Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novikikirizkiaAvatar border
TS
novikikirizkia
Spesies Ini Mampu Mengangkat Beban Sampai Berkali Lipat Berat Badannya. Amazing!
Spesies ini dijuluki sebagai makhluk hidup terkuat di bumi. Bagaimana mana tidak, berat badannya hanya berkisar 100 gram itu mampu mengangkat beban sampai 8 kilogram bahkan beratus kali lipat dari berat tubuhnya.

Tubuhnya yang kecil itu mampu mengangkat beban yang jauh berkali lipat dari berat badannya, sehingga spesies ini dinamakan Hercules.

Hercules merupakan salah satu tokoh dalam mitologi Yunani yang terkenal dengan kekuatannya tubuh yang dimilikinya. Sehingga tak heran kumbang ini dinamakan Hercules karena kekuatan yang dimilikinya.

So, spesies apa yang dijuluki makhluk hidup terkuat di bumi dan dinamakan Hercules?

Jawabannya adalah Kumbang Hercules, Guys.



Kumbang ini sangat kuat, dan merupakan salah satu kumbang yang berukuran besar. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 17 sentimeter. Kumbang jantan pada bagian kepalanya memiliki tanduk yang besar dan panjang.

Bahkan tanduknya bisa jauh lebih panjang dari pada panjang tubuhnya, sehingga sering juga disebut sebagai kumbang tanduk. Kumbang ini juga dikenal sebagai Dynastes Hercules.

Panjang tersebut, kumbang Hercules jantan ini menjadi salah satu spesies kumbang terpanjang di dunia, jika memasukkan kategori rahang atau tanduknya. Dengan ukuran tubuh yang dimilikinya, kumbang Hercules juga termasuk serangga terbesar di dunia.

Meskipun kumbang ini tampak menyeramkan, namun kumbang ini tidak membahayakan. Kumbang ini tidak menggigit manusia, sehingga banyak yang memelihara kumbang Hercules ini karena alasan tersebut.



Begitu beraneka ragam ciptaan Tuhan, sampai spesies kecil ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Kekuatan yang tidak bisa dijelaskan dengan logika. Bagaimana tidak, hewan sekecil ini mampu mengangkat beban yang beratnya berkali-kali lipat dari berat badannya yang sangat ringan.

By the way, kumbang ini memiliki 4 siklus hidup, Guys. Mulai dari bentuk telur tang disimpan induknya di dalam tanah, hingga menjadi larva yang bertahan beberapa tahun di dalam tanah.

Cukup lama ya, siklus hidup hewan yang memiliki kekuatan luar biasa ini. Setelah sekian tahun menjadi larva, barulah tumbuh menjadi pupa yang bertahan dalam hitungan minggu. Barulah kemudian tumbuh menjadi sang kumbang Hercules dewasa yang kuat.



Menurut Lavine L dkk dalam Exaggerated Trait Growth in Insects yang diterbitkan Annual Review Entomology, ukuran kumbang bisa bervariasi, Guys. Baik panjang tubuh maupun tanduknya, juga ukuran kaki dan seluruh bentuk tubuhnya.

Sama seperti manusia yang memiliki pertumbuhan yang bervariasi satu dengan lainnya. Keragaman bentuk dan ukuran ini karena berbedanya mekanisme pertumbuhan sang kumbang itu sendiri, seperti paduan kecenderungan genetik, nutrisi, stres, paparan parasit dan kondisi fisiologis.


Ref : ini, itu
Gambar : Google
Diubah oleh novikikirizkia 10-01-2021 14:40
tien212700
lianasari993
firdainayah
firdainayah dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.8K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan