Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Dengan Dana 100 Juta Dolar AS, "NASA" Resmi Akan Menjelajahi Matahari
Foto: thespuzz.com

Badan antariksa Amerika Serikat " NASA " telah menyetujui dua misi ekspedisi heliofisika untuk menjelajahi matahari dan sistem yang mendorong sistem cuaca antariksa di dekat Bumi, yang tujuannya untuk dapat memberikan data yang diperlukan untuk mempelajari dan memahami prinsip terjadinya angin, semburan matahari, atau cuaca antariksa.

Badan antariksa Amerika tersebut telah secara resmi mengumumkan partisipasinya dalam program Extreme Ultraviolet High-Throughput Spectroscopic Telescope Epsilon Mission (EUVST) dan Electrojet Zeeman Imaging Explorer (EZIE), untuk memahami Matahari dan Bumi sebagai sistem yang saling berhubungan.

Memahami ilmu fisika yang menggerakkan angin, matahari dan cahaya matahari, termasuk jilatan api matahari dan lontaran massa koronal, suatu hari nanti dapat membantu para ilmuwan memprediksi peristiwa ini, yang dapat memengaruhi teknologi manusia dalam menjelajah ruang angkasa.

Foto: nasa.gov

JAXA memimpin misi Epsilon bersama dengan mitra internasional lainnya, EUVST dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2026, dan itu adalah teleskop surya yang akan mempelajari bagaimana atmosfer matahari menggerakkan angin matahari untuk mendeteksi proses letusan matahari. Fenomena ini menyebar dari matahari dan mempengaruhi lingkungan radiasi ruang angkasa di seluruh tata surya.

Kontribusi perangkat NASA untuk misi mendeteksi sinar ultraviolet dan mendukung elektronik termasuk spektrometer, teleskop pilot, perangkat lunak dan sistem pencitraan tata surya untuk memberikan konteks spektrometri dan anggaran untuk kontribusi NASA adalah $ 55 juta AS atau sekitar 750 miliar rupiah.

Pada saat yang sama program "EZIE" akan menggunakan tiga satelit kecil untuk mempelajari arus listrik di atmosfer bumi yang menghubungkan aurora dengan magnetosfer bumi, yang merespons aktivitas matahari dan faktor lainnya. EZIE tidak akan diluncurkan sebelum Juni 2024. Anggaran total misi EZIE adalah $ 53,3 juta AS setara 741 miliar rupiah.

Foto: nasa.gov

Nicky Fox seorang direktur Departemen Fisika Matahari di Markas NASA di Washington, DC, mengatakan: "Kami sangat senang bekerja dengan mitra internasional kami untuk menjawab beberapa pertanyaan dasar kami tentang matahari dan kemampuan teleskop EUVST akan melanjutkan misi kami saat ini untuk memberi kami tampilan baru pada teleskop kami."

Perlu dicatat bahwa badan antariksa Amerika hanya mengirimkan EUVST untuk misi ini sehingga mereka dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memahami fisika di balik berbagai fenomena matahari.


Referensi: NASA Approves Two New Missions to Explore the Sun in 2021
Diubah oleh Sambelterasi052 31-12-2020 12:43
alifrian.
KurohinaM1911
cor7
cor7 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
5.8K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan