Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pengertian58Avatar border
TS
pengertian58
Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen
Hampir setiap orang kenal yang namanya minuman kopi. Sehonga minuman kopi menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Dalam penyajiannya kopi kini pun telah mengalami banyak perkembangan. Ada yang disajikan secara panas, dingin, kopi hitam saja, kopi jahe, kopi cokleat dan lain sebagainya. Kenikmatan kopi tersebut akan sangat terasa apabila kopi tersebut adalah kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen. Apa itu kopi jujur?

Kopi jujur yaitu kopi asli dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai atau dihaluskan menjadi bubuk kopi, tanpa adanya campuran essen. Jadi kopi jujur itu adalah kopi asli tanpa adanya campuran essen. Essen ialah zat yang digunakan sebagai tambahan pada makanan agar dapat menambah aroma pada makanan tersebut. Essen terbuat dari aroma bahan makanan, tidak mempunyai rasa dan tidak berwarna serta dalam bentuk cair. Jika suatu minuman dicampur dengan essen kopi, maka minuman tersebut akan mempunyai aroma seperti kopi. Tetapi minuman tersebut tidak dapat dikatakan sebagai kopi jujur karena hanya aromanya saja yang seperti kopi.

Lalu bagaimana dengna kopi coklat, kopi susu, kopi jahe, cappucino, moccacino atau variasi yang lain yang kekinian. Apakah itu buan kopi jujur? Itu tergantung dari kopi yang digunakan. Jika berasal dari biji kopi yang diolah menjadi bubuk kopi, itu berarti kopi jujur. Jadi tidak menjadi masalah meskipun kopi tersebut telah ditambahkan coklat, jahe maupun susu atau yang lainnya. Yang terpenting kunci dari kopi jujur yaitu kopi asli, bukan essen kopi.

Karakteristik Kopi

Setelah kita tahu tentang kopi jujur, kita juga perlu tahu karakteristik kopi. Secara umum karakteristik kopi ditentukan berdasarkan tempat asalnya. Berdasarkan dari tempat asalnya kopi dibedakan menjadi 2 macam yaitu kopi robusta dan arabika.

- Kopi robusta yaitu koppi yang tumbuh di tempat yang ketinggiannya dibawah 1000 meter di atas permukaan laut. Kopi robusta mempunyai kadar kafein yang tinggi namun rendah asam.

- Kopi arabika yaitu kopi yang tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian yang berada di atas 1000 meter di atas permukaan laut. Kopi arabika memiliki kadar kafein yang rendah tetapi tingkat keasaman yang tinggi. Pada setiap berat yang sama kopi arabika mengandung 1% kafein dan robusta mengandung 2% kafein.

Baca juga: Manfaat Mengikuti Pelatihan Barista The Bencoolen Coffee
Demikianlah penjelasan tentang Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.


Diubah oleh pengertian58 13-06-2020 03:37
0
718
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan