pelatihbaruAvatar border
TS
pelatihbaru
Kalau Haaland main di Liga Inggris, klub mana yang paling cocok?

Sumber: Getty Images

Baru berusia 20 tahun tapi Erling Haaland sudah menjadi pemain top kelas dunia.

Bagaimana tidak, dari total 77 penampilan bersama Molde, Red Bull Salzburg, dan Borussia Dortmund, Haaland sudah mencetak 87 gol.

Di musim ini saja, dari 14 penampilan Haaland telah mencetak 14 gol. 

Seperti dikutip dari BBC, ayah Haaland pernah bilang kalau suatu saat anaknya akan bermain di Liga Primer Inggris.

Jadi, kalau Haaland pindah ke Liga Primer, kira-kira klub apa yang paling cocok buat pemain berkebangsaan Norwegia itu?

1. Manchester City

Manchester City menjadi klub Inggris yang paling santer untuk mendatangkan Haaland. Alasannya sederhana saja, Man City sudah empat tahun enggak beli striker.

Sergio Aguero yang selama ini menjadi ujung tombak Man City juga sudah mulai memasuki usia tua. Di tambah kontraknya akan habis di musim ini.


Sumber: Getty Images

Di sisi lain performa Gabriel Jesus yang rencananya akan mengganti peran Aguero belum menunjukkan ketajamannya.

Dari total 21 pertandingan di musim ini, Jesus baru mencetak delapan gol. Sebenarnya statistik itu enggak jelek dan Jesus masih punya potensi untuk jadi lebih tajam.

Tapi toh kalau bisa punya striker yang lebih subur seperti Haaland, kenapa enggak? Secara taktik, Man City juga kelihatannya cocok buat Haaland.

Gaya bermain Pep yang ofensif, ditambah opsi striker sayap dengan kualitas tinggi bakal memudahkan Haaland mencetak gol di dalam kotak penalti.

Raheem Sterling, Riyad Mahrez, Phil Foden kerap membongkar pertahanan lawan lewat kecepatannya. Sementara Haaland tinggal melakukan apa yang selama ini dia lakukan untuk mencetak gol, mencari posisi terbaik di kotak penalti. 

Sebagai catatan saja, dari total 27 gol Haaland di Bundesliga, hanya satu gol dicetak dari luar kotak penalti.

Belum lagi bicara soal kreativitas pemain Man City di tengah seperti Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan.

2. Liverpool

Ketimbang Haaland, sebetulnya Liverpool lebih santer memboyong Kylian Mbappe. Kemungkinan kalau transfer itu terjadi, The Reds akan menjual antara Sadio Mane atau Mohamed Salah sebagai jaminan agar Mbappe bisa langsung menjadi pemain inti.

Akan tetapi Haaland juga tetap mungkin didatangkan. Alasannya, Roberto Firmino bukan pemain yang sering mengkonversi peluang menjadi gol bagi dirinya sendiri.


Sumber: Getty Images

Mencetak gol memang bukan kekuatan Firmino. Pemain Brasil itu lebih banyak berkontribusi dalam menciptakan peluang untuk Mane atau Salah.

Kalau peran Firmino digantikan Haaland? Kelihatannya enggak masalah.

Seperti Firmino, Haaland sejauh ini juga mampu berperan sebagai striker yang sering turun posisi tengah untuk membuka peluang bagi rekan timnya.

Bahkan tidak jarang upaya itu justru dilakukan untuk membuka ruang bagi dirinya sendiri.

3. Manchester United

Manchester United sudah sejak lama mengincar Haaland sejak bermain di RB Salzburg. Tapi akhirnya kalah dengan Dortmund.

Hingga saat ini, striker murni yang paling mumpuni dimiliki MU hanya Edinson Cavani. Itupun usianya sudah terbilang tua.

Gaya main Ole yang kerap menerapkan strategi serangan balik juga cocok dengan kemampuan Haaland memposisikan dirinya di garis offside.


Sumber: Getty Images

Di saat yang sama, MU memiliki Bruno Fernandes. Di Liga Primer, Bruno tercatat sebagai pemain dengan jumlah umpan terobosan berhasil terbanyak (15).

4. Chelsea

Penampilan Timo Werner saat ini belum maksimal. Adapun Oliver Giroud menjadi yang tersubur di Chelsea.

Sayangnya, Giroud juga punya keterbatasan dalam kecepatan. Akibatnya Chelsea agak kesulitan pada momen serangan balik di mana kecepatan merupakan kunci utama. Untuk keperluan ini, Tammy Abraham lebih cocok.

Kekuatan utama Giroud ada pada operan satu sentuhan. Ia juga unggul dalam perebutan bola di udara. Keberadaannya membuat pola serangan Chelsea tak hanya atraktif tapi juga berbahaya.

Berbeda dengan Giroud, Tammy Abraham, punya kecepatan yang lebih eksplosif untuk mendukung serangan balik Chelsea.

Tapi ketika serangan The Blues harus dilakukan secara terorganisir, maka Tammy punya kekurangan dalam mengalirkan bola.


Sumber: Getty Images

Nah, di sinilah alasan Haaland dibutuhkan Chelsea. Haaland merupakan gabungan dari Tammy Abraham dan Oliver Giroud yang bisa menemani Timo Werner di depan. 

Seperti dijelaskan sebelumnya, Haaland dinilai cocok jika harus bermain dengan klub yang pola serangannya terorganisir. Ia bisa menjadi pengalir bola yang baik.

Haaland juga cocok bermain dengan gaya serangan balik. Karena ia bisa memposisikan diri sangat baik di area garis offside.

Kalau menurut Agan gimana? Atau mungkin ada klub lain yang cocok? Masalahnya harga Haaland ini sudah terlampau mahal. Menurut transfermarkt, harga pasaran Haaland adalah 100 juta euro. 
Diubah oleh pelatihbaru 11-02-2021 13:44
indrag057
agusrezapratam4
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
4.4K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan