Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

farichulAvatar border
TS
farichul
5 Penyebab Runtuhnya Majapahit

Foto Eyang Patih Gaja Mada

5 Penyebab Runtuhnya Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar yang ada di indonesia. Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293 M dan raja pertamanya adalah R. Wijaya (Sri Kertarajasa jayawardhana). Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa kepemimpinan raja Hayam Wuruk dan patih Gaja Mada (1350 M - 1389 M). Wilayah kekuasaannya pun mencapai seluruh nusantara. 

Sepeninggal dari raja Hayam Wuruk dan patih Gaja Mada, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran dari tahun ke tahun, hingga pada tahun 1478 M Kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan.

5 Penyebab runtuhnya kerajaan majapahit yaitu. 

1. Meninggalnya raja Hayam Wuruk dan patih Gaja Mada. Sepeninggal keduanya, Kerajaan Majapahit mulai meredup masa kejayaannya. 

2. B.J.O schrieke indolog, etnolog, dan sejarawan asal Belanda berpendapat bahwa penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit terjadi karena serangan Dyah Wijayakarana Girindrawardhana?

Dia adalah anak dari bhre kelin yang berasal dari dinasti Kadiri yang tampil kembali untuk merebut kekuasaan Kerajaan Majapahit. Hal ini nampak pada gelarnya yaitu Paduka Sri Maharaja Wilwatikta Daha-Jangala-Kadiri. 

3. Di runtuhkan Demak. Teori mengenai penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit ini hadir dari Thomas Stamford Rafles. Dia menyebut kalau Kerajaan Majapahit di runtuhkan oleh Demak pada tahun 1400 saka, sesuai dengan yang tertulis pada serat Saka. 

4. Perebutan kekuasaan antara keluarga raja Pati Unus, penguasa Demak, sempat menjadi raja yang kuat di Kerajaan Majapahit. Namun ini tak serta merta menjadikan kesimpulan bahwa penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit adalah karena serangan Demak. Melainkan karena ada unsur perebutan kekuasaan antara keluarga Raja. 

5. Faktor Agama, lebih lanjut mengenai serangan Demak ke Majapahit yang menjadi penyebab keruntuhan Majapahit, yakni karena dorongan Demak sebagai kerajaan berlandaskan Islam yang ingin lepas dari pengaruh Majapahit yang hindu. 


Candi Jabung, di desa jabung, kecamatan paiton, kabupaten probolinggo, jawa timur

Menurut Prasasti Petak 1486M dan juga Naskah Paraton, Kerajaan Majapahit runtuh akibat serangan sang Munggwing Jinggan. Raja Majapahit Dyah Suraprabhawa Mokta ring Kedaton 1400Saka/1478M.

Siapa Sang Munggwung Jinggan? Mengutip dari analisa sejarawan Nia Solihat Irfan, bahwa Munggwing Jinggan adalah putra sulung Sang Sinagara yang ingin merebut kembali hak tahtanya karena telah diserobot oleh pamannya Dyah Suprabawa. Sang Munggwing Jinggan bernama lengkap Wijayaparajrama Dyah Samarawijaya, jabatan dia adalah sebagai bhre di Kahuripan. Kudeta berdarah ini tentu dilakukan dan disokong penuh oleh tiga orang adik-adiknya yang dalam Naskah Paraton disebut sebagai Bhre Mataram, Bhre Pamotan, dan Bhre Kertabhumi.



Foto Candi Pari, didesa candipari, kecamatan porong, kabulaten sidoarjo, jawa timur

Berbicara mengenai masalah runtuhnya Kerajaan Majapahit, banyak versi yang menceritakan. Ada yang menceritakan karena perang saudara, ada yang karena balas dendam kerajaan kediri, dan ada yang menceritakan karena diserang putranya raja Demak dsb.

Apapun penyebab runtuhnya, kita harus bangga bahwa bangsa kita mempunyai peradaban yang sangat tinggi dimana saat itu tidak ada arsitek. Bangunannya sangat artistik dan sulit dibayangkan bagaimana teknologi dan peradaban pada zaman dulu bisa membangun bangunan seperti candi-candi yang ada di Indonesia ini.


Peta kekuasaan Majapahit

Untuk itu, mari kita gali lagi kejayaan peradaban asli Indonesia. Kita tunjukkan pada dunia bukan hanya Roma dan Mesir yang mempunyai peradaban tinggi pada zaman dahulu. Nenek moyang bangsa kita Indonesia juga mempunyai peradaban istimewa pada zamannya dahulu. Kita jaga peninggalan nenek moyang agar anak cucu kita tahu bangga bahwa negri kita dulu juga negri penakhluk yang perkasa. 

Semoga bermanfaat. 
#cintaindonesia
Diubah oleh farichul 21-02-2021 04:21
jazzcoustic
ulo.kadut
yoseful
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
1
3.8K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan