.r4hma.Avatar border
TS
.r4hma.
Harga Honda Beat Dan Yamaha Gear Mepet, Kamu Pilih Yang Mana?




Hari ini ga punya skutik kok kayak ada yang kurang ya? Bisa dibilang kendaraan roda dua bukan lagi barang mahal, tapi kebutuhan manusia yang bisa dibilang cukup penting.

Yup, motor zaman sekarang apalagi dimasa pandemi itu adalah kebutuhan hidup bukan kebutuhan sekunder namun perlahan sudah menjadi primer seperti smartphone.



Dari kalangan bawah hingga atas ada segmennya tersendiri, bahkan harga motor second pun ada yang dibawah 3 jutaan masih dalam kondisi layak pakai, seperti generasi awal Mio harganya terjun bebas berbeda dengan Beat generasi awal yang masih bertahan di pasaran 5 jutaan.

Nah ngomongin tentang motor skutik kelas entry level, saingan terberat Beat terbaru bukan lagi kelas 110cc tapi Yamaha Gear yang sudah 125cc.



Kita tak akan bicarakan spesifikasi mesin sudah jelas Beat kalah telak, karena secara kasat mata Gear sudah ditempeli mesin 4-stroke, SOHC satu silinder 124,96, sedangkan Beat seperti biasa masih menyematkan mesin eSP 110cc.

Mau di otak atik juga Beat tetep keok dari speaifikasi mesin yang jomplang, kalau diadu komparasi secara head to head sebenarnya ga seimbang. Namun yang membuat kedua skutik ini bertarung bukan dari spesifikasi mesin tapi harganya.



Persoalan harga ini bener-bener mepet banget.

Untuk Yamaha Gear dibandrol dengan harga,

- Yamaha Gear S Version Rp 17.350.000
- Yamaha Gear Standard Version Rp 16.750.000

Sedangkan untuk Honda New Beat dibandrol dengan harga,

- BeAT Deluxe Rp 17.250.000
- BeAT CBS Rp 16.450.000
- BeAT CBS ISS Rp 17.150.000
- BeAT Street Rp 17.150.000



Disini Honda bermain pintar untuk di variant atas Honda lebih murah Rp 100.000 dari Yamaha, sedangkan untuk Variant bawah Honda lebih murah Rp 300.000.

Dari harga yang mepet tadi jelas menjadi pertimbangan user untuk membeli motor yang mana?

Fitur-fitur terbaru juga telah disematkan dari kedua Brand ini, jelaa ini bukanlah hal yang mudah untuk user apalagi kalau mereka sudah fansboy dari brand, harga mahal juga tetap akan dibeli.



Untuk masalah model dan mesin, tergantung kepada user ingin membeli yang mana. Namun kenapa Beat worth it untuk dibeli dibandingkan Yamaha? Bukan dari kualitasnya bagus, karena kalau bicara kualitas Suzuki dan Kawasaki sebenarnya lebih bagus kualitasnya di motor kelas entry levelnya hanya fiturnya saja kurang mewah dan juga pemasarannya jatuh.

Tapi masalah harga jual kembalinya itu yang harus dipikirkan, motor skutik ini memang jajannya lebih besar dibandingkan motor bebek. Jadi bila sudah mencapai 3-5 tahun, akan banyak yang harus di beli tentu akan merogoh kocek yang tidak sedikit.



Biasanya di 3 tahun pakai motor akan dijual dan beli lagi yang baru, maka rekomendasi saya Beat masih unggul dalam harga jual kembali. Dibandingkan dengan Yamaha harga jual kembalinya nyungsep kecuali di kelas maxi masih lumayan, namun N Max tahun 2016 generasi awal berada di angka Rp15 juta-16 juta kalau jeli lihat penjualnya.

Tapi semua tergantung di pilihanmu, kamu pilih Beat atau Gear nih?


Referensi klik
Pic google

Diubah oleh .r4hma. 01-02-2021 04:31
japarina
m4ntanqv
tien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
8.2K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan