Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Adiputro Perkenalkan Dream Coach, Pendatang Baru di Segmen Sleeper Bus
Segmen Sleeper Bus Indonesia kembali bergairah di tengah pandemi Covid-19, dua hari yang lalu tepatnya 16 Desember 2020, karoseri Adiputro resmi merilis body bus baru bernama "Dream Coach". Body ini merupakan tipe sleeper bus, dimana penumpangnya bisa rebahan selama perjalanan.

Pada ajang GIIAS 2019, tipe sleeper bus pertama kali dikenalkan oleh karoseri Laksana, varian tersebut diberi nama Legacy SR 2 Suites Class. Dan tahun ini salah satu pembuat body bus ternama asal Malang juga tak mau kalah dengan menghadirkan tipe bus yang sama. Mari kita simak spesifikasinya dibawah ini.




Foto: Tangkapan Layar Youtube Adiputro Official.



Spesifikasi Dream Coach

Dari segi eksterior bus ini tidak jauh berbeda dengan varian Jetbus 3+ yang banyak dipakai oleh PO bus saat ini. Mulai dari lampu depan, fog lamp, sampai pada bagian sekat kacanya.

Pada lampu belakangnya pun juga demikian, masih mengusung varian lampu dari seri Jetbus 3+ dengan tambahan beberapa grill horizontal yang memanjang. Grill tersebut adalah salah satu ciri khas body buatan Adiputro yang ditampilkan sampai saat ini.




Tampak depan.

Foto: Instagram @adiputro_official



Tampak belakang.

Foto: awansan.com


Yang tampil mencolok seperti kita lihat pada ilustrasi di atas adalah pada bagian selendangnya, selendang (pilar miring disamping body) ini biasanya berbentuk garis miring yang mengarah ke bawah. Pada bagian selendang inilah yang dilakukan perubahan oleh pihak Adiputro. Selendang baru memiliki varian baru, berwarna silver dengan aksen tiga garis mendatar.

Bentuk selendang baru ini penulis cukup menyukainya, karena Adiputro tidak lagi menggunakan bentuk selendang Setra atau Travego milik Mercedes yang menjadi inspirasi mereka membuat body bus. Sementara pada bagian kaca juga terdapat garis berwarna silver memanjang dari ujung selendang ke bagian belakang, pada garis ini juga terdapat ukiran nama 'Dream Coach".




Tampak dari samping.

Foto: Instagram @adiputro_official


Karena bus ini bertema sleeper, maka bagasi bus tidak seluas bus pada umumnya gan sist, karena pada model bus ini membuat bagian bagasi dipangkas untuk dipasangi bangku sleeper dengan posisi atas bawah. Untuk kapasitas penumpangnya adalah 22 orang gan sist.




Kabin Sopir.

Foto: Instagram @adiputro_official


Bicara soal interior, bus ini tak kalah mewah dengan SR 2 Suites Class buatan Laksana. Yang membedakan kedua varian sleeper bus ini ada pada bagian kabin penumpang, pada body buatan Adiputro kabin penumpang dibuat model capsule dengan dinding motif kayu.

Model kabin capsule pada bus tersebut untuk menyesuaikan kondisi pandemi saat ini, sehingga physical distancing antar penumpang tetap terjaga. Pegangan tangan untuk naik ke kabin atas juga dibuat panjang, agar lebih memudahkan para penumpamg.

Dalam bus sudah terpasang air purifier, UV Protection, dan hepa filter. Fitur tersebut berfungsi untuk membuat udara di dalam kabin penumpang steril dari virus dan bakteri. Untuk hiburan, di setiap kabin penumpangnya juga disediakan TV LCD. Selain itu ada USB charger, lampu baca, toilet serta fitur lainnya yang menjadi standar bus sleeper di Indonesia.




Filter udara di setiap kabin, agar udara tetap steril dan bersih dari virus.




Foto: Tangkapan Layar dari Youtube Adiputro Official



Setiap kabin penumpang dibekali TV LCD.

Dokumentasi Pandawa 87.




Bagian kabin penumpang.



Tampil mewah dengan lampu led biru.

Foto: Instagram @adiputro_official


Bus baru ini resmi menjadi milik PO Pariwisata asal Pasuruan yakni Pandawa 87, bus ini baru saja melakukan road test. Ditopang chasis Mercedes Benz OH 1626 dengan tenaga maksimal mencapai 260 HP serta sudah air suspension tentunya, membuat sleeper bus ini menjadi nyaman digunakan untuk keperluan wisata.

Selain Hino RN 285 dan Mercedes Benz OH 1626, body sleeper bus bisa diaplikasikan pada chasis bus Hino RK 8 (R260) serta Mercedes Benz O 500 R 1836.




Foto: Instagram @Irfazka_hafidz.


Pandawa 87 memiliki dua unit sleeper bus dan akan ditugaskan di divisi Jawa Barat tepatnya di Karawang. Sebelumnya PO Pariwisata kelas mewah ini juga sudah memborong 4 unit sleeper bus dengan balutan body Legacy SR2 Suites Class garapan Laksana.

Saat ini untuk Dream Coach baru dimiliki Pandawa 87 yang bergerak disegmen bus pariwisata, belum ada bus AKAP yang memakai body baru dari Adiputro ini. Sementara untuk sleeper dengan body SR2 Suites Class yang digunakan bus AKAP yaitu Sinar Jaya, Tami Jaya, Handoyo, serta Litha & Co. Kira-kira PO bus mana lagi yang akan memakai body bus Dream Coach dan bersaing disegmen sleeper ?

Sebagai perbandingan berikut TS sajikan sleeper bus buatan Laksana, kalau agan dan sista sendiri suka yang mana ? Jangan lupa untuk komen dibawah nanti ya.




Suites Class/Sleeper Bus Pandawa 87 dengan chasis Mercedes Benz OH 1626.

Foto: Dokumentasi Laksana.




Foto: pandawa87cianjur.com

Spoiler for Sekilas Tentang Dream Coach:




----------



Sekian dulu bedah bus kali ini, semoga bisa menjadi referensi baru buat agan sista yang mau menyewa bus pariwisata yang sudah disesuaikam dengan kondisi pandemi Covid-19. Terimakasih untuk agan dan sista yang sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir. Jika kalian menyukai tulisan ini, jangan lupa untuk rate 5, cendol, dan share. Sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: Instagram dan Youtube Karoseri Adiputro
Diubah oleh si.matamalaikat 27-10-2021 01:59
firmanmuslim
turkusuma
pulaukapok
pulaukapok dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.5K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan