Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
4 Tanaman Pengganti Pelet untuk Pakan Ikan Nila dan Ikan Kaper, Kepoin Dimari Gan!


Kaskus DeYudi69 -Terkadang rezeki datang dari hobi yang kita miliki, yang awalnya cuma sebagai hiburan saja tanpa disadari bisa menjadi peluang usaha.

Dan bila berbicara masalah hobi nggak akan pernah ada habisnya, mulai dari menjadi seorang filateli sampai memburu tanaman langka.

Ane sendiri suka banget sama yang namanya tanaman langka Gan-Sist, ane juga suka memelihara ikan, sayang beberapa waktu yang lalu, Si Kiko, ikan koi di akuarium ane udah koid tanpa ane tau penyebabnya, mungkin karena faktor usianya yang udah tua atau karena faktor lainnya yang ane nggak tahu.

Nah, dari kedua hobi ane tersebut, akhirnya ane mencoba untuk menggabungkannya Gan-Sist, bersama bapak ane, akhirnya di masa sulit ekonomi seperti sekarang ini ane mencoba buat membudidayakan ikan nila dan juga ikan kaper, trus apa hubungannya sama hobi ane yang pecinta tanaman?

Tentu ada Gan-Sist, mengingat harga pelet atau pakan ikan yang tidak murah, yaitu kisaran 10k sampai 20k perkilogramnya, akhirnya ane memutuskan untuk mencari pakan alternatif untuk ikan ane. 4 tanaman berikut ini, ane pergunakan sebagai pakan alternatif pengganti pelet, hitung-hitung biar hemat pengeluaran juga wkwkwk.

Pertama, ada tanaman kangkung, siapa sih yang nggak kenal dengan tanaman yang identik dengan menu masakan tumis kangkung ini? Hmmm jadi kebayang lagi makan tumis kangkung ane Gan-Sist ... lezatoz wkwkwk ...


Dok. Pribadi

Selain tanaman langka ane juga suka menanam tanaman yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, misalnya saja tanaman kangkung yang ane tanam di dalam polybag ini. Awalnya ane ragu menanamnya di polybag, karena umumnya tanaman kangkung akan tumbuh dengan baik di tanah yang tergenang oleh air, misalnya di kolam atau areal sawah, tapi nyatanya seperti foto di bawah ini, ane berhasil menanamnya dalam polybag, kemudian setiap beberapa hari ane petik daunnya untuk ane jadikan sebagai pakan ikan nila dan ikan kaper ane.

Intinya tanaman kangkung dalam polybag ini tanahnya harus tetap basah, jadi ane menyiramnya sebanyak 3 kali sehari, trus di musim hujan seperti sekarang ini ane juga menampung air hujan sebagai persediaan air untuk menyiramnya nanti kalau saja tidak ada hujan.

Kedua, tanaman keladi atau talas. Selain umbinya, di daerah ane batang keladi juga bisa dimasak menjadi tumis batang keladi atau bisa juga dimasak bersama kuah santan. Nah, daunnya sendiri ane manfaatkan sebagai pakan ikan, Gan-Sist. Selain mudah untuk didapatkan, ikan nila dan juga ikan kaper kita juga doyan banget buat nyemilin daun ini.


Dok. Pribadi

Ketiga, tanaman bayam. Kalau mendengar kata bayam ane jadi ingat film kartun jadul waktu ane masih bocah ingusan wkwkwk ... iya bener banget, nggak lain dan nggak bukan yaitu filmnya si Popeye.


Dok. Pribadi

Daun bayam seperti pada gambar di atas cucok banget dijadikan sebagai pakan alternatif ikan nila dan ikan kaper. Selain itu tanaman ini juga sangat mudah untuk dikembangbiakkan, dengan menanam batangnya pun kita sudah bisa mendapatkan tanaman bayam yang baru.

Keempat, daun genjer, mungkin bagi Gan-Sist yang tinggal di kota akan sangat asing dengan tanaman yang satu ini. Genjer biasanya tumbuh di areal persawahan. Bentuknya hampir menyerupai tanaman eceng gondok, namun bedanya tanaman genjer pada bagian daun mudanya bisa kita olah menjadi tumis daun genjer yang enak pake banget dimakan sama nasi hangat.


sumber gambar

Daun genjer juga cocok able kalau dijadikan sebagai pakan ikan pengganti pelet.

Spoiler for Video Memberi Makan Ikan Nila dan Kaper dengan 4 Tanaman di Atas :


Oh iya, tetep ane garis bawahi ya Gan-Sist, keempat tanaman yang ane sebutkan di atas hanya untuk ikan yang diternakkan saja, seperti ikan nila, ikan kaper dan ikan lele. Tapi kalau untuk ikan hias seperti ikan cupang, ikan komet dan juga ikan hias lainnya nggak ane rekomendasikan ya Gan-Sist.

Spoiler for Video Ikan lagi memakan daun singkong dan daun talas:


Satu lagi, ane mau bagi pengalaman nih, kalau Gan-Sist memiliki kolam ikan untuk memelihata ikan nila dan ikan kaper, sebaiknya jangan dikasih tanaman bunga teratai Gan-Sist, karena ternyata ikan jenis ini juga doyan banget buat nyemilin daun teratai wkwkwk yang ada tanaman teratai kitabmalah jadi mati. Kalau tetap ingin menanamnya sebaiknya diberi pelindung atau penyekat antara ikan dan tanaman bunga teratainya.

Moga, thread ane kali ini bisa bermanfaat ya Gan-Sist, jumpa lagi di tehread ane selanjutnta. Ba bay ....

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh DeYudi69 24-12-2020 20:49
Daniswara92
tien212700
aygilagility
aygilagility dan 32 lainnya memberi reputasi
33
5.1K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan