Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

koruptor.1Avatar border
TS
koruptor.1
Jreng! Biden Punya Genk Baru 'Kepung' China di Asia Pasifik


Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) pimpinan Presiden Joe Biden memutuskan untuk memperbarui aliansi "Quad" dengan India, Jepang, dan Australia.

Dilansir AFP, Departemen Luar Negeri mengatakan pada Rabu (17/2/2021) bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan berbicara secara virtual dengan menteri luar negeri ketiga negara dengan agenda pandemi Covid-19 dan perubahan iklim.

"Diskusi dengan para menteri luar negeri Quad ini sangat penting untuk memajukan tujuan bersama kita yaitu Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dan meningkatkan tantangan yang menentukan zaman kita," tutur juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan kepada wartawan dikutip Kamis (18/2/2021).

Aliansi Quad ini sebelumnya digagas oleh Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pada 2007. Fungsi dari aliansi itu adalah membendung kebangkitan pengaruh China di kawasan Asia Pasifik.

Aliansi ini tengah berkembang pesat setelah India dan Australia turun andil secara aktif dalam menggunakannya melawan China.
India sebenarnya secara historis bersikeras untuk tidak berpihak dalam kebijakan luar negerinya, tetapi ketegangan dengan China telah meningkat sejak tahun lalu ketika pertempuran sengit di Himalaya yang menewaskan sedikitnya 20 tentara.
Australia yang dipimpin oleh PM Scott Morrison juga saat ini bersitegang dengan Beijing pasca dirinya meminta investigasi ketat akan asal Covid-19 yang sempat berujung pada perang dagang.
Sementara itu surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah China awal bulan ini memperingatkan Biden bahwa memperbarui Quad akan menjadi "kesalahan strategis yang serius", dengan mengatakan ia dapat memicu "konfrontasi strategis yang parah" dengan Beijing.
Mereka juga mengatakan bahwa gerakan ini tidak akan menjadi sebuah aliansi yang strategis namun hanya akan menimbulkan kebencian besar terhadap China.

https://www.cnbcindonesia.com/lifest...i-asia-pasifik
tepsuzot
tien212700
tien212700 dan tepsuzot memberi reputasi
2
896
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan