Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AlivanPersieAvatar border
TS
AlivanPersie
Penganugerahan Ballon Do'r paling kontroversial sepanjang masa




Ballon Do'r adalah salah satu penghargaan individu paling bergengsi sepanjang sejarah sepakbola. Tetapi yang sering menjadi kontroversial dari penghargaan ini adalah pemilihan pemainnya. Pemilihan kontroversial tidak terjadi satu kali saja melainkan berkali-kali.



Tapi di kesempatan kali ini saya akan membagikan 6 penganugerahan Ballon Do'r paling kontroversial sepanjang masa:



6. Cristiano Ronaldo (2013)






Franck Ribery menjadi pemain yang paling di rugikan saat penghargaan Ballon Do'r 2013 dirinya yang sukses membawa FC Bayern meraih Trebel winner harus puas berada di posisi ketiga daftar penganugerahan Ballon Do'r kala itu. Walau Cristiano Ronaldo tampil gemilang di tahun dengan mencetak sebanyak 66 gol dari 56 laga, tetap saja Ribery adalah pemain yang paling menonjol kala itu.






"Aku tidak tahu apa yang di pikirkan oleh FIFA, Ronaldo lebih unggul daripada aku kala itu, aku sangat kecewa pada saat itu." Tutur Franck Ribery kepada media.



5. Andry Shevcenko (2004)






Andry Shevcenko berhasil membawa AC Milan juara Seria A musim 2004, tapi satu trofi itu sukses membuat dirinya mendapatkan Ballon Do'r saat itu. Padahal ada nama Deco yang sukes mendapatkan 4 trofi bersama FC Porto, andil besar Deco bersama FC porto masih tetap kalah dari Shevcenko yang hanya mendapatkan satu trofi saja.






Deco berhasil mendapatkan Liga Super Portugal, Piala intercontinental, Primera liga, dan yang paling sensasional satu trofi Liga Champions.



4. Luis Figo (2001)






Luis Figo memang selalu berkaitan dengan hal-hal kontroversial, selain Kepindahannya dari Barcelona menuju Real Madrid ada satu yang akan selalu diingat yakni Ballon Do'r pada tahun 2001. Padahal dirinya sendiri tak menyangka bahwa akan mendapatkan Ballon Do'r pada tahun itu.






Sebenarnya ada nama Francesco Totti yang lebih menuai kesuksesan ketimbang Figo. Ia yang berhasil membawa AS Roma juara Seria A di gadang-gadang akan mendapatkan gelar Ballon Do'r. Tapi nyatanya dirinya gagal bersaing dengan Luis Figo.



Luis Figo sempat memberikan pernyataan minta maaf kepada Francesco Totti saat itu "Maaf karena mengambil Ballon Do'r 2001, anda (Totti) pantas mendapatkannya".



3. Pavel Nedved (2003)






Pemain yang berhasil mencetak 42 gol dan 26 assist sebelum Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sangatlah luar biasa. Nama Thierry Henry berhasil melakukannya kala itu, Henry yang tampil luar biasa saat itu bersama Arsenal seharusnya layak mendapatkan Ballon Do'r.






Selain Thierry Henry nama Paolo Maldini juga layak merengkuh Ballon Do'r, tapi yang anehnya Pavel Nedved yang justru mendapat gelar bergengsi tersebut. Kalau di lihat lebih jelas Henry lebih unggul ketimbang Nedved.



2. Lionel Messi (2019)






Beralih ke tahun lalu pemain yang meraih sukses bersama Liverpool Virgil Van Dijk di masukkan dalam daftar predikat peraih Ballon Do'r tahun 2019. Bahkan ia berhasil masuk kategori 3 besar, tapi keanehan terjadi pada saat pemilihan, bersama dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Van Dijk harus puas berada di posisi kedua.






Di bawah Lionel Messi sontak ini menjadi kontroversial, pasalnya kontribusi Van Dijk jelas di atas Messi, padahal sebenarnya Messi di singkirkan Van Dijk di semifinal pada tahun itu. Ballon Do'r 2019 masih menjadi yang kontroversial hingga saat ini.



1. Lionel Messi (2010)






Selain Franck Ribery, kekecewaan juga di alami Wesley Sneijder selain kegemilangan Wesley Sneijder kala itu, ada penggawa Timnas Spanyol Xavi Hernandez dan Andres Iniesta yang berhasil membantu Tim matador merajai dunia.






Akan begitu tetap saja nama Wesley Sneijder adalah yang paling diunggulkan kala itu, dirinya yang meraih kesuksesan bersama Inter pada tahun 2010 berhasil menyingkirkan Messi di semifinal. Selain itu Timnas Belanda juga berhasil di bawanya menjadi Runner up piala dunia 2010.



Hingga saat ini pecinta sepakbola dunia tak akan lupa akan kontroversialnya penganugerahan Ballon Do'r musim 2010.



Bagaimana menurut kalian Football Lovers? Silakan Komentar di bawah ini mana Penganugerahan Ballon Do'r paling kontroversial sepanjang masa.









djalanloeroes
minhakim20
kodokuper
kodokuper dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan