Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Candi Muara Takus Yang Asing Di Telinga Anak Muda Zaman Sekarang




Anak muda zaman sekarang lebih mengenal apa itu free fire, mobile legends, PUBG, Call of Duty, Dota, AoV dan sebagainya. Berbagai macam nama game online lebih dikenal daripada nama sebuah candi.

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang candi yang ada di tanah Sumatra, melihat pulau sumatra yang luas namun peninggalan candi sangat jarang sekali terlihat dibandingkan di pulau Jawa.



Candi ini berada di Riau, yang bernama candi Muara Takus. Dimana betsinggungan dengan sejarah kerajaan Sriwijaya di pulau Sumatra. Namun antara peneliti sejarah pun masih berdebat, karena pusat kerajaan Sriwijaya sangat jauh dari Riau kemungkinan saja itu wilayah dari kerajaan lain.

Candi Muara Takus sendiri dianggap candi yang bersinggungan dengan agama Hindu dan Budha, di kawasan itu ada 4 candi yang berdiri kokoh hingga saat ini selain Candi Muara Takus ada Candi Mahligai, Candi Palangka dan Candi Bungsu.



Nah melihat candi di Riau ini, pastinya penasaran kita tahu ada kerajaan besar di wilayah ini yaitu kerajaan Inderagiri 1298 M dan Siak di abad 14. Itu dua kerajaan besar di wilayah Riau, lantas candi muara Takus ini dari abad berapa?

Menurut peneliti sejarah candi ini berasal dari abad 4 hingga ke 11 Masehi, arsitekturnya disebut sebagsi candi Budha tertua dan bentuknya mirip dengan bangunan candi di Myanmar.



Berarti kerajaan dengan pusat kebudayaan di candi Muara Takus ini sebelum adanya 2 kerajaan besar di Riau saat ini, oke kita telusuri kembali kerajaan apa saja yang ada di Riau.

Menurut para peneliti kerajaan di Riau sudah ada sejak abad ke 3 SM, ada beberapa kerajaan yang berdiri sebelum kerajaan Inderagiri.



Yang pertama ada Kerajaan Kandis Lubukjambi, Riau Abad ke-3 SM, disini ditemukan prasasti kuno dengan panjang 8 cm, lebar 3 cm, tebal 1 mm bertulisan aksara Jawa Kuno dan berbahasa Sanskerta. Ketika diteliti lebih jauh itu adalah mantra dari agama Budha.

Bahkan disinyalir oleh peneliti mereka berteori Kandis ini mirip dengan kerajaan Atlantis. Namun bukti yang merujuk hal itu lemah, walau tidak mungkin teori Plato itu benar.

Kemudian ada Kerajaan Koto Alang Lubukjambi, Riau Abad ke-4 M, ini merupakan pecahan dari kerajaan kandis karena banyaknya terjadi perebutan kekuasaan.



Terakhir ada Kerajaan Katangka Kampar, Muara Takus, cikal bakal Sriwijaya, Abad ke-3-4 M karena dimasa ini sebenarnya Sriwijaya belum ada, karena menurut klaim sejarah Sriwijaya hadir di abad ke 7.

Jadi bagaimana menurut agan, apakah candi Budha yang ada di Sumatra ini sudah terlupakan? Bahkan lebih banyak membahas tentang candi-candi di Jawa dibandingkan daerah Sumatra.



Padahal disinyalir itu candi tertua di Indonesia karena kerajaan Mataram kuno berawal dari abad ke 6M hingga mencapai kejayaan di tahun 10 M.

Walau kerajaan tertua adalah Salakanagara yang hadir 130 SM di daerah Banten, dan Kerajaan Tarumanegara di abad 4 M. Jadi masih kah nama candi ini awam di telinga? Maklum saja sejarah buat masyarakat millenial memang dianggap usang, lebih suka bahas Fiki Naki sama Dayana atau main tik tok dibandingkan harus baca literasi sejarah. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 29-01-2021 08:29
telah.ditipu
tien212700
provocator3301
provocator3301 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan