Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
7 Sebab Harga Jual Kendaraan Bekas Tetap Tinggi, Tahun Baru Kendaraan Baru!


[ HT# 679, HT# 680 ]

Tahun baru ingin serba baru, termasuk memiliki kendaraan baru? Mengingat kondisi seperti sekarang ini bijaklah dalam membelanjakan uang meskipun kendaraan bekas tapi carilah yang baru, maksudnya gimana?

Maksudnya adalah belilah kendaraan bekas tapi masih dalam kondisi 'tokcer' nyaris tidak ada pe-er luar dalamnya dan kendaraan langsung siap pakai ke luar kota, misalnya. Mau itu motor atau mobil tips nya sama saja.

Mindset seseorang terhadap kendaraan bekas umumnya adalah karena harganya lebih murah. Ada benarnya, tapi jangan kaget kalau kita menemukan meskipun statusnya bekas masih ada, loh yang terbilang mahal dari rata-rata harga bekas pada umumnya.

Mengapa bisa demikian, tentu saja secara kualitas luar-dalamnya terbilang masih bagus, terawat, dan beberapa hal di bawah ini:


Hukum Pasar



Yes, dimana ada kebutuhan tapi stok terbatas umumnya penjual akan menahan harga. Tidak peduli bagaimanapun kondisi kendaraan tersebut.

Tentu bisa jadi satu keberuntungan jika kita bisa mendapatkan harga murah dengan kondisi tidak banyak pe-er, caranya bisa cari dari pemakai pertama atau kenalan yang bisa dipercaya.


Kondisi Kendaraan



Ini biasanya jadi poin utama ketika membeli kendaraan bekas. Kondisi kendaraan dengan pe-er yang minim, bebas banjir, head unit normal, kelistrikan dan ac normal, KM real rendah, cat orisinil, steer dan kaki-kaki bagus, bukan mobil capek akan menentukan harga kendaraan tersebut.

Dari poin diatas jika minimal mendapat rata-rata nilai 3B (Mesin, Interior, dan Eksterior) tentu harganya lebih mahal dari mobil tipe yang sama dengan kondisi yang berbeda.


Merek



Percaya tidak percaya di Indonesia itu merek bisa juga menentukan harga, meskipun itu barang second.

Dari info yang saya dapat dari seorang makelar mobil, 2 pabrikan dengan mesin yang sama, kondisi barang 11-12, biasanya merek A lebih mahal karena merek A lebih populer di mata masyarakat.

Penilaian masyarakat tentu tidak bisa dimanipulasi, karena secara durabiliti dan kualitas sudah pasti teruji.



Siapa Penjualnya



Harga kendaraan bekas sebetulnya gelap, atau tidak ada standar harga yang pasti, itulah seni kita dalam berburu kendaraan dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Meskipun kita bisa mendapat harga rata-rata di online tetap saja saat COD harga masih bisa dinegosiasi. Siapa penjualnya; pemilik pertama, makelar, kenalan, dan cara kita bernegoisasi akan menentukan harga jualnya.


Surat



Yes, surat-surat pastinya harus lengkap dan bukan bodong, pajak masih panjang, plat satu daerah, juga menjadi salah satu faktor harga kendaraan bekas ada yang lebih mahal dari yang sejenis dan tipe yang sama.

Meskipun status kendaraan adalah bekas tapi surat-surat harus lengkap seperti: BPKB, STNK, Buku Manual, dan dokumen pembelian awal. Semakin lengkap biasanya akan menambah nilai harga jual kendaraan tersebut.


Rekord Service



Ibarat pasangan hidup kita perlu tahu kondisi luar-daleman kendaraan, apakah kondisi mesinnya mengalami perubahan, mobil bekas nabrak-ditabrak atau tidak, service tepat waktu atau tidak. Biasanya terdata lengkap di bengkel resminya.

Surat-surat atau bukti nota service yang teratur di bengkel resmi juga menjadi salah satu faktor harga kendaraan bekas jadi lebih mahal.


Langka



Tentu saja meskipun bekas tapi bila kendaraan itu langka dan banyak dicari orang biasanya memiliki harga jual kembali tidak terlalu jatuh, bahkan mungkin harganya bisa berkali lipat dari harga aslinya.

Untuk membeli kendaraan jenis ini tentu kita harus siap dana lebih dan menerima segala konsekuensi yang terjadi di masa depan.



UPDATED: Warna

Meski terlihat sepele ternyata warna juga berpengaruh terhadap harga mobil bekas. Menurut kenalan saya ada pembeli cenderung memilih warna tertentu.

Alasannya karena faktor selera dan mudahnya dalam hal perawatan harian. Pabrikanpun juga ada yang menjual mobil barunya dengan harga yang beda padahal tipe dan tahun keluarannya sama.

Disinilah kadang penjual bermain harga, terlebih warna yang dicari pembeli terbilang langka atau jarang ditemukan.




Poin-poin diatas menurut saya memang beralasan, tapi poin yang paling kuat buat membeli kendaraan bekas berkualitas adalah; karena faktor kenyamanan-rasa aman masih bisa kita dapatkan tidak jauh beda dengan kendaraan baru, bukan mobil gelap, dan yang tak kalah menarik adalah harga lebih murah dari harga baru.

Bersiap liburan akhir tahun dengan kendaraan bekas tapi 'tokcer'? Ikuti tips saya diatas, kuy... Gasss! 

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir






Referensi.sebuah opini
Img.google img






Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 29-12-2020 07:19
emineminna
spr007
pakdejoss
pakdejoss dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.2K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan