Mr.PerbaikanAvatar border
TS
Mr.Perbaikan
Nggak Nyangka! Ada Animator RI di Balik Film Avengers hingga Mandalorian



Orang Indonesia tak kalah dengan orang-orang di luar negeri. Buktinya, animator asal Indonesia bisa terlibat pada film seperti Avengers hingga Mandalorian.

Orang itu ialah Ronny Gani. Ronny bercerita, belajar animasi secara otodidak. Ia belajar animasi secara otodidak di akhir masa kuliahnya sekitar tahun 2003-2004 jurusan arsitektur di Universitas Indonesia (UI).

"Saya belajar animasi secara otodidak di akhir masa-masa kuliah sekitar 2003-2004 itu dengan segala keterbatasan mulai dari informasi maupun dari segi teknologi dan infrastruktur tersedia," katanya dalam acara Indonesia Young Business Leaders Award 2021, Kamis (18/2/2021).

Saat itu, dia mengatakan, orang masih asing dengan animasi dan menganggapnya sebagai bentuk hiburan atau entertainment. Bukan sebagai peluang untuk karir.

Namun, ia tetap belajar animasi dengan segala keterbatasan. Ia bahkan belajar animasi dengan mencari bahan di warnet.

"Saya belajar otodidak dengan keterbatasan internet, saat ini kita ngomong internet speed bisa mega byte per second. Kalau jaman dulu kita akses internet harus ke warnet saya bawa duit Rp 2.000 per jam, saya siapin Rp 6 ribu untuk 3 jam download materi-materi yang saya bisa pelajari," katanya.

Ia pun terus belajar animasi dan menyelesaikan kuliah. Setelah lulus ia sempat bekerja sebagai graphic designer di Jakarta dan masih belajar animasi.

Semua usaha yang ia lakukan pun membuah hasil. Hingga akhirnya ia kemudian berkarir sebagai animator di industri animasi internasional.

"Di mana kami mengerjakan visual effect untuk film-film Hollywood," ujarnya.

Ia mengaku, selama 14 tahun menjalani karir telah terlibat dalam sejumlah film. Film itu seperti Avengers, Pacific Rim, Ready Player One, Ant Man, Aqua Man hingga Mandalorian.

"Dan selama 14 tahun dalam karir saya, saya sudah terlibat dalam film-film ini, mungkin kebanyakan sudah pada nonton yang terakhir rilis kayaknya Mandalorian di Disney+, ini series," kataya.

"Sedangkan yang lainnya saya bersyukur banget saya bisa terlibat semua 4 film Avengers dari yang pertama sampai yang terakhir tahun 2019," ujarnya.

https://finance.detik.com/industri/d...240.1579675154



Keren banget ini bray emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
0
553
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan