marino merupakan sebuah negara yang memiliki nama ibu kota yang sama, yaitu San Marino. Negara yang memiliki sistem pemerintahan republik ini sudah berdiri sejak 3 september 301, dan didirikan oleh Santo Marinus dari Rab.
Negara ini termasuk dalam negara kelima terkecil di dunia dan merupakan negara dengan republik konstitusional tertua di dunia. 

#6 ARMENIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Selanjutnya ada negara Armenia, sebuah negara yang terjepit di antara Turki, Georgia, Azerbaijan, dan Iran. Armenia sudah ada sejak 2.600 tahun yang lalu, dan ibu kotanya yaitu Yerevan bahkan sudah dikenal sejak 782 SM. Armenia juga menjadi negara pertama yang resmi mengakui agama kristen pada 30 Masehi. Selain memiliki sejarah panjang, Armenia juga memiliki tempat wisata yang menarik, seperti danau Sevan, Geghard, Khor Virap, Temple of Garni hingga Haghpat Monastery.

#7 JEPANG emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Negri matahari terbit ini diidrikan sejak 660 SM oleh kaisar Jimmu yang dianggap sebagai kaisar yang legendaris dan diyakini sebagai keturunan dewi matahari Amaterasu. Kaisar Jimmu menjabat selama 75 tahun, dan memimpin jepang sampai usia 126 tahun. Kaisar Jimmu naik tahta setiap tanggal 11 februari dan tanggal itu kini diperingati sebagai Hari Pembentukan Negara.

#8 IRAN emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Iran didirikan sekitar tahun 550 SM dibawah kekaisaran Achaemenid. Tapi, jauh sebelum berdiri sebenarnya Iran sudah didiami oleh beberapa kelompok. Sebut saja kelompok Elam, yang merupakan perdaban pra-Iran yang menetap di wilayah Barat dan barat daya. Kekaisaran Achaemenid memerintah Iran hingga 330 SM. Dan Iran yang modern didirikan pada tahun 1979 setelah revolusi Iran.

#9 SWISS emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Negara yang beribu kota Bern ini berdiri sejak 1291. Kalau dihitung, umur negara ini sudah mencapai sekitar 725 tahun. Sistem pemerintahan yang digunakan di negera ini adalah federal. Swiss sendiri merupakan negara di Eropa Tengah yang sebagian wilayahnya merupakan serangkaian pegunungan Alpen. Secara administratif, negara ini berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein dan Austria.

#10 ANDORRA emoticon-thumbsupemoticon-Cool

Andorra merupakan suatu negara yang terletak di Eropa bagian barat daya. Negara yang beribukota di Andorra la vella ini memiliki sistem pemerintahan federal. Negara ini sudah berdiri sejak tahun 127 dan terkenal dengan sektor pariwisatanya.





Itulah gaiss, 10 negara paling tua di dunia. Kalau kamu ada info menarik lainnya, kamu boleh share di kolom comment, semoga bermanfaat and bye bye

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai
orgbekasi67
bimbimbabs
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan