Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

46.166.167.16.Avatar border
TS
46.166.167.16.
Jawa Barat Gempa 6,8 SR dan Bendungan Jebol Jika Sesar Lembang 'Ngamuk'



Apa yang terjadi jika sesar Lembang bergerak secara masif atau sesar Lembang ngamuk? Jawabannya, Jawa Barat gempa 6,8 SR atau skala ricter dan bendungan jebol.

Prediksi itu diceritakan Anggota Kelompok Riset Cekungan Bandung dan Penasihat Bandung Mitigasi, T Bachtiar. Sebab sesar Lembang merupakan salah satu sesar aktif yang ada di Jawa Barat.

Sesar Lembang ini ada di sekitar 10 Km arah utara Kota Bandung dengan panjang sesar sekitar 25-30 Km. Kondisi Sesar Lembang saat ini terus berjalan mengikuti irama bumi.

Para peneliti memperkirakan Sesar atau Patahan Lembang ini dapat memicu gempa dengan kekuatan maksimum 6,8 SR. Ini adalah patahan aktif.

Wilayah bentang sesar Lembang mulai dari kaki Gunung Palasari di sebelah timur sampai Kampung Cisarua, Kabupaten Bandung Barat di sebelah barat, panjangnya sekitar 29 km.

"Bagian utara turun dan bergerak ke arah barat, dengan kecepatan yang sangat lambat per tahunnya, sehingga yang berada di jalur sesar pun tak akan merasakan adanya pergerakan itu. Tapi bila dijumlahkan dalam waktu yang lama, ratusan tahun, ribuan tahun, maka pergerakan Patahan Lembang itu terlihat nyata. Dilihat dari utara, gawir sesar Lembang terlihat curam," ujarnya kepada Ayobandung.com, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, potensi bencana akibat sesar Lembang adalah gempa bumi.



Kemudian, longsor yang dipicu oleh gempa bumi dan keadaan lingkungan mendukung untuk terjadinya gerakan tanah.

"Misalnya karena kesalahan dalam memotong lahan, dengan kemiringan lereng yang tegak, atau lereng yang diurug, belum padat sudah dibangun, keadaan ini akan sangat memungkinkan terjadinya longsor bila gempa mengguncang," katanya.

Longsor bukan hanya berdampak pada kerusakan bangunan, jalan, serta korban manusia, tetapi juga longsor dapat membendung aliran sungai yang ada di dasar lembah.

"Ini harus diantisipasi, karena bila ada air yang tergenang cukup beberapa waktu, dapat menimbulkan banjir lumpur bila bendungan itu seketika jebol," ucapnya.



Bachtiar juga menjelaskan wilayah mana saja yang paling terdampak gempa pergeseran sesar Lembang. Menurutnya, wilayah yang terdampak gempa bumi dari Patahan Lembang bila dengan kekuatan maksimum, bukan hanya di sepanjang Patahan Lembang, atau di beberapa bagian jalur sesar, tapi juga akan berdampak ke kawasan yang semula bekas endapan danau Bandung purba.

"Yang sekarang menjadi dasar metropolitan Cekungan Bandung itu, antara 105.000-16.000 tahun yang lalu berupa danau, akibat material letusan Gunung Sunda membendung Citarum di Utara Padalarang. Batuan di bawah kota metropolitan ini masih belum padat, dan masih jenuh air, sehingga sangat labil dan akan ada pembesaran kekuatan goyangannya," jelasnya.


SUMBER








Muke gile .... ngeri bray emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
gabener.edan
janurhijau
janurhijau dan gabener.edan memberi reputasi
2
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan