gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Kaleidoskop 2020 : Duka Sepanjang Tahun

Tahun 2020 telah berlalu dan telah kita lewati di bawah bayang-bayang ketakutan akan risiko terinfeksi penyakit COVID-19. Meskipun pandemi COVID-19 mendominasi catatan sejarah tahun lalu, namun ada pula beragam peristiwa lain yang terjadi sepanjang 366 hari ke belakang. Apa sajakah itu?


Klik gambar untuk menuju sumber gambar

1-3 Januari 2020
Hujan selama beberapa jam membuat Jakarta dan kota tetangganya seperti Bekasi, Jawa Barat dan Tangerang, Banten mengalami banjir. Sampai 2 Januari 2020, 26 orang tewas dan 62.000 orang dievakuasi. (Referensi I)(Referensi II)

1 Januari 2020
Tarif cukai rokok naik sebesar 23 persen dan harga eceran rokok naik 35 persen. (Referensi I)

Tarif iuran bulanan asuransi BPJS Kesehatan naik sebesar 100 persen. (Referensi I)


Penggunaan QRIS untuk transaksi nontunai diwajibkan per 1 Januari 2020.

Semua pembayaran nontunai di Indonesia dengan kode QR mulai wajib menggunakan QR Code Indonesia Standard (QRIS). (Referensi I)

2 Januari 2020
Sebuah helikopter Black Hawk milik Angkatan Bersenjata Republik Tiongkok jatuh menabrak Pegunungan Wulai di Yilan. Kecelakaan ini menewaskan beberapa pejabat militer dan tentara, termasuk panglimanya, Jenderal Shen Yi-ming. (Kompas, 3 Januari 2020)

Keadaan darurat diterapkan di negara bagian New South Wales, Australia menyusul kebakaran hutan yang semakin meluas. (Referensi I)

3 Januari 2020
Serangan udara Amerika Serikat di dekat Bandara Internasional Baghdad, Irak menewaskan Komandan Pasukan Quds Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qassem Soleimani dan Wakil Kepala Hashed al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis. AS dan Iran pun terlibat ketegangan. (Referensi I)(Referensi II)

Negara bagian Victoria, Australia menyatakan keadaan bencana terhadap kebakaran hutan di wilayah tersebut. (Kompas, 4 Januari 2020)

Indonesia menegaskan bahwa mereka tidak mengakui klaim Republik Rakyat Tiongkok atas Laut Natuna Utara berdasarkan Nine Dash Line yang tidak diakui oleh Konvensi Hukum Laut PBB 1982 dan menganggap tindakan kapal Tiongkok mengambil ikan di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia pada Desember 2019-Januari 2020 di Natuna sebagai pelanggaran kedaulatan. (Kompas, 4 Januari 2020)(Referensi I)

5 Januari 2020
Iran menyatakan tak akan lagi membatasi kapasitas pengayaan uranium, secara efektif meninggalkan seluruh poin Kesepakatan Nuklir 2015. (Referensi I)

6 Januari 2020
Seorang mahasiswa asal Indonesia, Reynhard Sinaga, divonis seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris. Ia dinyatakan bersalah karena melakukan 159 pemerkosaan dan serangan seksual terhadap 48 pria dalam kurun waktu 1 Januari 2015 hingga 2 Juni 2017. (Referensi I)

Sebuah bangunan 4 lantai di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, ambruk dan menimpa 3 orang. (Kompas, 7 Januari 2020)

7 Januari 2020
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, sebagai tersangka atas dugaan suap dalam proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo. Ini merupakan hasil Operasi Tangkap Tangan di Sidoarjo. (Referensi I)

Kerusuhan pada pemakaman Qassem Sulaemani di Kerman, Iran menewaskan sekitar 50 orang. (Referensi I)

Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Puerto Riko. (Referensi I)

8 Januari 2020
Iran menembakkan 22 rudal ke 2 pangkalan militer AS di Irak dengan klaim telah menewaskan 80 orang. (Referensi I)

Pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines, rute Teheran-Kiev dengan nomor penerbangan PS752, jatuh hanya 2 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, Teheran, Iran. 167 penumpang dan 9 awak pesawat tewas. (Kompas, 9 Januari 2020)

Kereta cepat tanpa masinis pertama di dunia diresmikan di RRT. Kereta ini menempuk jarak 173,8 kilometer dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam. (Referensi I)

9 Januari 2020
Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Wahyu Setiawan, sebagai tersangka suap terkait penetapan pergantian antarwaktu anggota DPR. (Kompas, 10 Januari 2020)

Mantan Menteri Perdagangan, Marie Elka Pangestu, diumumkan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia per 1 Maret 2020 oleh Presiden Bank Dunia, David Malpass. (Kompas, 10 Januari 2020)

Seorang remaja karyawan magang berusia 17 tahun asal New York, Wolf Cukier, berhasil menemukan planet baru. Planet ini berjarak 1.300 tahun cahaya dari Bumi, berukuran 6,9 kali lipat Bumi, dan mengorbit pada dua bintang. (Referensi I)

Duke of Sussex, Pangeran Harry, dan Duchess of Sussex, Megan Markle, mengumumkan pengunduran diri sebagai anggoat senior dari Keluarga Kerajaan Inggris yang disambut negatif oleh Istana Buckingham. Keduanya berencana membiayai hidup secara mandiri dan menetap di Kanada. Keduanya akan resmi mundur pada 8 Maret 2020, harus melepaskan gelar kerajaan, tidak lagi mendapatkan dana publik sebagai anggota keluarga kerajaan, dan harus membayar pajak. (Referensi I)(Referensi II)

Brexit Withdrawal Agreement, RUU yang mengatur keluarnya Britania Raya dan Gibraltar dari Uni Eropa, diloloskan oleh House of Commons Britania Raya dengan suara 330-231. Pengesahan RUU ini memastikan bahwa Britania Raya dan Gibraltar akan keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari 2020, setelah gagal melakukannya pada 29 Maret 2019 dan 31 Oktober 2019. UU ini juga mengatur masa transisi, dengan Britania Raya masih mengikuti aturan dan membayar iuran walau sudah tidak menjadi anggota, selama 11 bulan hingga 31 Desember 2020 dan mekanisme terkait perpisahan seperti hak dan kewajiban warga Uni Eropa di Britania Raya. (Referensi I)

10 Januari 2020
Sultan Oman sejak 1970, Qaboos bin Said Al Said, wafat pada usia 79 tahun. Ia adalah pemimpin terlama di Jazirah Arab. (Referensi I)

11 Januari 2020
Garda Revolusi Iran mengakui bahwa mereka secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina yang mengalami kecelakaan pada 8 Januari 2020. (Referensi I)

Otoritas kesehatan RRT mengumumkan kematian pertama akibat penyakit yang disebar virus korona jenis baru. Wabah mulai menyebar masif sejak 31 Desember 2019. (Referensi I)

15 Januari 2020
Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan rencana perubahan konstitusi yang akan mengurangi kekuasaan presiden dan meningkatkan kekuasaan perdana menteri. Beberapa jam kemudian, Perdana Menteri Dmitri Medvedev mengundurkan diri. Mikhail Mishustin menjadi perdana menteri baru. (Referensi I)

Presiden AS, Donald Trump dan Wakil Perdana Menteri RRT, Liu He, menandatangani Kesepakatan Dagang Fase I di Gedung Putih, Washington DC. RRT berkomitmen mengimpor produk pertanian, energi, mesin, dan lainnya dari AS senilai 200 miliar dolar AS. AS setuju menangguhkan penerapan tarif terhadap produk elektronik RRT senilai 160 miliar dolar AS meski tetap memungut bea masuk hingga Kesepakatan Fase II disetujui. Kesepakatan ini, dan kesepakatan berikutnya, secara gradual mengakhiri perang dagang antar keduanya sejak 2018. (Referensi I)

House of Representatives AS resmi mengirim dua dakwaan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump ke Senat AS untuk memulai proses persidangan terhadap sang presiden. (Referensi I)

16 Januari 2020
Proses sidang pemakzulan Presiden Donald Trump dimulai dengan pengambilan sumpah terhadap 99 (dari 100) senator oleh Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts. (Referensi I)

20 Januari 2020
Kasus pertama penyebaran virus korona 2019 antarmanusia terkonfirmasi di Guangdong, RRT. (Referensi I)

21 Januari 2020
House of Lords Britania Raya meloloskan Brexit Withdrawal Bill, dengan beberapa proposal amendemen. (Referensi I)

Sidang pertama pemakzulan Presiden Donald Trump di Senat AS dimulai. Trump sendiri tidak menghadiri sidang tersebut dan menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. (Referensi I)

22 Januari 2020
Semua proposal amendemen terhadap Brexit Withdrawal Bill yang diajukan oleh House of Lords pada 21 Januari 2020 ditolak oleh House of Commons dengan suara 342-254 sehingga draf yang diloloskan oleh House of Commons pada 9 Januari 2020 yang akhirnya akan disahkan sebagai dasar hukum keluarnya Britania Raya dan Gibraltar dari Uni Eropa. (Referensi I)

23 Januari 2020
Brexit Withdrawal Bill mendapat persetujuan dari Ratu Elizabeth II, memungkinkannya untuk disahkan sebagai UU. (Referensi I)

Kota Wuhan, RRT yang menjadi tempat asal mula virus korona baru yang mengkhawatirkan dunia, diisolasi oleh pemerintah RRT efektif mulai pukul 10.00 waktu setempat untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Ini pun membuat 20 juta orang di Wuhan dan kota-kota sekitarnya tak dapat keluar dari wilayah tersebut. Beberapa kota lain di RRT juga diisolasi. (Referensi I)(Referensi II)

24-26 Januari 2020
Banjir menggenangi beberapa lokasi di Jakarta, yang menarik perhatian adalah banjir sedalam hingga 5 meter di Underpass kawasan Kemayoran. (Referensi I)(Referensi II)


Perdana Menteri Britania Raya, Boris Johnson, mengesahkan Withdrawal Agreement Bill menjadi UU di kantornya di 10 Downing Street, London, 24 Januari 2020. UU ini memastikan Britania Raya keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari 2020.

24 Januari 2020
Perdana Menteri Britania Raya, Boris Johnson, mengesahkan Withdrawal Agreement Bill menjadi UU. Pengesahan juga dilakukan oleh Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Uni Eropa, Charles Michel, di Brussel, Belgia beberapa jam sebelumnya. (Referensi I)

25 Januari 2020
Gempa berkekuatan 6,8 SR mengguncang provinsi Elazig, Turki. Hingga 26 Januari 2020, 38 orang tewas dan 1.600 orang terluka. (Referensi I)(Referensi II)

28 Januari 2020
Presiden AS, Donald Trump, mengumumkan rencana perdamaian Israel-Palestina yang dirancang AS di Gedung Putih, Washington DC. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan lawan politiknya, Benny Gantz turut hadir dalam pengumuman tersebut. Konsesi diberikan pada Palestina namun mereka diminta untuk menerima pembangunan pemukiman Israel di Tepi Barat, dengan pembekuan terhadap pembangunan lebih lanjut selama 4 tahun ke depan. Pihak Palestina menolak rencana ini. (Referensi I)

29 Januari 2020
Parlemen Uni Eropa meratifikasi Withdrawal Agreement Bill. (Referensi I)

AS, Kanada, dan Meksiko menandatangani The US-Mexico-Canada Agreement (USMCA). Ini akan menjadi perjanjian dagang baru antar ketiga negara, menggantikan North American Free Trade Area (NAFTA) 1994. (Referensi I)

30 Januari 2020
World Health Organization menetapkan status darurat internasional terhadap wabah virus korona di RRT. Di negara tersebut, sudah hampir 10.000 kasus terjadi dengan 213 kematian. Di luar RRT, kasus akibat virus ini sudah ditemukan di 18 negara. (Referensi I)

31 Januari 2020
Britania Raya dan Gibtaltar resmi meninggalkan Uni Eropa per pukul 23.00 waktu London (1 Februari 2020 pukul 00.00 waktu Eropa Tengah). Selanjutnya, masa transisi dimulai hingga 31 Desember 2020 untuk membahas masa depan hubungan antara Britania Raya dan Uni Eropa, terutama mengenai kesepakatan dagang. (Referensi I)(Referensi II)

1-2 Februari 2020
Pemerintah Indonesia memulangkan 238 dari 245 Warga Negara Indonesia dari Wuhan, RRT terkait wabah virus korona. Mereka tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau pada 2 Februari 2020. Mereka langsung disterilkan dengan cairan desinfektan dan dibawa ke Kepulauan Natuna untuk dikarantina selama 14 hari. (Referensi I)

1 Februari 2020
Kasus korona terkonfirmasi di kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Yokohama, Jepang. Semua penumpang dikarantina 14 hari. (Referensi I)

3 Februari 2020
Rumah Sakit khusus untuk menangani penyakit virus korona Wuhan mulai beroperasi di Wuhan, RRT. RS ini dibangun hanya dalam 8 hari dengan biaya 300 juta yuan (587,68 miliar rupiah). (Referensi I)

5 Februari 2020
Sidang pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump di Senat AS berakhir. Pada pemungutan suara untuk dakwaan penyalahgunaan kekuasaan, 52 senator memutus tidak bersalah berbanding 48 senator yang memutus bersalah. Pada pemungutan suara untuk dakwaan penghalangan terhadap Kongres, 53 senator memutus tidak bersalah berbanding 47 senator yang memutus bersalah. Karena tidak memenuhi syarat 67 suara untuk pemecatan, Trump divonis tidak bersalah pada kedua dakwaan dan tetap menjabat. Hasil pemungutan suara sangat partisan. Semua senator dari Partai Demokrat dan independen memutus bersalah sementara semua senator dari Partai Republik memutus tidak bersalah, dengan pengecualian Mitt Romney yang memutus bersalah pada dakwaan penyalahgunaan kekuasaan. (Referensi I)

8-9 Februari 2020
Penembakan massal terjadi di Provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand. Pelakunya adalah seorang tentara Angkatan Darat Thailand. 29 orang tewas tertembak, 58 lainnya terluka, dan pelaku ditembak mati. (Referensi I)

9 Februari 2020
Pada ajang Academy Awards ke-92, film Parasite karya Bong Joon-ho menjadi film Korea Selatan dan yang tidak berbahasa Inggris pertama yang memenangi Piala Oscar untuk kategori Best Picture. Film ini juga menjadi yang pertama yang berhasil mengawinkan Piala Oscar kategori Best Picture dan Best International Feature Film. (Referensi I)
Diubah oleh gilbertagung 24-01-2021 12:47
Gojira1998
mankrenk
dhinyzfrn
dhinyzfrn dan 35 lainnya memberi reputasi
36
5.3K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan