KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Jaringan Seluler Aja Terus Berubah, Lo Yakin Masih Gitu – gitu Aja?

Harus diakui kehadiran internet di handphone atau smartphone sangat membantu sekali GanSis. Apapun sekarang bisa dilakukan dengan bermodalkan ponsel yang udah terkoneksi internet. Apalagi saat pandemi seperti ini, kebutuhan akan internet makin tinggi. Sekolah aja sekarang online, dimana butuh internet yang lancar dan stabil. Belanja pun sekarang gak harus pergi ke toko GanSis, cukup buka smartphone, pastikan terkoneksi internet, masuk ke aplikasi dan beli barang yang dipengen, selang beberapa lama tu barang nyampe ke tempat kita. Cuman bermodalkan smartphone ama paket data internet GanSis.


Tapi dibalik kemudahan tersebut, Agan dan Sista tau gak, ternyata perkembangan jaringan seluler itu udah dimulai dari puluhan tahun yang lalu loh. Tapi memang diawal kemunculannya masih jauh dari kata stabil, apalagi bisa kencang seperti sekarang. Nah, supaya Agan dan Sista jadi lebih paham, berikut Ane jelasin dikit perkembangan jaringan seluler dari masa ke masa:

emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup


Inisial G disebelah angka itu maksudnya “Generasi” ya GanSis. Jadi jaringan 1G maskudnya jaringan seluler generasi pertama. Generasi pertama ini mulai rilis di tahun 1979. Kala itu sebuah perusahaan seluler Jepang, Nippon Telegraph and Telephone (NTT) memperkenalkan jaringan ini. Karena baru, 1G masih memiliki banyak kekurangan. Kecepatan maksimal 1G hanya 2,4 Kbps. Di tahun 1983, Amerika Serikat sempat menyetujui operational 1G dengan ponsel Motorola DynaTac.


Pada tahun 1991, jaringan seluler 2G dengan standar GSM diluncurkan di Finlandia. Udah mulai agak keren nih GanSis. Soalnya dengan teknologi ini pertama kalinya orang bisa ngirim SMS, gambar, pesan, dan MMS dari ponsel. Diawal kemunculan jaringan 2G, kecepatan transfernya cuman 9,6 kbps. Dan hingga era teknologi ini berakhir, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 40 kbps dan koneksi EDGE udah menawarkan kecepatan hingga 500 kbps. Nah, di era 2G ini pengguna ponsel mulai banyak GanSis.


Terus mengalami perkembangan, era 2G pun berakhir dan masuk ke era 3G. Jaringan 3G pertama kali rilis pada 2001 di Jepang oleh NTT DoCoMo. Generasi ke – 3 ini mempunyai kecepatan transfer data 4 kali lipat lebih cepat dari generasi sebelumnya. Makin berkembang GanSis. Dengan jaringan 3G, pengguna ponsel udah bisa video call dan video streaming. Menurut Ane, di era 3G ini orang udah makin melek ama yang namanya internet GanSis.


Kehebatan yang dimiliki 3G terus diperbaharui, sehingga lahirlah 4G pada tahun 2009. Nah, di era ini kecepatan internetnya udah jauh lebih cepat lagi GanSis. Orang – orang udah bisa main game online lewat ponsel mereka. Kerennya lagi, kualitas gambarnya udah lebih baik, dan koneksinya juga mulai stabil. Selain ngegame, dengan jaringan 4G pengguna smartphone udah bisa streaming video dengan kualitas kelas wahid GanSis.


Nah, kalau yang ini merupakan penerus dari 4G GanSis. Kecepatan internet di jaringan 4.5G udah lebih kenceng dan stabil. Apalagi kalau jaringan 4.5G udah terfiberisasi seperti yang dimiliki oleh AXIS. AXIS menghadirkan jaringan seluler 4.5G yang terfiberisasi. Dengan ini Agan dan Sista bisa dapetin internet yang stabil dan lancar...

Tuh GanSis, jaringan seluler aja pelan – pelan mulai berubah hingga ngasilin kecepatan internet yang kenceng dan stabil, masa lo gak ikutan berubah. Jangan ampe kudet alias “kurang update” gara – gara internet lemot GanSis...emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

aghora
ceuhetty
abdoes
abdoes dan 14 lainnya memberi reputasi
9
16K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan