Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AmarsukiAvatar border
TS
Amarsuki
Dari Pohon ini Bisa Digunakan untuk Sabun. Yuk Simak!


emoticon-Hot News

Hai GanSist. Pasti tidak asing kan dengan sabun. Perlu diketahui beberapa jenis sabun tidak hanya terbuat dari bahan kimia saja tapi bisa dibuat dari bahan dasar minyak nabati yang tentunya lebih alami.
Salah satunya berasal dari biji jarak pagar. Namun, ada juga buah yang langsung bisa dipakai untuk mencuci yaitu buah lerak. Untuk itu simak ulasan dari ane di bawah ini.



Pohon Jarak Pagar

Jarak pagar diyakini berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di bagian Selatan Meksiko. Dalam bahasa Inggris, jarak pagar disebut sebagai physic nut. Para ahli botani memberikannya nama latin Jatropha Curcas.


Buah Jarak

Biji jarak mengandung banyak minyak nabati. Asam lemak hasil sampingan metilasi minyak biji jarak pagar dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, khususnya sabun kesehatan.

Sabun berbahan dasar minyak biji jarak pagar bersifat antimikroba bakteri. Sifat antimikroba ini ternyata sangat ampuh dan bisa menyingkirkan bakteri jahat yang berada di kulit manusia.
Disamping itu sisa ekstrasi biji buah jarak pagar dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kertas, bahan kosmetik, dan bahan pembuatan obat.


Pohon Jarak Pagar

Banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman ini sehingga sudah mulai banyak dibudidayakan. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan stek cabang atau stek batang. Jika diambil dari biji maka ambilah dari biji yang sudah tua dan bewarna hitam.




Pohon Lerak

Sejak jaman dahulu, khususnya orang Jawa sudah mengenal buah lerak sebagai sabun alami untuk mencuci kain batik.


Buah Lerak

Buah lerak yang sudah dikeringkan, ditumbuk halus, dan dicampur dengan air hangat, kemudian digunakan untuk merendam kain batik selama satu malam. Lerak terbukti paling sesuai menjaga kualitas kain batik dan warna batik tidak luntur sehingga batik akan tetap awet.

Bentuk dari buah lerak ini bulat kecil, malah mampir mirip buah kelengkeng. Jika sudah tua atau masak akan berwarna cokelat tua mengkilat. Sementara kulit dari biji lerak cukup keras dengan bentuk bulat dan berwarna hitam.

Buah lerak menyimpan suatu zat yang disebut saponin, sedangkan bijinya mengandung minyak. Dari zat tersebut yang kemudian bisa berubah menjadi busa sehingga bisa dipakai untuk mencuci. Saponin juga dapat digunakan untuk pembersih perkakas dapur. Adapun biji lerak bisa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan sabun kecantikan dan kesehatan.


Pohon Lerak

Untuk pohon dari lerak ini bisa tumbuh tinggi dan besar. Biasanya tinggi mencapai 10 meter dengan kualitas batang pohon hampir mirip seperti pohon jati.



Demikian GanSist thread sederhana dari ane. Semoga bisa menambah wawasan.
Sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Terima kasih.
emoticon-Hai


Sumber: ini & ini
Foto: 1, 2, 3, 4, 5
Diubah oleh Amarsuki 08-02-2021 15:38
tien212700
kurangdolan
demit86
demit86 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
7.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan