Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Mengenal Seni Cukil Kayu, Salah Satu Metode Cetak Manual Kuno yang Tetap Eksis!


Banyak cara yang bsia kita lakukan untuk menghasilkan sebuah karya seni, khususnya seni grafis. Di tengah kemajuan teknologi saat ini, seni grafis biasanya mengandalkan gadget untuk bisa menghasilkan seni grafis. Tapi sebenarnya, kara seni grafis ga hanya bisa dihasilkan oleh gadget saja loh. Salah satu seni grafis yang bisa dilakukan secara manual adalah seni cukil kayu, yaitu sebuah metode cetak manual yang bisa dibilang cukup kuno. Tapi mesipun terbilang kuno, metode ini tidak ditinggalkan loh, justru masih banyak yang menekuninya.



Metode cukil kayu ini bisa dibilang sebagai metode catak manual yang cukup kuno GanSis, hal ini dikarenakan metode ini memang hadir suadh cukup lama yaitu pada saat bangsa kita masih dijajah, terbukti dari banyaknya potret-potret masa lalu yang dibuat dengan menggunakan teknik cukil kayu. Tapi meskipun begitu, metode seni yang satu ini terbilang cukup favorit loh, bahkan sampai saat ini masih banyak kok pelaku kreatif yang menekuni teknik cukil kayu untuk megnhasilkan karya seni grafis yang begitu memukau.



Salah satu alasan kenapa teknik cukil kayu begitu diminati oleh para pekerja seni adalah karena seni cukil kayu cukup memiliki anyak kelebihan. Seni cukul kayu menghadirkan sebuah karya seni dengan visual yang begitu menarik dan mengagumkan, khususnya dihasilkan dari berbagai macam perpaduan warna yang dihasilkan. Selain itu, metode cukil kayu ini juga bisa diaplikasikan pada berbagai macam medium, selain kayu kamu juga bisa menerapkan teknik ini pada medium linoleum atau linocut, bahkan permukaan logam metalcut.



Meskipun medium yang dipakai untuk metode ini bisa beranekaragam, tapi tekniknya secara umum sama kok. Tapi jika kamu masih pemula, lebih baik mencobanya pada medim kayu ya, karena kayu merupakan medium yang paling mudah diantara yang lainnya. Pertama kamu harus siapkan dulu gampar yang ingin kamu buat, jangan lupa juga untuk menetukan mana bagian yang akan dicukil ya, jangan sampai ketuker, hehehe. Nah, setelah kamu selesai mencukilnya, kamu bisa masuk ke tahap pewarnaan, bisa dengan menggunakan roller.



SUMBER
farinamany
n.h3
ziont
ziont dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan