jabalnursajaAvatar border
TS
jabalnursaja
Suku Oni, Manusia Hobbit Bertinggi 70 cm Hanya ada Di Bone Sulawesi Selatan!

HALO AGANSIS

Bagaimana kabar dari agan dan sista dirumah? Semoga kita semua baik baik saja dan selalu berada dalam lindungan Yang Maha Kuasa serta diberikan kemudahan dalam segala hal. Apapun yang diberikan kepada kita hari ini semoga bisa disyukuri dan dinikmati sehingga menjadi berkah pada haro esok nanti.

Pada kesempatan dan thread kali ini, ane akan membahas suku atau budaya yang ada di Indonesia. Luasnya negeri ini membuat berbagai macam suku serta budaya hidup didalamnya. Tidak hanya luas, tetapi dipisahkan oleh lautan yang terbagi menjadi ribuan pulau. Hal itulah yang membuat budaya Indonesia ini bermacam macam.


Kita tahu sendiri bahwa suku yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Tetapi agansis mungkin hanya mengetahui beberapa dari ribuan suku tersebut. Salah satunya adalah suku pedalaman Indonesia yang jarang di ekspos dan disebarkan keberadaannya.

Dan sudah tahukah agansis bahwa ada satu suku di Indonesia yang ternyata sangat unik dan jarang sekali diketahui oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Mereka adalah suku Oni yang ada di Bone, Sulawesi Selatan. Dimana mereka dijuluki sebagai manusia kerdi atau suku Hobbitnya Indonesia. 

Tinggi mereka hanya mencapai 70 cm saja. Satu meter aja udah pendek gansis, gimana cuman 70 cm. Pastinya mereka sangat unik dari segi fisik diantara suku suku lainnya di Indonesia. Kerdil dan memiliki ciri khas pada potongan rambut mereka yang unik.

Dalam lansiran riaugreen.comdikatakan bahwa tempat ditemukannya kehidupan Suku Oni ini adalah sebuah desa di dusun Dekko Mappesangka Ponre kabupaten Bone. Dari Ibu Kota Watampone pergi ke lokasi ini sekitar 60 km dengan jarak berjalan kaki ditambah sekitar 3 mil. Suku Oni hidup di gua-gua di kawasan yang luas.

Konon mereka sudah hidup sangat lama dan bisa bertahan hanya tinggal didalam goa saja. Biasanya mereka akan keluar dari goa jika diumpan dengan menggantung pisang di mulut goa tempat tinggal mereka. Keberadaan mereka ini sangatlah tertutup dan jauh dari pedesaan.


Dalam sebuah kisah atau legenda dikatakan bahwa mereka sudah hidup ribuan tahun lalu. Seperti yang dilansir dalam cakapcakap.combahwa suku Oni sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan suku Oni ikut membantu para panglima di Sulawesi saat perang melawan penjajah. Suku Oni disebut juga sebagai salah satu suku asli penduduk Bone karena dahulu suku Oni hidup berdampingan dengan penduduk Bone, khususnya kawasan Bontocani.

Sampai sekarang, keberadaan mereka masih sangat jarang ditemukan. Tapi, pastinya mereka masih menghuni goa goa yang ada di Bone. Sebab mereka pernah hidup berdampingan. Suku seperti ini memang sengaja menjauh dari kehidupan manusia pada umumnya. Mereka lebih memilih hidup bersama suku mereka sendiri dan membangun koloni sendiri tanpa diusik oleh orang lain.

Ini saja yang bisa ane sampaikan pada agansis sekalian, semoga bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada kita semua. Jika ada kesalaha serta kekeliruan didalamnya mohon dimaafkan, sebab TS hanyalah manusia biasa yang penuh dengan dosa. Ada nggak suku Bone disini?

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA

 

Thread ini berisi opini pribadi TS

Sumber 1 2 dan wikipedia.org

Gambar source google 


lonelylontong
juniorjack
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
9.7K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan