syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Sering Disepelekan, Berikut Arti yang Ada Pada Label Baju Kamu!


Baju merupakan kebutuhan pokok dan mendasar bagi setiap orang. Biasanya, hal yang menjadi perhatian dari sebuah baju adalah model, warna, hingga ukurannya. Tapi sayangnya, dari sekian banyak hal yang diperhatikan dari sebuah baju, pasti kalian ga pernah memperhatikan label yang ada pada baju kamu kan? Hmm, paling-paling kalau liat label, kalian hanya aka melihat ukuran tapi tidak melihat yang lain. Bahkan tak jarang orang yang menggunting label bajunya karena membuat leher atau pinggang menjadi gatal.

Padahal terdapat informasi penting yang tertera pada label tersebut loh. Yap! Pada label tersebut biasanya terdapat simbol-simbol yang merupakan aturan perawatan baju tersebut, mulai dari aturan mencuci hingga aturan pengeringan yang akan membuat baju menjadi lebih awet.



Pencucian



Baju bisa terbuat dari berbagai macam bahan, Gan. Nah, perbedaan bahan ini lah yang membuat perbedaan cara mencuci, mulai dari pencucian khusus dengan tangan, hingga pencucian dengan mesin cuci, bahkan temperatur air pencucian juga tertera loh. Aturan pencucian ini bermaksud agar baju baju mu tetap awet, tidak menyusut, tidak memudar, dan tidak rusak.


Penggunaan Pemutih Pakaian



Kalian pasti pernah kan melihat label dengan logo segitiga? Kalian ada yag tau ga sih arti dibalik logo segitiga tersebut? Ternyata ini adalah logo seputar penggunaan pemutih pakaian loh. Baju dengan logo segitiga pada labelnya menandakan kamu boleh menggunakan pemutih pakaian, tapi kalau ada tanda silang pada logo segitiga artinya kamu tidak boleh menggunakan pemutih pakaian pada saat mencuci baju tersebut. Nah, kalau segitiga dengan garis diagonal artinya baju tersebut hanya boleh dicuci dengan menggunakan pemutih tanpa klorin atau oxygen bleach.


Pengeringan dengan Mesin



Pada tahap pengeringan kalian juga ga boleh asal asalan ya. Sebaiknya kalian pisahkan terlebih dahulu pakaian-pakaian sesuai dengan jenis label pakaiannya. Pakaian dengan label lingkaran dalam kotak menandakan kamu boleh mengeringkannya dengan mesin cuci, tapi kalau ada tanda silang pada logo tersebut, maka kamu ga boleh mengeringkannya dengan menggunakan mesin cuci. Selain itu, suhu pengeringan juga harus diperhatikan, jika logo lingkaran dalam kotak tersebut berwarna hitam maka kamu boleh mengeringkan dengan mesin tapi tanpa panas, sedangkan titik di dalam logo lingkaran dalam kotak tersebut menunjukkan suhu yang direkomendasikan untuk pengeringan. (titik 1 suhu rendah, titik 2 suhu sedang, titik 3 suhu tinggi).


Pengeringan Tanpa Mesin



Ada juga baju yang ga boleh dikeringkan dengan menggunakan mesin, biasanya ditandai dengan adanya logo kotak dan garis. Jika terdapat 3 buah garis vertikal dalam kotak maka baju dikeringkan dengan cara digantung di tali jemuran, jika ada 1 garis horizontal dalam kotak maka pengeringan dilakukan dengan membentangkan baju, jika ada garis busur dalam kotak artinya baju bisa digantung di dalam atau luar ruangan, jika ada 2 garis diagonal dalam kotak maka kamu harus menghindari panas matahari saat menjemurnya, selain itu ada juga logo tanda baju boleh diperas atau tidak.


Menyetrika



Setiap bahan memiliki ketahanan panas yang berbeda-beda, makanya kamu gak boleh asal asalan saat akan menyetrika baju. Kamu bisa melihat logo setrika pada bajumu, tanda titik yang terdapat pada logo tersebut menunjukkan suhu yang bisa kamu gunakan saat menyetrika (semakin banyak titik, suhunya makin tinggi), selain itu ada juga baju yang dilengkapi dengan simbol setrika uap, dan tentunya ada juga baju yang sebaiknya tidak disetrika.


Pencucian Tanpa Air



Pencucian juga ada yang dilakukan tanpa air loh. Dikenal dengan istilah dry cleaning, pencucian ini biasanya dilakukan di laundry. Baju baju yang dicuci dengan cara dry cleaning dilengkapi dengan logo lingkaran pada labelnya, biasanya adalah baju baju dengan bahan velvet, sutra, dan wol. Sistem pencucian ini juga ada banyak logo dan aturannya loh, mulai dari jenis larutan kimia yang digunakan, hingga suhu dan cara pencuciannya.



SUMBER
erwinnugrahaa
Ariia.13
tien212700
tien212700 dan 48 lainnya memberi reputasi
49
7.4K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan