hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Fakta! Lagu Terpesona Telah Dibuat 25 Tahun Silam, Ini Sosok Penciptanya


gambar

Hai Agan dan Sista di manapun berada! emoticon-HaiSelalu sehat dan semangat ya. Semoga pandemi ini tidak pernah menyurutkan jiwa kita untuk terus produktif dalam segala hal. Jangan sampai kita kalah dengan wabah Corona. Ekonomi memang sedang ambruk, namun rezeki dari Sang Maha Pencipta pasti akan selalu mengalir hingga nanti ajal menjemput.

GanSis pasti sudah mendengar lagu berjudul "Terpesona" yang sedang viral itu. Lagu ini memang pernah dipakai untuk yel-yel anggota TNI agar semangat mereka tidak kendor di tengah padatnya tugas negara. Menurut ane lagu tersebut dipilih memang karena terdengar asyik dan mudah dihafalkan. Apalagi dinyanyikan dengan bersama-sama sudah pasti bisa buat hati gembira.



gambar

Selain digunakan untuk yel-yel, lagu ini juga menjadi backsound pada Tik-Tok. Banyak dari penyuka aplikasi tersebut membuat gerakan sama seperti para TNI. Di balik ketenaran lagu tersebut, ternyata ada beberapa fakta yang menarik dari munculnya lagu itu, apa saja?

1. Samuel Takatelide Si Pencipta Lagu



gambar

Lagu berjudul "Terpesona" ini diciptakan seorang laki-laki bernama Samuel Takatelide yang berasal dari Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara. Lagu tersebut ternyata sudah dibuat sekitar tahun 1995-1996 dan sempat booming di Sulawesi Utara di era 1998.

2. Awalnya Lagu Untuk Mengikuti Lomba



gambar

Lagu "Terpesona" ini awalnya diciptakan untuk mengikuti sebuah lomba bernama Masamper yang merupakan budaya berbalas pantun dengan syair lagu yang biasa dilakukan oleh masyarakat Sangihe Talaud.

Perlombaan tersebut dilakukan oleh dua grup atau lebih yang mana masing-masing dari mereka harus membalas pantun dengan syair lagu. Agar tidak mudah dibalas oleh grup lain, maka Samuel menciptakan lagu tersebut. Saat itu, Samuel menyiapkan strategi dengan menciptakan lagu yang sulit untuk dibalas oleh kelompok lain. Maka dibuatlah lirik terpesona ini. Ia pun menceritakan bahwa lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sangat terpesona namun dalam mimpi.

3. Masuk Dapur Rekaman



gambar

Pada tahun 1998, lagu "Terpesona" menjadi viral di Sulawesi Utara. Kemudian, ia melakukan kerja sama dengan Revan Record untuk merekam lagu tersebut. Hingga hasil dari dapur rekaman tersebut dapat dinikmati yang mana saat itu masih menggunakan kaset pita. Di tahun 2000 lagu ini lahir kembali dengan versi poco-poco, ketika itu ia sudah tergabung dengan grup New Nazareth.

4. Tak Terima Royalti



gambar

Walaupun lagu ciptaannya menjadi viral di media sosial dan banyak yang telah menggunakannya sebagai backsound di aplikasi Tik Tok maupun instagram, namun Samuel tak pernah menerima royalti dari hasil karyanya.

5. Izinkan Dicover, Asalkan Izin



gambar

Lagu "Terpesona" ini dibolehkan oleh Samuel untuk dicover ulang, namun syaratnya harus izin terlebih dahulu. Ia pun menyatakan bahwa sudah ada perusahaan yang ingin mengajak bekerja sama hingga kelak lagu tersebut tidak asal dicover.

Spoiler for Lagu Terpesona Versi Asli:


Sebuah karya memang harus diapresiasi setinggi mungkin. Jangan sampai seorang yang menciptakannya mengalami kerugian. Sebab itu adalah bagian dari kekakayaan intelektual. Tak banyak orang yang panda membuat karya.

Sumber :

1

Dan ulasan pribadi
nirankara
fc88
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
6.3K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan