Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Richy211Avatar border
TS
Richy211
Miris! Pencipta Lagu Dangdut Terkenal Kini Banting Setir Jadi Kuli Angkut Pasir


Sumber: link gambar

Selamat sore Agan dan Sista. Welcome back di thread Richy211.


Musik Dangdut adalah musik asli milik negara Indonesia dan bisa dikatakan musik satu-satunya yang hanya ada di negara Indonesia saja. Di negara lain tidak ada namanya musik Dangdut, kecuali mungkin musik Melayu.


Musik Dangdut ini juga mempunyai irama yang khas karena ada iringan gendhangnya. Inilah yang seolah menjadi ciri khas dari musik Dangdut ini dan membuat siapapun yang mendengar musik ini pasti langsung ingin ikutan joget 😁. Hayoo ngaku siapa Gansis yang suka langsung berjoget kalau dengar musik Dangdut?


Sewaktu ane masih kecil, kebetulan orang tua ane ini demen sama musik Dangdut dan secara tidak langsung ane sedikit terkontaminasi dengam lagu-lagu Dangdut. Namun, lagu-lagunya sendiri adalah lagu lawas di era kalau tidak salah 80 an dan 90 an.


Sebut saja penyanyi Dangdut masa itu seperti misalnya Elvie Sukaesih, H. Rhoma Irama, Evie Tamala , Rita Sugiarto dan masih banyak lagi.


Kemudian ada satu lagu Dangdut yang ane suka dengar dan lumayan suka yaitu lagu Duetnya Ike Nurjanah dengan mantan suaminya Aldi Bragi yang berjudul Memandangmu 😁. Entahlah, lagu ini dulu menurut ane saat masih SMP adalah lagu Dangdut yang romantis alias so sweet.


Spoiler for Memandangmu:


Nah, masih berkaitan dengan musik Dangdut ada seorang pencipta lagu Dangdut di era 80 an bernama Syam Permana berasal dari Sukabumi. Jujur saja ane agak asing dengan nama orang ini, tetapi lagu Dangdut ciptaan beliau banyak dinyanyikan oleh penyanyi dangdut tanah air misalnya Inul Daratista, Ine Sinta dan Imam S Arifin.


Spoiler for Syam Permana:


Salah satu lagu karya ciptaanya yang berjudul 'Biarkan Ku Sendiri' bahkan dinyanyikan oleh penyanyi terkenal bernama Lulu Ervan.


Namun, ada kabar yang bikin miris Gansis karena kehidupan pribadi Syam Permana ini berubah drastis.
Beliau kini justru menjadi seorang pekerja serabutan untuk menopang biaya hidupnya.


Quote:


Duh, kasihan sekali bukan Gansis dan lebih mirisnya lagi lagu dangdut ciptaan beliau ini banyak sekali di situs Youtube. Namun, Syam Permana sendiri tidak sedikitpun mendapatkan royalti dari hal tersebut.


Jadi, bisa dibilang yang menyanyikan kembali lagu-lagu milik Syam Permana ini tidak meminta ijin terlebih dahulu kepada beliau.


Padahal jika kita ingin meng-upload ulang karya milik orang lain atau mungkin menyanyikan lagu karya milik orang lain seharusnya meminta ijin dahulu secara sopan kepada si pembuat karya tersebut. Setidaknya hargailah orang yang sudah susah payah membuat sebuah lagu atau pun bentuk karya lainnya.


Kini, Syam Permana hanya bisa berharap agar karyanya lebih dihargai oleh orang lain atau penyanyi lain.


Quote:


Kabar terbaru yang ane baca dari sebuah sumber kalau Syam Permana ini sekarang sedang menuntut haknya atas lagu-lagunya yang diambil atau dinyanyikan oleh orang lain, bahkan beliau juga akan didampingi oleh sekitar 20 pengacara yang ikut membantunya.


Semoga dengan adanya kabar terbaru yang tercerahkan ini, Syam Permana bisa mendapatkan hak atau hasil yang memuaskan di tengah kondisi kehidupannya yang mengalami keterpurukan.


Sekian thread dari RICHY211. Semoga bermanfaat dan jangan malu untuk meninggalkan jejaknya. Thank you so much.



Sumber: link 1, link 2dan Opini
Diubah oleh Richy211 12-02-2021 08:28
l4r20
Cahayahalimah
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.3K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan