Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muyasyAvatar border
TS
muyasy
[COC Reg Aceh] Aceh Mempunyai 3 Julukan, Nomor 1 Banyak Orang Tidak Mengetahuinya!
Assalamu'alaikum Gansis


Bagaimana kabar Gansis semua? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya.

DetikNews


Aceh adalah provinsi Indonesia yang ibu kotanya berada di Banda Aceh. Aceh merupakan kota yang diistimewakan dan diberi kewenangan khusus otonomi daerah.

Jika Gansis mendengar Aceh, pastinya semua mengingat akan kejadian tahun 2004 silam. Sebuah bencana gempa yang berkekuatan 9,1 skala richter dan kurang lebih 1 jam kemudian terjadi tsunami yang sangat besar. Kejadian tersebut sangat tidak terduga bagi masyarakat Aceh. Apalagi beberapa negara lain pun ikut terkena dampaknya. Maka dari itu, dari bencana ini Aceh mendorong terciptanya perjanjian damaiantara pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Setelah bencana tsunami tersebut, Aceh kembali membangun kota yang lebih megah lagi. Berbagai tempat wisata yang beraneka ragam di sana diperbaiki dan dipercantik lagi. Bukan itu saja, Aceh juga dikenal dengan sumber daya alam yang melimpah. Sejumlah pendapat ada yang mengatakan jikalau Aceh mempunyai cadangan gas alam terbesar di dunia. Waah ... masyarakat Aceh pasti sangat senang mendengar perihal ini.

Kita semua harus bangga dengan apa yang dilakukan oleh penduduk Aceh untuk membangun kotanya. Karena bangkit dari keterpurukan bukanlah hal yang mudah. Pasti ada sisa-sisa trauma yang sampai saat ini masih tersimpan dalam memori otak mereka.

Oh ya, Gansis belum tahu jikalau Aceh mempunyai beberapa julukan untuk kotanya? Tanah Rencong atau Serambi Mekkah pasti itu yang kalian dengar. Akan tetapi, ada satu julukan lagi yang belum Gansis ketahui. Apa itu?

Yuk, simak penjelasan dari ketiga julukan yang tersemat pada Aceh di bawah ini.

1. Negeri Sultan Iskandar Muda


Google Play


Kesultanan Aceh yang terbesar pada kejayaan masa itu adalah kesultanan Iskandar Muda. Aceh mencapai kejayaannya pada masa kepemimpinan beliau. Kekuasaannya semakin besar dan reputasi internasional sebagai pusat dari perdagangan dan pembelajaran tentang islam. Maka dari itu, namanya banyak diabadikan di universitas maupun bandar udara.

2. Tanah Rencong


TribunewsWiki.com


Rencong atau disebut juga dengan 'Reuncong' adalah senjata khas dari Aceh yang digunakan saat ada penjajah datang, sehingga senjata ini menjadi simbol keberanian dan kepahlawanan masyarakat Aceh. Jadi, Aceh diberi julukan dengan Tanah Rencongsupaya para masyarakat tahu seluk beluk kisah lampau.

3. Serambi Mekkah


Kompasiana.com


Pada masa itu pengaruh agama dan kebudayaan islam sangat besar di Aceh. Jadi masa itu, kota Aceh disebut dengan julukan 'Seuramo Mekkah' atau disebut juga Serambi Mekkah.

:ayoindonesia


Di berbagai kota pada negeri Indonesia ini pasti mempunyai julukan seperti halnya Aceh. Karena dari julukan tersebut, kota-kota tersebut dapat lebih dikenal dengan perjuangannya, cerita masa lampau ataupun asal muasalnya.

Dari segi cerita rakyatnya pun, Gansis dapat menyimpulkan bagaimana pengorbanan para pahlawan dan tokoh Aceh membela kotanya yang dijajah.

Melewati masa yang tak mengenakkan, sekarang Aceh bisa bernapas lega. Dengan keindahan alam, kota dan berbagai tempat wisata dapat menambah ekonomi dan pengenalan Aceh kepada para wisatawan. Apalagi dengan ketiga julukan di atas. Aceh mendapat kesan positif bagi masyarakat dan para wisatawan di luar sana.

Gansis, apa julukan di kotamu?





Gresik, 23 Januari 2021
Sumber narasi : oppri
Diubah oleh muyasy 22-01-2021 21:45
dalledalminto
iissuwandi
ElviHusna
ElviHusna dan 5 lainnya memberi reputasi
6
443
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan